Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Singapura Adalah Ibukota Negara Singapura Berada Di Wilayah Asia TenggaRA

Singapura Adalah Ibukota Negara Singapura Berada Di Wilayah Asia TenggaRA

Ratings: (0)|Views: 4,171|Likes:
Published by sapidina

More info:

Published by: sapidina on Feb 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/14/2013

pdf

text

original

 
Singapura Adalah Ibukota Negara Singapura Berada di Wilayah Asia TenggaRA
Penduduknya yang beragam berjumlah 5 juta jiwa,Pemerintah Singapuramengakui empat bahasa resmi: Inggris,Melayu,Cina (Mandarin), danTamil.
[99]
 
Singapura secara resmi memperoleh kedaulatan pada 9 Agustus 1965.
 
Singapura adalah sebuahrepublik parlementer dengan sistem pemerintahanparlementer unikameral
 
]Westminster yang mewakili berbagaikonstituensi.Konstitusi Singapuramenetapkandemokrasi perwakilansebagai sistem politik negara Singapura adalah sebuahrepublik parlementer dengan sistem pemerintahanparlementer unikameral
 
]Westminster yang mewakili berbagaikonstituensi.Konstitusi Singapuramenetapkandemokrasi perwakilansebagai sistem politik negara ini.
[38]
 Partai AksiRakyat(PAP) mendominasi proses politik dan telah memenangkan kekuasaan atasParlemendi setiap pemilihan sejak menjadi pemerintahan sendiri tahun 1959.
[39]
 Freedom Housemenyebut Singapurasebagai "sebagian bebas" dalam"laporan Freedom in the World"dan
The Economist 
menempatkanSingapura pada tingkat "rezim hibrida", ketiga dari empat peringkat dalam "Indeks Demokrasi".Tampuk kekuasaan eksekutif dipegang olehkabinetyang dipimpin oleh perdana menteri.Presiden Singapura, secara historis merupakan jabatan seremonial, diberikan hak veto tahun 1991 untuk beberapakeputusan kunci seperti pemakaian cadangan nasional dan penunjukan jabatan yudisial. Meski jabatanini dipilih melalui pemilu rakyat, hanya pemilu 1993 yang pernah diselenggarakan sampai saat ini.Cabang legislatif pemerintah dipegang oleh parlemen.
[40]
 Pemilihan parlemen di Singapuramemilikidasar pluralitasuntukkonstituensi perwakilan kelompoksejakUndang-Undang Pemilihan Parlemendiubah tahun 1991.
[41]
  Anggota parlemen (MP) terdiri dari anggota terpilih, non-konstituensi dan dicalonkan. Mayoritas MPterpilih melalui pemilihan umum dengan sistem pertama-melewati-pos dan mewakili Anggota Tunggalatau Konsituensi Perwakilan Kelompok (GRC).
[42]
 Singapura beberapa kali masuk sebagai salah satu negara dengan tingkat korupsi terendah di duniaolehTransparency International.
[43][44]
 Meski hukum di Singapura diwariskan dari hukum Inggris danIndia Britania, dan meliputi banyakelemenhukum umum Inggris, dalam beberapa kasus hukum ini keluar dari warisan tersebut sejakkemerdekaan. Contohnya adalah pengadilan oleh juri dihapuskan.Singapura memiliki hukum dan penalti yang meliputihukuman korporal yudisialdalambentukpencambukanuntuk pelanggaran seperti pemerkosaan, kekerasan, kerusuhan, penggunaanobat-obatan terlarang, vandalisme properti, dan sejumlah pelanggaran imigrasi.
[45][46]
Singapura jugamemilikihukuman matiwajib untukpembunuhan tingkat pertama, penyelundupan obat-obatan terlarang,
 
dan pelanggaran senjata api.
[47]
  Amnesty Internationalmengatakan bahwa "serangkaian klausa dalamUndang-Undang Penyalahgunaan Obat-Obatan Terlarang dan Undang-Undang Pelanggaran Senjata Apiberisi dugaan bersalah yang bertentangan dengan hak dianggap tidak bersalah hingga terbukti bersalahdan mengikis hak pengadilan yang adil", dan memperkirakan bahwa Singapura memiliki "kemungkinantingkat eksekusi tertinggi di dunia bila dibandingkan dengan jumlah penduduknya".
[48]
Pemerintahmenyatakan bahwa Singapura memilikihak berdaulatuntuk menentukansistem yudisialnyadan memaksakan sesuatu yang dianggap sebagai hukuman yang pantas.
[49]
Pemerintah memiliki sengketadalam beberapa poin laporan Amnesty. Mereka berkata bahwa dalam lima tahun sampai 2004, 101warga Singapura dan 37 warga asing telah dieksekusi, semuanya kecuali 28 orang disebabkan olehpelanggaran obat-obatan terlarang.
[49]
Amnesty menyebutkan 408 eksekusi antara 1991 dan 2003 daripemerintah dan sumber lain dari jumlah penduduk sebanyak empat juta jiwa.
[48]
 Sebuah survei oleh Political and Economic Risk Consultancy (PERC) mengenai eksekutif bisnisekspatriat bulan September 2008 menemukan bahwa orang-orang yang disurvei menganggap HongKong dan Singapura memiliki sistem yudisial terbaik di Asia, denganIndonesiadanVietnamyang terburuk: sistem yudisial Hong Kong diberi skor 1.45 dalam skala (0 untuk terbaik dan 10 untuk terburuk);Singapura dengan skor 1.92, diikuti Jepang (3.50), Korea Selatan(4.62),Taiwan(4.93),Filipina(6.10),Malaysia(6.47), India (6.50),Thailand(7.00), China (7.25), Vietnam (8.10) dan Indonesia (8.26).
[50][51]
 PERC memberi komentar bahwa karena survei ini melibatkan eksekutif bisnis ekspatriat daripada aktivispolitik, kriteria seperti kontrak dan perlindungan IPR lebih ditekankan: "persepsi umum ekspatriat adalahbahwa politik setempat tidak memenuhi cara hukum perdagagangan dan kriminal dilaksanakan". PERCmencatat bahwa nilai teratas Singapura dalam survei tersebut tidak termasuk aktivis politik yangmengkritik Partai Aksi Rakyat (PAP) karena menggunakan pengadilan untuk membungkam kritikus.Pada November 2010, sebuah pengadilan Singapura memberi hukuman penjara enam minggu kepadapenulis Britania, Alan Sheldrake atas penghinaan terhadap pengadilan dalam bukunya, "
O
nce A Jolly Hangman: Singapore Justice In The Dock 
", berdasarkan wawancara dengan bekas eksekutor pengadilandan kritik terhadap hukuman mati di negara ini
[52]
.[sunting
 
]
Geografi
 Artikel utama untuk bagian ini adalah:Geografi dan iklim Singapura 
 
Peta Singapura dan pulau-pulau & sungai sekitarnya tahun 2006
Singapura terdiri dari63 pulau, termasuk daratan Singapura. Pulau utama sering disebut PulauSingapura tetapi secara resmi disebutPulau Ujong(Melayu: berarti
 pulau di ujung daratan
 
semenanjung 
 
 )
). Terdapat dua jembatan buatan menujuJohor, Malaysia:Johor±Singapore Causewaydi utara, danTuas Second Linkdi barat.Pulau Jurong,Pulau Tekong,Pulau UbindanPulau Sentosaadalah yang terbesar dari beberapa pulau kecil di Singapura. Titik alami tertinggi adalahBukitTimah Hilldengan tinggi 166m(545kaki).
[53]
 Singapura memiliki banyak proyekreklamasi tanahdengan tanah diperoleh dari bukit, dasar laut, dannegara tetangga. Hasilnya, daratan Singapura meluas dari 581.5km²(224,5mil²) pada 1960-an menjadi 704km²(271,8mil²) pada hari ini, dan akan meluas lagi hingga 100km²(38,6mil²) pada 2030.
[54]
Proyekini kadang mengharuskan beberapa pulau kecil digabungkan melalui reklamasi tanah untuk membentukpulau-pulau besar dan berguna, contohnyaPulau Jurong.
[
rujukan?
 
]
 [sunting
 
]
Iklim
Singapore Botanic Gardens, sebuah kebun botani seluas 67.3-hektare (166-acre) di Singapura yang meliputi National
 
Orchid Garden dengan lebih dari 3.000 spesies anggrek
Dalam sistemklasifikasi iklim Köppen, Singapura memilikiiklim tropik khatulistiwatanpa musim yang nyata berbeda, kesamaan suhu, kelembapan tinggi, dan curah hujan yang melimpah. Suhu berkisar antara 22 hingga 34 °C (
Template:Convert/Dual/LoffAoffDxSoffT - Invalid output type
"°F", in {{Convert|22|to|34...}}. °°F). Rata-ratakelembapan relatif berkisar antara90% di pagi hari dan 60% di sore hari. Pada cuaca hujan yang berkepanjangan, kelembapan relatif dapatmencapai 100%.
[55]
Suhu terendah dan tertinggi yang tercatat dalam sejarah maritim Singapura adalah19.4 °C (66,9 °F) dan 35.8 °C (96,4 °F).Bulan Mei dan Juni merupakan bulan terpanas, sedangkan November dan Desember merupakanmusimmonsunbasah.
[56]
Dari bulan Agustus hingga Oktober, seringkali terdapat kabut, terkadang cukupmengganggu hingga pemerintah mengeluarkan peringatan kesehatan kepada publik, hal ini disebabkanoleh kebakaran semak-belukar di negara tetangganya,Indonesia. Singapura tidak menggunakan waktumusim panas atau perubahan zona waktu musim panas. Jarak waktu hari hampir sama sepanjang tahundikarenakan letak Singapura yang berdekatan dengan garis khatulistiwa.Sekitar 23% daratan Singapura terdiri dari hutan dan cagar alam.
[57]
Urbanisasi telah menghapus banyakdaerah yang dulunya merupakanhutan hujanutama, tinggal menyisakan wilayah utama di daerahBukit Timah Nature Reserve. Berbagai taman telah dijaga, sepertiSingapore Botanic Gardens. Singapura memilikiekonomi pasar yang sangat maju, yang secara historis berputar di sekitar perdaganganentrepôt. Bersama Hong Kong, Korea Selatan danTaiwan, Singapura adalah satu dariEmpat Macan Asia. Ekonominya sangat bergantung pada ekspor dan pengolahan barang impor,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->