Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
19Activity
×

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelompok Islam Minoritas Jawa Tengah

Kelompok Islam Minoritas Jawa Tengah

Ratings: (0)|Views: 17,669|Likes:
Published by Adi Kiswanto
Uploaded from Google Docs
Uploaded from Google Docs

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Adi Kiswanto on Feb 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/16/2013

pdf

text

original

 
 
LAPORAN
PENELITIAN TENTANG INTERAKSI SOSIALKELOMPOK ALIRAN ISLAM MINORITASDALAM MASYARAKAT DI BERBAGAI DAERAHDI JAWA TENGAH
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGANPROVINSI JAWA TENGAH2008
 
1
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah : a). Mendeskripsikan interaksi sosial kelompok aliran Islam Minoritas dalam kegiatan sosial keagamaan, sosial kemasyarakatan, danhubungannya dengan pemerintah, b). Mendeskripsikan faktor pendukung danpenghambat kelompok aliran Islam minoritas dalam berinteraksi sosial pada berbagaikegiatan dengan komunitasnya, baik dilihat dari internal aliran tersebut maupun daripihak eksternal, c). Mendeskripsikan pola pembinaan terhadap kelompok aliran Islamminoritas yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat.Penelitian menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dalam menganalisisinteraksi sosial pada lima kelompok aliran di enam lokasi kabupaten/kota Jawa Tengah.Hasil dari penelitian ini adalah: Secara umum interaksi sosial aliran Islam minoritas ditengah-tengah masyarakat di Jawa Tengah cukup kondusif, baik interaksi ini dilihat dariinteraksi sosial keagamaan, interaksi sosial kemasyarakatan maupun interaksi sosialpolitik (Pemerintah). Masih terjadi kemungkinan pengerasan paham internal keagamaanpada beberapa kelompok namun stabilitas kerukunan antarumat Islam masih terjagakarena adanya interaksi sosial kemasyarakatan yang kondusif meskipun perlupeningkatan partisipasi aktif anggota aliran dalam interaksi sosial pemerintahan.Terdapat potensi pendukung dan penghambat interaksi sosial secara internal daneksternal. Pola pembinaan yang ada masih berada dalam tataran internal dan eksternalmasih belum ada agenda yang berkelanjutan.Rekomendasi yang diberikan : a). Peningkatan komunikasi, pemutahiraninformasi, peningkatan keterlibatan kelompok minoritas dalam kegiatan-kegiatan sosialpemerintahan; b). Pengembangan potensi dan pengurangan hambatan denganmemfasilitasi aktivitas komunikasi lintas aliran Islam; dan c). Peningkatan intensitaskomunikasi dan koordinasi untuk meningkatkan pemberdayaan kelompok Islamminoritas.
Kata Kunci : Aliran Islam Minoritas, Interaksi Sosial
 
2
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Ditengah-tengah situasi bangsa Indonesia untuk bangkit dari segalaaspek keterpurukan, baik sosial, politik, budaya maupun keagamaan, makastabilitas nasional merupakan salah satu kunci pokok dalam mewujudkan cita-cita masyarakat yang makmur, sejahtera lahir maupun batin. Stabilitasnasional pada saat era reformasi ternyata masih sering diuji dengan munculnyakelompok-kelompok tertentu yang kurang puas atau yang berbeda afiliasipolitik maupun keagamaannya.Realitas empirik yang terjadi dewasa ini, khususnya dalam kehidupanmasyarakat muslim di Indonesia banyak bermunculan kelompok aliran.Eksistensi kelompok-kelompok aliran tersebut mendapat simpati dan diikutioleh sebagian umat Islam. Hal tersebut tidak terlepas dari keterbukaan dankebebasan mengapresiasikan kebutuhan spiritual dalam berbagai dimensikeagamaan.Khusus di Jawa Tengah, aliran-aliran yang muncul secara keseluruhanlebih kurang 93 aliran yang menyebar di seluruh ibukota Kabupaten/Kota.Sedangkan yang termasuk aliran Islam minoritas lebih dari 10 aliran.
1
Hal iniberbeda dengan organisasi Islam yang telah mencapai 34 organisasikeagamaan Islam.
2
Dan pada organisasi Islam itu sendiri terdapat organisasiyang identik dengan aliran atau bahkan telah menjadi aliran tersendiri, sepertiLDII dan Gerakan Ahmadiyah Indonesia.Terdapat tiga segi dalam agama Islam, yaitu segi muamalat (interaksisosial), ubudiyyat (ritual) dan ilahiyyat (teologi). Segi muamalat (interaksi
1
Muzayanah, Umi & A.M. Wibowo.
 
Peta Keagamaan Provinsi Jawa Tengah
. Balitbang AgamaSemarang. 2007. Halaman 50. Dalam laporan hasil penelitian ini hanya memfokuskan pada data yangterdapat pada kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Tengah dan masih ada beberapa organisasi keagamaanmaupun aliran yang belum tercover, seperrti Hizbut Tahrir di berbagai Kota/Kabupaten, aliran SyekhKanjeng Patih Kalajanggel di Kabupaten Brebes, Syahadatain, Qur’an suci di Kabupaten Banyumas,Syi’ah di Kota Pekalongan, Jama’ah Tabligh di Magelang,dll.
2
 
ibid.,
Halaman 39.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Neneng Dewi liked this
LingGar Blue liked this
mrwaluyo8295 liked this
Eta Fasita liked this
Farhri Maholi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->