P. 1
JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

Ratings:

4.67

(42)
|Views: 38,067 |Likes:
Published by Taufik Abidin

More info:

Published by: Taufik Abidin on Aug 17, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2013

pdf

text

original

 
AKROSIANOSIS
DEFINISI
Akrosianosis adalah warna kebiru-biruan tanpa rasa sakit pada kedua tangan dan kaki (lebih jarang) yang bersifat menetap.Kelainan ini biasanya terjadi pada wanita.
PENYEBAB
Penyebabnya adalah kejang yang tidak dapat diterangkan pada pembuluh darah kecil di kulit.
GEJALA
Jari tangan atau jari kaki dan tangan atau kaki terasa dingin terus menerus dan kebiru-biruan sertaberkeringat banyak, juga bisa terjadi pembengkakan.Suhu yang dingin biasanya akan menambah warna kebiruan dan penghangatan akanmenguranginya.Tidak ditemukan rasa nyeri maupun kerusakan kulit.
DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejala yang menetap, yang terbatas kepada tangan dankaki penderita, disertai denyut nadi yang normal.
PENGOBATAN
Meskipun sangat jarang, untuk mengurangi gejala bisa dilakukan pemotongan
saraf simpatis
.
1
 
ANEURISMA
DEFINISI
Aneurisma adalah suatu penonjolan (pelebaran,
dilatasi 
) pada dinding suatu
arteri 
, biasanya pada
aorta
.Penonjolan biasanya terjadi pada suatu daerah yang lemah pada dinding arteri.Aneurisma bisa terjadi di sepanjang aorta, tetapi 75% aneurisma muncul pada bagian aorta yangmenuju ke perut.Aneurisma bisa berbentuk bulat (
sakuler 
) atau seperti tabung (
fusiformis
). Sebagian besar berbentuk fusiformis.
PENYEBAB
Aneurisma aorta terutama merupakan akibat dari
arteriosklerosis
, yang menyebabkan lemahnyadinding aorta sehingga tekanan di dalam mendorong dinding menggembung keluar.Di dalam aneurisma sering terbentuk bekuan darah (
trombus
) dan bisa tersebar di sepanjangdinding aorta.Resiko anerurisma meningkat pada tekanan darah tinggi dan perokok sigaret.Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang cenderung menderita aneurisma:
Kelainan bawaan (kelemahan pada dinding pembuluh darah).
Cedera atau luka tembak.
Infeksi jamur atau bakteri pada dinding arteri.
Peradangan pada aorta.
Penyakit jaringan ikat turunan (misalnya
sindroma Marfan
).
Sifilis
.Pada sindroma Marfan, aneurisma sering ditemukan pada
aorta asendens
(bagian aorta yanglangsung keluar dari jantung).Aneurisma juga dapat terjadi pada arteri-arteri lain selain aorta.
GEJALA
Sering tampak pembengkakan disertai massa yang berdenyut di daerah tempat aneurisma berada.Jika aneurisma pecah, akan timbul gejala tekanan darah rendah, denyut jantung yang cepat sertapusing.Aneurisma yang pecah memiliki resiko kematian yang tinggi.
DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan fisik, USG dan CT scan.
PENGOBATAN
Aneurisma terinfeksi pada arteri yang menuju ke otak sangat berbahaya dan perlu segeraditangani.Infeksi biasanya berasal dari bagian tubuh lainnya, terutama katup jantung. Seringkali perludilakukan pembedahan yang sangat beresiko.
2
 
ANEURISMA AORTA ABDOMINALIS
DEFINISI
Aneurisma adalah suatu penonjolan (pelebaran,
dilatasi 
) pada dinding suatu
arteri 
. AneurismaAorta Abdominalis terjadi pada bagian dari aorta yang melewati perut.Penyakit ini cenderung terjadi pada suatu keluarga (diturunkan). Aneurisma ini sering terjadi padapenderita tekanan darah tinggi, ukurannya lebih besar dari 7,5 cm dan bisa pecah. (Diameter normal dari aorta adalah 1,8-2,5 cm).
PENYEBAB
Penyebab yang pasti tidak diketahui, tetapi faktor resiko terjadinya aneurisma aorta abdominalisadalah
aterosklerosis
dan
hipertensi 
. Aneurisma aorta abdominalis bisa disebabkan oleh:InfeksiKelainan bawaan pada jaringan ikat yang membentuk dinding arteriTrauma.Aneurisma aorta abdominalis bisa terjadi pada siapa saja, tetapi paling sering ditemukan pada priausia 40-70 tahun. Pada anak-anak, aneurisma bisa terjadi akibat cedera tumpul pada perut atauakibat
sindroma Marfan
.Komplikasi yang sering terjadi adalah pecahnya aneurisma yang bisa menyebabkan perdarahanhebat ke dalam rongga perut. Aneurisma yang pecah lebih sering ditemukan pada penderita yangmemiliki aneurisma lebih besar dari 5 cm.
GEJALA
Penderita sering merasakan denyutan di perutnya. Aneurisma bisa menimbulkan nyeri, terutamaberupa nyeri yang menusuk dalam di punggung. Nyeri bisa menjadi berat dan biasanya menetap,tetapi perubahan posisi badan bisa mengurangi rasa nyeri ini.Pertanda awal dari pecahnya aneurisma biasanya adalah nyeri yang luar biasa di perut bagianbawah dan punggung dan nyeri tumpul di atas aneurisma. Pada perdarahan dalam yang berat,penderita bisa jatuh ke dalam keadaan
syok 
. Pecahnya aneurisma abdominalis sering berakibat
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->