Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hakikat Metode dalam Pendidikan Islam

Hakikat Metode dalam Pendidikan Islam

Ratings: (0)|Views: 3,852|Likes:
Published by Novi Sriariani

More info:

Published by: Novi Sriariani on Feb 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/06/2013

pdf

text

original

 
 
BAB IPENDAHULUANA. LATAR BELAKANG MASALAH
Disadari bahwa pendidikan sangatlah penting, karena dari sanalahditentukan kualitas sumber daya manusia. Dalam Islam, pendidikan diarahkan bagi terbentuknya manusia yang memiliki kepribadian Islam yang tercermindalam cara berfikir dan berperilaku yang berlandaskan pada ajaran Islam,memahami tsaqafah Islam dan menguasai ilmu kehidupan (sains teknologi dankeahlian). Sumber daya manusia yang bermutu merupakan prasyarat dasar bagiterbentuknya peradaban yang baik. Sumber daya manusia yang buruk secara pasti akan melahirkan masyarakat yang buruk pula. Negara bertanggungjawab atas terselenggaranya pendidikan yang baik bagi seluruh rakyat, menyediakan sarana prasarana yang memadai, guruyang berkualitas dan biaya operasional, terutama mengarahkan agar sistem pendidikan yang diselenggarakan mampu mewujudkan tujuan pendidikan.Maka, peraturan perundang-undangan yang ada harus mampu mengatur agar sistem pendidikan yang ada benar-benar menjamin bahwa arah pendidikan berjalan secara benar.Bertolak dari semua itu, makalah ini mencoba untuk mengkajitentang salah satu unsur proses pendidikan, yaitu mengenai hakikat metode pendidikan. Dalam hal ini kami akan membahas tentang pentingnya sebuahmetode dalam pendidikan agar mencapai suatu tujuan sesuai dengan kurikulumyang dicanangkan. Ada sebuah pernyataan bahwa ³metode lebih utama dari pada materi´ karena metode itu bagaikan roh, sedangkan materi adalahraganya.
 
 
B. RUMUSAN MASALAH
umusan masalah yang akan penulis kemukakan adalah sebagai berikut :1.
 
Apakah pengertian metode pendidikan?2.
 
Bagaimanakah fungsi metode pendidikan?3.
 
Apa sajakah prinsip-prinsip metode pendidikan?4.
 
Apa sajakah macam-macam metode pendidikan?5.
 
Apa sajakah asas-asas umum metode pendidikan?
C
.
TUJUAN PEMBAHASAN
1.
 
U
ntuk mengetahui apakah pengertian metode pendidikan?2.
 
U
ntuk mengetahui bagaimanakah fungsi metode pendidikan?3.
 
U
ntuk mengetahui apa sajakah prinsip-prinsip metode pendidikan?4.
 
U
ntuk mengetahui apa sajakah macam-macam metode pendidikan?5.
 
U
ntuk mengetahui apa sajakah asas-asas umum metode pendidikan?
 
 
BAB IIPEMBAHASANA. PENGERTIAN METODE PENDIDIKAN
Secara bahasa metode berasal dari dua kata yaitu meta dan hodos.Meta berarti ´melalui.´ Dan hodos berarti ´jalan atau cara´, bila ditambah logisehingga menjadi metodologi berarti ³ilmu pengetahuan tentang jalan atau carayang harus dilalui untuk mencapai tujuan´, oleh karena kata logi yang berasaldari kata Yunani (Greek) logos berarti ³akal´ atau ³ilmu´.Sedangkan secara istilah, Edgar Bruce Wesley mendefinisikan metode dalam bidang pendidikan sebagai: ³rentetan kegiatan terarah bagi guru yangmenyebabkan timbulnya proses belajar pada murid-murid, atau ia adalah proses yang melaksanakannya yang sempurna menghasilkan proses belajar,atau ia adalah jalan yang dengannya pengajaran itu menjadi berkesan.´ Disisilain Imam Barnadib mengartikan metode sebagai suatu sarana untuk menemukan, menguji dan menyusun data yang diperlukan bagi pengembangan pendidikan. Dengan demikian secara umum metode adalah cara untuk mencapai sebuah tujuan dengan jalan yang sudah ditentukan, dalam metode pendidikan dapat diartikan sebagai cara untuk mencapai tujuan pendidikansesuai kurikulum yang ditentukan.
1
 Apabila ditarik pada pendidikan islam, metode dapat diartikan sebagai jalan untuk menanamkan pengetahuan agama pada diri seseorang sehinggaterlihat dalam pribadi obyek sasaran, yaitu pribadi Islami.Adapun Al Qur`an sendiri secara eksplisit tidak menjelaskan arti dari metode pendidikan. Namun kata metode dalam bahasa arab dibahasakan dengan kataAl-Tariqah, banyak dijumpai dalam al-Qur¶an. Menurut Muhammad Abd al-Baqi, didalam Al Qur`an kata Al-Tariqah di ulang sebanyak sembilan kali.Salah satunya kata ini terkadang dihubungkan dengan sifat dari jalan tersebut,seperti al-tariqah al-mustaqimah, yang diartikan jalan yang lurus. Hal initerdapat dalam Al Qur`an surat Al Ahqaaf ayat 30 :
1
 
amayulis dan Samsul Nizar,
 Filsafat Pendidikan Islam
, Jakarta : Kalam Mulia, 2009. hlm : 209

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mundir Rosyadi liked this
Maria Ulfah liked this
Muhyiddin Sanwar liked this
Jefry Yasier liked this
Ade Atin liked this
Rohizan Ya liked this
Elis Sya liked this
achidm liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->