Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
efektivitas belajar

efektivitas belajar

Ratings: (0)|Views: 127 |Likes:
Published by Sri Dayan

More info:

Published by: Sri Dayan on Feb 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2011

pdf

text

original

 
 
Bagaimana cara meningkatkan efektifitas kita dalam belajar?
1. Belajar Kelompok 
Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebihmenyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendirisehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orangdewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar tidak berubahmenjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yangpandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalambelajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belumdipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudahdijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.
2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas ataubuku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di manapun kita berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karena dapat merugikan kita sendiri.
3. Membuat Perencanaan Yang Baik 
Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Olehkarena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencanapencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukantelah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengankemampuan yang kita miliki. Jangan menargetkan yang yang nomor satu jikasaat ini kita masih di luar 10 besar di kelas. Buat rencana belajar yangdiprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yangbaik.
4. Disiplin Dalam Belajar
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan denganbaik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-maindengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainyatelah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelahmelakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain denganteman atau game dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatanbermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar. Jika bermain video game

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->