Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SURAT BERHARGA

SURAT BERHARGA

Ratings: (0)|Views: 1,255|Likes:
Published by Anaq Geldox

More info:

Published by: Anaq Geldox on Feb 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/21/2013

pdf

text

original

 
SURAT BERHARGAIstilah dan Definisi
Terdapat beberapa istilah yang identik dengan surat berharga, misalnya
negotiable instruments
,
negotiable papers
,
transferable papers
,
commercial  papers
dan
waardepapieren
(Bambang Setijoprodjo, 1994 : 3).Menurut Wirjono Prodjodikoro, istilah surat-surat berharga itu terpakai untusurat-surat yang bersifat seperti uang tunai, jadi yang dapat dipakai untumelakukan pembayaran. Ini berarti bahwa surat-surat itu dapat diperdagangkan,agar sewaktu-waktu dapat ditukarkan dengan uang tunai atau
negotiableinstruments
(Wirjono Prodjodikoro, 1992 : 34).Surat berharga adalah surat pengakuan utang, wesel, saham, obligasi, sekuritaskredit, atau setiap derivatifnya, atau kepentingan lain, atau suatu kewajiban dari penerbit dalam bentuk yang lazim diperdagangkan dalam pasar modal dan pasar uang (Dunil Z: 2004).
Perbedaan surat berharga dan surat yang berharga
Perlu sekali dibedakan antara surat berharga dengan surat yang berharga. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut:1.Surat berharga, terjemahan dari istilah aslinya dalam bahasa Belanda,“waarde papierdi Negara Anglo Saxon dikenal dengan isitlah“negotiable instruments”. Sedangkan surat yang mempunyai harga ataunilai, terjemahan dari istilah aslinya dalam bahasa Belanda “papier vanwaarde” dalam bahasa Inggrisnya “letter of value”.
2.
Surat berharga adalah surat yang oleh penerbitnya sengaja diterbitkansebagai pelaksanaan pemenuhan suatu prestasi yang berupa pembayaransejumlah uang. Tetapi pembayaran ini tidak dilakukan dengan
 
menggunakan mata uang, melainkan dengan menggunakan alat bayar lain.Alat bayar itu berupa surat yang didalamnya mengandung suatu perintahkepada pihak ke tiga, atau pernyataan sanggup untuk membayar sejumlahuang kepada pemegang surat itu (Abdulkadir Muhammad, 1984 : 4).Sedangkan surat-surat yang mempunyai harga atau nilai bukan alat pembayaran, penerbitannya tidak untuk diperjualbelikan, melainkansekedar sebagai alat bukti diri bagi pemegang bahwa dia sebagai orangyang berhak atas apa yang disebutkan atau untuk menikmati hak yangdisebutkan di dalam surat itu. Bahkan bagi yang berhak, apabila surat bukti itu lepas dari penguasaannya, ia masih dapat memperoleh barangatau haknya itu dengan menggunakan alat bukti lain (AbdulkadiMuhammad, 1984 : 6).3.Surat berharga itu surat tuntutan utang, pembawa hak dan mudahdiperjualbelikan (Purwosutjipto, 1994 :5), sedangkan surat yang berhargaadalah surat bukti tuntutan utang yang sukar diperjualbelikan(Purwosutjipto, 1994 :6).4.Suatu surat yang disebut sebagai surat berharga, haruslah di dalam suratitu tercantum nilai yang sama dengan nilai dari perikatan dasarnya.Perikatan dasar inilah yang menjadi causa dari diterbitkannya surat berharga. Dengan perkataan lain, bahwa sepucuk surat disebut surat berharga, karena didalam surat itu tercantum nilai yang sama dengan nilai perikatan dasarnya. Perikatan dasar antara dua orang, adalah yang menjadisebab diterbitkannya surat berharga (Emmy Pangaribuan Simanjuntak,1993 :29).
 
5.Pengertian surat berharga secara sempit hanya mencakup surat atauinstrument yang berisi janji tak bersyarat dari penerbit untuk membayar sejumlah uang. Sedangkan surat atau instrument lainnya tidak dapatdikategorikan sebagai surat berharga (Bambang Setijoprodjo, 1994 :6).6.Surat berharga adalah suatu alat bukti dari suatu tagihan atas orang yangmenandatangani surat itu, tagihan mana dipindahtangankan denganmenyerahkan surat itu dan akan dilunasi sesudah surat itu diunjukkan(Velt Meijer, 1980 :11)Dengan demikian unsur yang penting dalam surat berharga itu adalahdapat dipindahtangankan atau diperdagangkan (negotiable) secara mudah. Olehkarena itu, semua surat yang diperdagangkan dalam pasar modal dan pasar uangdengan sendirinya dapat dikategorikan sebagai surat berharga.
Penerbitan Surat Berharga
Terdapat dua cara penerbitan surat berharga yaitu: (Wikipedia)
Penerbitan secara langsung kepada investor jangka panjang sepertilembaga keuangan, atauPenerbitan langsung ini biasanya dilakukan oleh lembaga keuangan yangmemiliki kebutuhan tetap atas pinjaman dalam jumlah besar yang memilihmelakukan penerbitan langsung yang lebih ekonomis dibandingkanmenggunakan pialang investasi. Di Amerika perusahaan yang melakukan penerbitan surat berharga komersial secara langsung ini dapat menghemat3 basis poin ( 1 basis poin = 1/10000%) setahunnya. Diluar Amerikaimbalan jasa pialang investasi ini lebih murah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->