Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
107Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah hukum perbankan

makalah hukum perbankan

Ratings: (0)|Views: 11,728 |Likes:
Published by bagonk kusudaryanto
HUKUM PERBANKAN I
HUKUM PERBANKAN I

More info:

Published by: bagonk kusudaryanto on Feb 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2013

pdf

text

original

 
1
 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Pengertian dan Arti Penting Bank 
Sistem keuangan merupakan satu kesatuan sistem yang dibentuk dari semua lembaga keuangan yang ada dan yang kegiatan utamanyadibidang keuangan yaitu menarik dana dari masyarakat danmenyalurkannya kepada masyarakat. Keberadaan sistem keuangan inidiharapkan dapat melaksanakan fungsinya sebagai lembaga perantarakeuangan (financial intermediation) dan lembaga transmisi yang mampumenjembatani mereka yang kelebihan dana dengan mereka yangkekurangan dana serta memperlancar transaksi ekonomi.Berkaitan dengan sistem keuangan yang dianut di Indonesia, terdiridari sistem keuangan moneter dan lembaga keuangan lainnya. Sistemkeuangan moneter terdiri atas otoritas moneter dan sistem Bank Umum(commercial bank). Otoritas moneter sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia jo. Undang-Undang No. 3 tahun 2004 tentang perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 tahun 1999. Secara tegas menyatakan bahwa Bank Indonesia adalah penanggung jawab otoritas kebijakan moneter yang biasanya disebut otoritas moneter.Sebagai otoritas moneter Bank Indonesia berwenang menetapkandan melaksanakan kebijakan moneter dalam rangka mencapai danmemelihara kestabilan nilai rupiah. Disamping otoritas moneter, sistem bank umum yang merupakan bagian dari sistem perbankan sebagaimanadiatur dalam Undang-Undang No. 7 tahun 1992 jo. Undang-undang no. 10tahun 1998 tentang perbankan, ini berarti bahwa sistem moneter  berhubungan erat dengan bank sentral dan lembaga keuangan bank. Selainsistem keuangan bank, sistem keuangan non bank juga merupakan bagiandari sistem keuangan.
 
2
 
B.
 
Asas, Fungsi Dan Tujuan Perbankan Di Indonesia
M
engenai asas perbankan yang dianut di indonesia dapat dilihat pada pasal 2 Undang-Undang No. 10 tahun 1998 tentang perbankan yangmengemukakan bahwa ³ Perbankan Indonesia dalam melakukan usahanya berdasarkan demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsip kehati-hatian´. Yang dimaksud dengan demokrasi ekonomi adalah demokrasiekonomi berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.Sedangkan mengenai prinsip kehati-hatian dapat kita kemukakan bahwa bank dan orang-orang yang terlibat di dalamnya terutama dalam membuatkebijakan dan menjalankan kegiatan usahanya harus selalu mematuhiseluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku secara konsistendengan didasari oleh itikad baik. Sedangkan kepercayaan masyarakatmerupakan kata kunci utama bagi berkembang atau tidaknya suatu bank,dalam arti tanpa adanya kepercayaan dari masyarakat suatu bank tidak akan mampu menjalankan kegiatan usahanya.Sedangkan fungsi utama bank dapat dilihat dalam pasal 3 undang-undang perbankan yang menyatakan bahwa ³fungsi utama PerbankanIndonesia adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat´Sebagai tempat menghimpun dana dari masyarakat Bank bertugasmengamankan uang tabungan dan deposito berjangka serta simpanandalam rekening koran atau giro. Sebagai penyalur dana atau pemberi kreditBank memberikan kredit bagi masyarakat yang membutuhkan terutamauntuk usaha-usaha produktif.Perbankan di Indonesia memiliki tujuan yang strategis dan tidak semata-mata berorientasi ekonomis tetapi juga berorientasi kepada hal-halyang non ekonomis seperti menyangkut masalah stabilitas nasional yangmencakup stabilitas politik dan stabilitas sosial. Hal ini diatur dalamketentuan pasal 4 undang-undang perbankan yang berbunyi ³PerbankanIndonesia bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalamrangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitasnasional kearah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak´.
 
3
 
BAB IIHUKUM PERBANKAN INDONESIAA.
 
Pengertian Hukum Perbankan
Pada dasarnya hukum perbankan menyangkut segala sesuatu yang berkaitan dengan bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha serta caradan proses melaksanakan kegiatan usahanya, maka pada prinsipnya hukum perbankan adalah keseluruhan norma-norma tertulis maupun norma-normatidak tertulis yang mengatur tentang bank yang mencakup kelembagaankegiatan usaha, serta cara dan proses pelaksanaan kegiatan usahanya. Norma tertulis meliputi seluruh peraturan perundang-undangan yangmengatur mengenai bank. Sedangkan norma-norma tidak tertulis meliputihal-hal atau kebiasaan-kebiasaan yang timbul dalam praktek perbankan.
B.
 
Sejarah Hukum Perbankan
Usaha perbankan dimulai dari zaman Babylonia, dilanjutkan kezaman Yunani Kuno dan Romawi. Pada saat itu, kegiatan utama bank hanya sebagai tempat tukar menukar uang. Selanjutnya, kegiatan bank  berkembang menjadi tempat penitipan dan peminjaman uang. Uang yangdisimpan oleh masyarakat, oleh bank dipinjamkan kembali ke masyarakatyang membutuhkannya.Sementara itu, mengenai sejarah perbankan di Indonesia tidak terlepas dari zaman penjajahan Hindia Belanda. Pada saat itu terdapat beberapa bank yang memegang peranan penting di Hindia Belanda antaralain: De Javasche NV, De Post Paar Bank, De Algemenevolks CredietBank, Nederland Handles
M
aatscappij (NH
M
), Nationale Handles Bank (NHB), dan De Escompto Bank NV.Di samping itu, terdapat pula bank-bank milik pribumi, Cina,Jepang, dan Eropa lainnya. Bank-Bank tersebut antara lain: Bank NasionalIndonesia, Bank Abuah Saudagar, NV Bank Boemi, The matsui Bank, TheBank of China, dan Batavia Bank.

Activity (107)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Idday Xoday Benington added this note
sangat membantu...
Renny Loph Moem liked this
Little Aleksey liked this
M Irvan Habibie added this note
asu
Gelenk Marley liked this
guncakes liked this
ari.zenal.m liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->