Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
12Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPP PAI SD KELAS V

RPP PAI SD KELAS V

Ratings: (0)|Views: 2,935|Likes:
Published by arosyid_9

More info:

Published by: arosyid_9 on Feb 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAMSEKOLAH DASAR KELAS LIMA
 NAMA SEKOLAH:TAHUN PELAJARAN: 2010 / 2011S E M E S T E R: I (SATU) & II (DUA) 
 
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SD:______________________Mata Pelajaran : Pendidikan Agama IslamKelas/Semester : V/1Pertemuan Ke- : 1–7Alokasi Waktu : 14 jam (14 × 35 menit)Standar Kompetensi : 1. Mengartikan Al-Qur’an surah pendek pilihan
I. Kompetensi Dasar:
1.1Membaca Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun1.2Mengartikan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun
II. Indikator
:
Mampu melafalkan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun dengan lancar 
Mampu membaca Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun secara keseluruhan denganfasih dan lancar 
Mampu mengartikan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun per ayat
Mampu mengartikan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun secara keseluruhan dengan benar 
III. Tujuan Pembelajaran
:1.Siswa diharapkan dapat membaca Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun dengan fasih dan benar.2.Siswa diharapkan dapat mengartikan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirundengan benar.
IV. Materi Ajar
: Surah al-Lahab dan al-Kafirun
V. Uraian Materi
:1. Siswa diarahkan untuk menirukan bacaan guru mengenai bacaan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun sesuai dengan bacaan guru.2. Siswa membaca Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun dengan fasih.3. Siswa mengartikan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun dengan benar.4. Siswa menggunakan bacaan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun dalam salat.
VI. Metode Belajar
1. Informasi2. Tanya jawab3. Demonstrasi4. Diskusi5. Inkuiri (penemuan)
VII. Sumber Belajar
1. Buku Pendidikan Agama Islam SD Kelas V2. Al-Qur’an dan Terjemahnya3. Buku-buku lain yang relevan
VIII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Apersepsi)1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.2. Guru memimpin tadarus bersama selama 5–10 menit dengan membuka Al-Qur’an3. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensidasarnya.4. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akandilaksanakan.
 
B. Kegiatan Inti1. Guru menuliskan, memasang paparan, atau tayangan VCD atau LCD di monitor mengenai Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun sehingga mudah dilihat oleh siswa.2. Guru melafalkan tulisan, paparan, atau tayangan Q.S. al-Lahab dengan suara yang jelas dan perlahan-lahan ayat demi ayat. Kemudian, siswa menirukan bersama-sama.Cara ini sebaiknya dilakukan berulang-ulang.3. Guru menunjuk beberapa orang siswa untuk melafalkan Q.S. al-Lahab secaraestafet. Pada saat yang sama, guru membenahi bacaan siswa terutama dari sisimakhraj dan tajwidnya. Dalam bacaan Q.S. al-Lahab, guru menekankan pada bacaanqalqalah dan tanda mad.4. Guru menyuruh salah satu siswa yang sanggup melafalkan Q.S. al-Lahab secaralengkap untuk menuju ke depan. Siswa tersebut melafalkan dari ayat pertamasampai terakhir.5. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok, dimintamelafalkan Q.S. al-Lahab dengan estafet seperti dikemukakan di atas. Guru berusaha membenarkan bacaan kelompok yang salah dari segi makhraj dantajwidnya.6. Guru menjelaskan arti dari Q.S. al-Lahab per ayat. Kemudian, meminta siswa supayamenirukan artinya dan mencermati penjelasannya ayat demi ayat.7. Guru menjelaskan kepada siswa kandungan apa saja yang terdapat dalam Q.S. al-Lahab.8. Guru mengarahkan siswa agar membiasakan diri membaca Q.S. al-Lahab danmemahami artinya.9. Kegiatan nomor 1–8 dilakukan juga dalam mengajarkan materi Q.S. al-Kafirun.10. Guru meminta siswa untuk selalu menggunakan bacaan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun setiap melakukan salat.
IX. Penutup (Tindak Lanjut)
Siswa membuat kesimpulan tentang bacaan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun yangharus dihafalkan dengan fasih dan dipahami artinya secara keseluruhan.
X. Penilaian
Pembahasan mengenai penilaian meliputi dua hal, yaitu penilaian proses dan alat penilaian.A. Penilaian Proses1. Guru melafalkan Q.S. al-Lahab dengan melewatkan sebagian ayat,kemudianmenanyakan kepada siswa, apakah bacaan guru ada yang terlewatkan. Kemudian,guru meminta siswa melengkapi bacaan ayat yang dilewatkan tersebut.2. Guru menyuruh salah seorang atau beberapa siswa supaya melafalkan Q.S. al-Kafirun. Selanjutnya, guru meminta para siswa lainnya supaya mendengarkan bacaan teman-temannya. Para siswa diminta menilai tentang benar tidaknya pelafalan Q.S. al-Kafirun yang dilakukan temannya.3. Guru melafalkan satu ayat Surah al-Lahab, kemudian meminta siswa mengartikanayat tersebut.4. Guru menawarkan kepada siswa, siapa di antara mereka yang sanggup melafalkanSurah al-Lahab dengan fasih dan lancar.5. Guru menyebutkan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun ayat tertentu, kemudian memintasiswa melafalkan dan mengartikannya.6. Guru membacakan arti satu ayat dari Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun, kemudianmeminta siswa melafalkan bacaannya.7. Guru menawarkan kepada siswa, siapa di antara mereka yang sanggup membaca Q.S.al-Lahab dan al-Kafirun sekaligus mengartikannya dengan benar dan lancar.B. Alat PenilaianMenjawab pertanyaan1. Menjawab pertanyaan yang telah disiapkan2. Tes perbuatan untuk membaca Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun dengan fasih.3. Tes perbuatan untuk mengartikan Q.S. al-Lahab dan al-Kafirun dengan benar.Membuat simpulanSetiap siswa disuruh berpikir mengenai dirinya sendiri. Kemudian, siswa membuatsimpulan yang menunjukkan bahwa dirinya sudah atau belum dapat membaca danmengartikan Q.S. al-Lahab serta al-Kafirun dengan benar.

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
ajm_einsten liked this
Lailatul Qadriah liked this
enoe liked this
Lanank Bengel liked this
Cintaque Jutek liked this
Anisa Rahma liked this
jonamarjoni liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->