Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalahevaluasi Di Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam

Makalahevaluasi Di Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam

Ratings: (0)|Views: 2,040|Likes:
Published by Novi Sriariani

More info:

Published by: Novi Sriariani on Feb 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/26/2012

pdf

text

original

 
EVALUASI DI DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAMA. PENDAHULUAN
Pendidikan di Indonesia belum menampakkan kesuksesannya. Itudilihat dari outcome yang belum memuaskan banyak pihak. Disisi lainmoralitas yang dimiliki lulusan produk pendidikan kita sudah diambang bataskewajaran. Tingkat korupsi yang tinggi, tawuran antar pelajar atau antar warga, banyaknya perampokan dan pembunuhan, banyaknya pengganguran itumerupakan bagian dari ketidakberhasilannya pendidikan kita. Pendidikan yangdilaksanakan sukses tidaknya bergantung sistem yang melingkupinya. Sistemitu bisa berupa kebijakan pendidikan yang ditentukan begitu juga sistem pengelolaan pendidikan ditingkat satuan pendidikan. Keberhasilan di tingkatsatuan pendidikan ditentukan oleh kepala sekolah/ madrasah sebagai pemimpinyang menahkodai lembaga pendidikan tersebut. Kepala sekolah/madrasahadalah pengelola tertinggi yang banyak mengendalikan jalannya pendidikan ditingkat satuan pendidikan. Figur pemimpin adalah pemimpin-pemimpin pendidikan yang mampu melahirkan berbagai konsep pendidikan yang bisamewadahi dan mengadaptasi perubahan sosial, ekonomi dan teknologi.
1
Dalam dunia pendidikan selalu dihadapkan pada perubahan, dan perubahan itu harus dihadapi oleh para pemimpin pendidikan melalui strategitertentu.
2
Pada tahapan manajemen pendidikan yang dilakukan seperti padamanajemen pada umumnya harus melakukan kegiatan Planning, Organizing,Motivating, Innovating dan Controlling
3
. Dalam hal ini Controlling beradadalam lingkup evaluasi. Kegiatan evaluasi adalah sangat penting dalamkegiatan pengelolaan lembaga pendidikan. Karena dengan mengevaluasi semuakegiatan maka akan dilihat mana hal-hal yang sudah dan belum tercapai,kendala yang dihadapi sehingga dengan adanya evaluasi diharapkankedepannya pelaksanaan pendidikan selanjutnya akan lebih baik. Jika
1
Atmodiwirio dalam Mujamil Qomar,
Manajemen Pendidikan Islam
(Strategi Baru PengelolaanPendidikan Islam, Erlangga, Jakarta, 2007, hal 271
2
ibid
3
Mulyati dan Komariah, Manajemen Sekolah, ALFABETA, Bandung, 2009, hal 93
1
 
sebelumnya sudah dibahas mengenai konsep dasar kepemimpinan yang baik,nilai dan moralitas yang harus dimiliki seorang pemimpin, begitu jugamanajemen kelembagaan yang seharusnya dilakukan. Maka pada makalah kaliini akan membahas tentang kegiatan evaluasi di dalam KepemimpinanPendidikan Islam.
B. PEMBAHASAN1. Pengukuran dan Evaluasi Kinerja
Dalam sebuah manajemen diperlukan manajemen strategic yaitu pendekatan manajemen yang terintegrasi dan stategik untuk mendukungkeberhasilan organisasi secara terus menerus melalui peningkatan kemampuankinerja semua anggota organisasi.
4
Demikian pula yang bisa diterapkan padalembaga pendidikan islam. Pendekatan integrasi sangat peduli terhadapa).perencanaan b). komunikasi c). input, proses, outcomes d) pengukurankinerja dan review) kepentingan customer dan stakeholder f). pembangunanyang procedural yang tidak memihak dan transparansi.
5
Sasaran manajemenstrategic ada tiga yaitu:a. Tumbuhnya perubahan di berbagai bidang secara terus menerus b. Menekankan pada pencapaian hasil kegiatan (outcome) dandampaknyac. Meningkatnya kemampuan mengukur kinerja (performance)
6
Dalam kaitannya dengan pembahasan makalah ini poin d (pengukurankinerja dan review) dan juga sasaran menajemen strategi pada poin cmeningkatnya kemampuan mengukur kinerja adalah aktivitas evaluasi yangdapat diterapkan pada lembaga pendidikan islam.
a. Pengukuran / Indikator Kinerja
Kinerja sendiri adalah hasil kerja suatu organisasi dalam rangkamewujudkan tujuan, kepuasan pelanggan dan kontribusinya terhadaplingkungan. Menurut Bates dan Holton kinerja merupakan bangunan multi
4
Akdon, Strategic Management for Educational Manajemen (Manajemen Strategik untuk Manejemen Pendidikan),Alfabeta, Bandung, 2006, hal 164-165
5
Ibid, Hal 165
6
Ibid
2
 
dimensional, sehingga cara mengukurnya sangat bervariasi tergantungkepada banyak faktor.
7
Indikator kinerja adalah ukuran kuantitatif maupun kualitatif untuk menggambarkan tingkat pencapian sasaran dan tujuan organisasi, baik tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, maupun tahap setelah kegiatan selesai.Indikator kinerja juga digunakan untuk meyakinkan bahwa kinerja hari demihari menunjukkan kemajuan dalam rangka menuju tercapainya sasanmaupun tujuan organisasi yang bersangkutan.Syarat-syarat yang harus dipenuhi suatu indikator kinerja adalah :
Spesifik dan jelas untuk menghindari kesalahan interpretasi
Dapat diukur secara obyektif baik secra kualitatif maupun kuantitatif 
Menangani aspek-aspek yang relevan
Harus penting/ berguna untuk menunjukkan keberhasilan input,output, hasil/ outcome, manfaat maupun dampak serta proses
Fleksibel dan sensitive terhadap perubahan pelaksanaan
8
Terdapat 5 macam indikator kinerja yang umumnya digunakan yakni
Indikator kinerja input (masukan)adalah indikator segala sesutauyang dibutuhkan agar pelaksanaan kegiatan dapat menghasilkankeluaran yang ditentukan, misalnya dana, SDM, informasi,kebijakan dan lain-lain.
Indikator kinerja output (keluaran) adalah sesuatu yang diharapkanlangsung dicapai dari suatu kegiatan yang dapat berupa fisik maupunnonfisik 
Indikator outcome (hasil) adalah segala sesuatu yangemencerminkan berfungsinya keluaran (ouput) kegiatan pada jangkamenengah (efek langsung)
Indikator kinerja benefit(manfaat) adalah sesuatu yang terkaitdengan tujuan akhir dari pelaksanaan kegiatan
7
Bates dan Holton dalam Akdon,Strategic Management….., hal 166
8
Akdon, Strategic Management….., Hal 168
3

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hezthiey Shary liked this
faridirafa liked this
Samsuri Jauhari liked this
Boojang Toolen liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->