Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KONSTITUSI -garis besar

KONSTITUSI -garis besar

Ratings: (0)|Views: 618 |Likes:
Published by VatanIz Larosa

More info:

Categories:Business/Law
Published by: VatanIz Larosa on Feb 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2013

pdf

text

original

 
KONSTITUSIA. KONSEP DASAR KONSTITUSIa) Pengertian Konstitusi1) Kontitusi itu berasal dari bahasa parancis yakni constituer yang berarti membentuk.2) Dalam bahasa latin konstitusi berasal dari gabungan dua kata yaitu ³Cume´ berarti bersamadengan dan ³Statuere´ berarti membuat sesuatu agar berdiri atau mendirikan, menetapkansesuatu, sehingga menjadi ³constitution´.3) Dalam istilah bahasa inggris (constution) konstitusi memiliki makna yang lebih luas danundang-undang dasar. Yakni konstitusi adalah keseluruhan dari peraturn-peraturan baik yangtertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara-cara bagaimana sesuatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu masyarakat.4) Dalam terminilogi hokum islam (Fiqh Siyasah) konstitusi dikenal dengan sebutan DUSTUSyang berati kumpulan faedah yang mengatur dasar dan kerja sama antar sesame anggotamasyarakat dalam sebuah Negara.5) Menurut pendapat James Bryce, mendefinisikan konstitusi sebagai suatu kerangka masyarakat politik (Negara yang diorganisir dengan dan melalui hokum. Dengan kata lain konstitusidikatakan sebagai kumpulan prinsip-prinsip yang mengatur kekuasaan pemerintahan, hak-hak rakyat dan hubungan diantara keduanya b) Tujuan KonstitusiSecara garis besar konstitusi bertujuan untuk membatasi tindakan sewenang-wenangpemerintah,menjamin hak-hak pihak yang diperintah (rakyat) dan menetapkan pelaksanaan kekuasaan yang berdaulat. Sehingga pada hakekatnya tujuan konstitusi merupakan perwujudan paham tentangkonstitusionalisme yang berate pembatasan terhadap kekuasaan pemerintah diastu pihak dan jaminan terhadap hak-hak warga Negara maupun setiap penduduk dipihak lain.c) Fungsi Dan Ruang Lingkup KonstitusiDalam berbagai literature hokum tata Negara maupun ilmu politik ditegaskan bahwa fungsikonstitusi adalah sebagai dokumen nasional dan alat untuk membentuk system politik danhokum Negara. Oleh karena itu ruang lingkup undang-undang dasar sebagai konstitusi tertulissebagaimana dikemukakan oleh A.A.HY Struycken memuat tentang :1) Hasil perjuangan politik bangsa diwaktu lampau.2) Tingkat-tingkat tinggi pembangunan ketatanegaraan bangsa.
 
3) Pandangan tokoh bangsa yang hendak di wujudkan, baik sekarang maupun masa yang akandating.4) Suatu keinginan yang mana perkembangan kehidupan ketatanegaraan bangsa hendak dipimpin.
Pengertian Konstitusi dan tujuan Konstitusi
Terdapat dua istilah terkait dengan norma atau ketentuan dasar dalam kehidupan kenegaraan dankebangsaan. Kedua istilah tersebut adalah Konstitusi dan undang-undang dasar. Konstitusi berasal dari bahasa Prancis, constituer, yang berarti membentuk. Maksud dari istilah tersebutadalah pembentukan suatu negara atau menyusun dan menyatakan suatu negara. Dalam bahasalatin, kata konstitusi merupakan gabungan dua kata, yakni cume, berarti ³bersama dengan. ..´,dan statuere, berarti ³membuat sesuatu agar berdiri´ atau ³mendirikan, menetapkan sesuatu´.Sedangkan undang-undang dasar merupakan terjemahan dari istilah Belanda, grondwet. Katagrond berarti tanah atau dasar, dan wet berarti undang-undang.Istilah konstitusi (Constitution) dalam bahasa Inggris memiliki makna yang lebih luas dariundang-undang dasar, yakni keseluruhan dari peraturan-peraturan baik yang tertulis maupunyang tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara bagaimana pemerintah diselenggarakandalam masyarakat. konstitusi, menurut Miriam Budiardjo, adalah suatu piagam yang menyatakancita-cita bangsa dan merupakan dasar organisasi kenegaraan suatu bangsa. Sedangkan undang-undang dasar merupalan bagian tertulis dari konstitusi.Dari pengertian konstitusi di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut:1. Kumpulan kaidah yang memberikan pembatasan kekuasaan kepada penguasa.2. Dokumen tentang pembagian tugas dan wewenangnya dari sistem politik yang diterapkan.3. Deskripsi yang menyangkut hak asasi manusia.Secara garis besar, tujuan Konstitusi adalah membatasi tindakan sewenang-wanang pemerintahdan menjamin hak-hak rakyat yang diperintah, dan menetapkan pelaksanaan kekuasan yang berdaulat. Menurut Bagir Manan, hakekat dari konstitusi merupakan perwujudan paham tentangkonstitusi atau konstitusionalisme, yaitu pembatasan terhadap kekuasaan pemerintah di satu pihak dan jaminan terhadap hak-hak warga negara maupun setiap penduduk di pihak lain.Sedangkan, menurut Sri Soemantri, dengan mengutip pendapat Steenbeck, menyatakan bahwaterdapat tiga materi muatan pokok dalam konstitusi, yaitu:1. Jaminan hak-hak manusia;2. Susunan ketatanegaraan yang bersifat mendasar;3. Pembagian dan pembatasan kekuasaan.Dalam paham konstitusi demokratis dijelaskan bahwa isi konstitusi meliputi:1. Anatomi kekuasaan (kekuasaan politik) tunduk pada hukum.2. Jaminan dan perlindungan hak-hak asasi manusia.3. peradilan yang bebas dan mandiri.4. pertanggungjawaban kepada rakyat (akuntabilitas publik) sebagai sendi utama dari asaskedaulatan rakyat.Keempat cakupan isi konstitusi di atas merupakan dasar utama dari suatu pemerintah yangkonstitusional. Namun demikian, indikator suatu negara atau pemerintah disebut demokratistidaklah tergantung pada konstitusinya. Sekalipun konstitusinya telah menetapkan aturan dan prinsip-prinsip diatas, jika tidak diimplementasikan dalam praktik penyelenggaraan tata
 
 pemerintahan, ia belum bisa dikatakan sebagai negara yang konstitusional atau menganut pahamkonstitusi demokrasi.
I
stilah Konstitusi
Istilah konstitusi secara umum menggambarkan keseluruhan sistem ketatanegaraan suatu negara,yaitu berupa kumpulan peraturan yang membentuk mengatur atau memerintah negara, peraturan- peraturan tersebut ada yang tertulis dan ada yang tidak tertulis.Sehubungan dengan konstitusi ini para sarjana dan Ilmuan Hukum Tata Negara terjadi perbedaan pendapat:1. Kelompok yang menyamakan konstitusi dengan undang-undang;2. Kelompok yang membedakan konstitusi dengan undang-undang.Menurut paham Herman Heller, konstitusi mempunyai arti yang lebih luas dari undang-undang.Dia membagi konstitusi dalam tiga pengertian antara lain:a. Konstitusi mencerminkan kehidupan politik dalam masyarakat sebagai suatu kenyataan (DiePolotiche Verfasung Als Gesellchaftliche) b. Unsur-unsur hukum dari konstitusi yang hidup dalam masyarakat dijadikan sebagai suatukesatuan hukum dan tugas mencari unsur-unsur hukum ´ Abstraksi ´.c. Ditulis dalam suatu naskah sebagai undang-undang yang tertinggi dan berlaku dalam suatunegara.Menurut Lord Bryce, terdapat empat motif timbulnya konstitusi :1. Adanya keinginan anggota warga negara untuk menjamin hak-haknya yang mungkin terancamdan sekaligus membatasi tindakan-tindakan penguasa;2. Adanya keinginan dari pihak yang diperintah atau yang memerintah dengan harapan untuk menjamin rakyatnya dengan menentukan bentuk suatu sistem ketatanegaraan tertentu;3. Adanya keinginan dari pembentuk negara yang baru untuk menjamin tata cara penyelenggaraan ketatanegaraan;4. Adanya keinginan untuk menjamin kerja sama yang efektif antar negara bagian.
Pengertian Konstitusi
 Terdapat dua istilah terkait dengan norma atau ketentuan dasar dalam kehidupan kenegaraan dankebangsaan. Kedua istilah tersebut adalah konstitusi dan Undang-Undang Dasar. Konstitusi berasal dari bahasa Perancis, Constituer yang yang berarti membentuk.Maksutnya ialah pembentukan, penyusunan atau pernyataan akan suatu Negara. Dalam bahasa Latin, katakonstitusi merupakan gabungan dua kata, yakni Cume berarti µbersama dengan dan Stratuere berarti membuat sesuatu agar berdiri atau mendirikan, menetapkan sesuatu. Sedangkan Undang-Undang merupakan terjemahan dari istilah Belanda, Grondwet. Kata Ground berarti tanah ataudasar dan Wet berarti Undang-Undang.Istilah konstitusi dalam bahasa Inggris memiliki makna yang lebih luas dari Undang-UndangDasar. Yaitu keseluruhan dari peraturan-peraturan baik yang tertulis maupun tak tertulis yangmengatur secara mengikat cara-cara suatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatumasyarakat.Dari pengertian di atas dapat disimpulkan konstitusi ialah :

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wong Blesak liked this
Putu Surya liked this
Ena KaNia liked this
tetaptersenyum liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->