Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
AIR BRUSH PAINTING

AIR BRUSH PAINTING

Ratings: (0)|Views: 3,830 |Likes:
Published by Trie Djoko Soesilo

More info:

Categories:Types, Graphic Art
Published by: Trie Djoko Soesilo on Feb 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
CARA MENGGUNAKAN AIR BRUSHDISUSUN OLEH :
 
SEJARAH AIR BRUSH
Pada zaman pra sejarah manusia purba mulai mengolah rasa estetikanya denganmenerjemahkan imajinasi yang ada dalam pikiran mereka pada saat itu dengan coretanatau gambar sederhana. Mereka menggunakan dinding dinding gua dan tempat di sekitar mereka tinggal sebagai medìanya. Mereka berusaha menceritakan pemahaman tentangmanusia,hewan,tumbuhan dan cerita kehidupan sehari-hari melalui dinding gua. DiArgentinadidalam guaPinturas River regionPatagoniaterdapat lukisan dinding yang menjadi cikal bakal teknik airbrush. Airbrush sederhana ini dilakukan dengantulang hewan untuk menyemburkan pewarna yang disimpan di dalam mulutnya dan telapak tanganmereka sebagai malnya.== Temuan pertama, 1879 ==Dalam catatan sejarah seni lukis [[modern]], airbrush baru berkembang pada akhir abadke-19. tahun [[1879]] dikenal sebagi tahun penemuan teknik melukis denganmemanfaatkan tekanan angin yang kini dikenal dengan airbrush. Alat yang digunakanuntuk mentransfer cat ke media lukis awalnya disebut ''paint distributor''. Orang yang berjasa menemukan alat ini adalah [[Abner Peeler]], seorang penemu professional yangsepanjang hidupnya melakukan berbagai percobaan. Kemudian Peeler menjual patennyakepada '''Lyberty Walkup''' dari perusahaan Walkup brothers pada bulan [[Agustus]][[1883]].Ketika di Indianapolis dilakukan kovensi [[fotografi]], paint distributor terjual sebanyak 63 unit pada 1883, Lyberty Walkup mendirikan sebuah pabrik yang dinamakan ''AirbrushManufacturing Company'' di [[Rockford]], [[Illinois]]. Saat itu pula istilah airbrushdiperkenalkan kepada umum. Alat ini banyak digunakan untuk keperluan foto''retouching''. Sukses Walkup memicu banyak orang meniru langkahnya.
AIR BRUSH PAINTING
Air Brush Painting adalah pekerjaan pengecatan yang hampir sama dengan pekerjaan melukis karena hasil akhirya yang indah.Tidak semua orang dapat melakukan pekerjaan pengecatandengan teknik air brush, karena diperlukan keahlian khusus,kesabaran dalam melakukannya. Dan jangan lupa untuk melakukan pekerjaan pengecatan air brush dibutuhkan peralatanyang lumayan mahal berupa spray pen, kompresor, solatip, kertas/ plastik proteksi.
 
Untuk teknik sederhana untuk pekerjaan air brush adalah :
Siapkan gambar yang akan dicontoh
Buatlah beberapa pola dari gambar tersebut yang nantinya berfungi sebagaimoulding / cetakan untuk mempermudah membuat sketsa gambar & aplikasicatnya.
Bila sketsa telah berbentuk, barulah gambar tersebut diperhalus / disempurnakandengan mengatur komposisi kombinasi warna & nozzle spray pen.
Apabila gambar telah selesai, lapisan dengan cat transparant yang hasil akhirnyagloss atau matt sesuai selera anda.Dalam seni lukis modern, air brush dikenal sebagai salahsatu seni lukis yang relative belum lama berkembangdibandingkan dengan seni lukis konvensional, air brushdapat dikatakan sangat berbeda terutama pada alat yangdi gunakan. Pada peralatan air brush digunakan sprayer dalam melukis. Seniman air brush lebih mengenaldengan sebutan pen (pena atau pulpen). Dewasa initeknik ini dilakukan dengan memadukan kerja dari tiga peralatan utama yakni, pompa, tangki udara dan pen. Pompa menghasilkan udara yangditampung dalam tangki udara. Udara yang terkumpul dalam tangki semakin lamasemakin tinggi tekanannya kemudian dikeluarkan melalui pen dalam bentuk doronganangin. Dengan bantuan angin dari tangki udara, cat dapat keluar dalam butiran-butiranyang sangat halus.Air brush adalah teknik yang mudah diterapkan dalam pembuatan karya lukis khususnya,sebab sudah menggunakan tenaga mesin jadi sangat memudahkan dalam pengerjaannya baik dari pembuatan desain misalnya bisa menggunakan teknik cetakan dengan caramembuat desain lalu dipotong – potong sesuai bentuk desainnya. Seorang air brusher harus mampu membuat desing baik secara manual atau menggunakan komputer dengan berbagai macam program design. Air brush dapat diterapkan dalam media apapun sepertimedia kain, kayu, plat mobil, motor, kain, keramik dan sebagainya. Pemakaian jeniswarna tergantung pada media yang akan di air brush.Untuk dapat melukis air brush dengan baik yang palingdasar perlu di ketahui adalah mengenal karakteristik hasilsemprotan air brush, dalam melakukan penyemprotan perlu mengetahui penyemprotan air brush, karakteristik semprotan air brushakan berbeda pada jarak tertentu hasilnyapun akan berbeda.
Ada 2 teknik menggambar air brush :+ Teknik Cetakan , teknik ini menggunakan cetakan gambar yang sudah disketsa dan dicuting sesuai dengan bentuk gambar.+ Teknik Free Hand, teknik menggambar air brush secara langsung tanpa bantuancetakan atau sketsa.Dalam membuat sebuah lukisan / gambar kedua teknik ini saling mengisi satu samalainya. Ada kalanya kita membutuhkan sebuah garis tegas yang statis dengan cara freehand tidak bisa didapat, begitu juga dengan teknik free hand kita dapat membuat sebuahgradasi atau warna yang memblur dari tebal ketipis dari warna tua kemuda atausebaliknya warna muda ke warna tua.
Teknis pengecatan/airbrush : - mal, -stripping, -free hand, dllPemakaian efek brush dengan glitter/fostor dll
Aplikasi penbrush, spray gun dan teknik grafis, dengan alat tambahan khususseperti brush/kuas, rapido, spidol, ballpoint, boxy dll.
Unsur pewarnaan yang dinilai adalah keserasian pemakaian warna, colouring,gradasi warna dan kombinasi.

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Triyudha Nurdiansyah added this note
artikel saudara ini tidak penting goblok...
Ima Fatma liked this
Laura Harsoyo liked this
Malaikat Biru liked this
Om Pamungkas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->