Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengelolan Daerah Aliran Sungai Melawi

Pengelolan Daerah Aliran Sungai Melawi

Ratings: (0)|Views: 388|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Muhammad Sadiqul Iman on Feb 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2013

pdf

text

original

 
1
PENGELOLAN DAERAH ALIRAN SUNGAI MELAWI
Oleh Nadia AmanahProgram Studi S-1 Teknik LingkunganUniversitas Lambung MangkuratBanjarbaru
 
 Abstrak 
 Daerah aliran sungai Melawi meliputi wilayah kabupaten Sintang dan Kabupaten baru hasil pemekaran pada awal tahun 2004, yaitu kabupaten Melawi. Daerah Aliran Sungai merupakan kesatuan dengan sungai dan anak-anak  sungainya yang melalui daerah tertentu yang fungsi nya untuk menampung air. Daerah aliran sungai memiliki beberapa sub DAS dimana air yang mengalir akanberkumpul pada DAS utama. Berbagai masalah sudah mulai bermunculan pada sub-DAS Melawi yang berada di propinsi Kalimantan Barat. munculnya beberpa pencemaran dan kerusakan lingkungan/degradasi pada sub-DAS tersebut dapat dinilai berdasarkan parameter fisik yang akan mengganggu fungsi DAS sebagaitempat penampung air.
 
Untuk mengatasi masalah dari degradasi DAS maka diperlukan pengelolaan secara teknis, vegetatif dan kimia. Jika suatu DAS dan daerah sudahdikelola dengan baik maka hal ini akan berpengaruh dengan kondisi sosial danekonomi penduduk, sehingga keberhasilan pengelolaan DAS ini dapat dinikmati seluruh pihak. Kata kunci : DAS, sub-DAS, pengelolaan DAS dan Sosek masyarakat.
 Absract 
 Melawicatchments area is covering the region that consists of tworegencie Kabupaten Sintang and the newlyformed one in 2004, Kabupaten Melawi catchments area is whole with river and river¶s group to pass a regionabout funcion to catch a falling water. Catchments area has more sub-catchments area to flowed in main catchments area. More problems catchmentsarea Melawi in west Borneo was coming. Some pollution and environment damage/degradation on that sub- catchments area can be valued based on phisical parameter to intrude catchments area funcion to whole water.To solve the problem of degradation¶s catchments area, we should havetechnically management , vegetation style, and chemical style. If a catchmentsarea and the other region have the right managed so this condition will influenceto social condition and society¶s economy, so the success of the catchments areamanagement can be comfortabled for all side. Key word : catchments area, sub catchments area, catchments area management dan society¶s socialeconomy.
 
2
 
PENDAHULUANLatar Belakang
Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan satu kesatuan ekosistem yangunsur utamanya terdiri dari sumber daya alam vegetasi, tanah dan air serta sumber daya manusia sebagai pelaku pemanfaat sumber daya alam. Pemanfaatan SDAmencerminkan pola perilaku, keadaan sosial ekonomi dan tingkat pengelolaanyang sangat erat kaitannya dengan kelembagaan.Sebagai satu kesatuan unit pengelolaan, maka DAS dapat menampungkepentingan seluruh sektor dalam rangka pembangunan berkelanjutan dan yang berwawasan lingkungan. Untuk itu perlu dikembangkan pola tata ruang yangdapat menyerasikan tata guna lahan, air serta sumber daya lainnya dalam satukesatuan tata lingkungan yang harmonis dan dinamis serta ditunjang oleh pola perkembangan kependudukan yang serasi.Permasalahn yang menjadi perhatian utama dalam pengelolaan DASsebagai bagian dari pembangunan wilayah sampai saat ini tergolong komplek dansaling terkait. Permasalhan tersebut antara lain terjadinya erosi, sedimentasi, banjir pada musim penghujan dan kekeringan pada musim kemarau yang sangaterat kaitannya dengan keadaan sumber daya alam vegetasi atau hutan tanah air serta unsur manusia yang terdapat dalam ekosistem DAS tersebut. Faktor kehilangan tanah, limpasan, infilltrasi, dan debit sedimen menjadi faktor domonan penyebab tingkat degradasi sangat tinggi. Dengan demikian perlu adanya pengelolaan naik secara teknis maupun vegetative dilakukan dalam upaya pengelolaan DAS.
Batasan Masalah
Batasan masalah ini yaitu hanya pada pengelolaan terhadap daerah aliransungai Melawi.
 Tujuan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah agar mahasiswa dapatmempelajari suatu masalah lingkungan hidup yang terjadi agar dapat dilakukan perbaikan atau dilakukannya konservasi terhadap lingkungan tersebut khususnyamengenai konservasi pada daerah aliran sungai. Sehingga penyusunan makalah inidapat mendukung daripada mata kuliah pengelolaan konservasi lingkungan.
Metode Penulisan
Adapun metode penulisan yang penulis gunakan dalam penyusunanmakalah ini adalah metode kepustakaan yaitu literature-literature yang bersumber dari internet berupa jurnal dan artikel yang relevan.
TINJAUAN PUSTAKADaerah Aliran Sungai (DAS)
j
 
Pengertian DASMenurut UU No 7 tahun
2004
tentang sumber daya air yang dimaksuddengan DAS adalah suatu wilyah daratan yang merupakan satu kesatuandengan sungai dan anak anak sungainya, yang berfungsi menampung,menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atauke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktifitasdaratan.
 
3
 Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan satu kesatuan ekosistem yangunsur utamanya terdiri dari sumber daya alam vegetasi, tanah dan air sertasumber daya manusia sebagai pelaku pemanfaat sumber daya alam .Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah suatu daerah tertentu yang bentuk dan sifat alamnya sedemikian rupa, sehingga merupakan kesatuan dengansungai dan anak-anak sungainya yang melalui daerah tersebut dalamfungsinya untuk menampung air yang berasal dari curah hujan dan sumber air lainnya dan kemudian mengalirkannya melalui sungai utamanya (
 singleoutlet 
). Satu DAS dipisahkan dari wilayah lain disekitarnya (DAS-DAS lain)oleh pemisah dan topografi, seperti punggung perbukitan dan pegunungan.
j
 
Pengertian sub DASSub DAS adalah bagian DAS yang menerima air hujan dan mengalirkannyamelalui anak sungai ke sungai utama. Setiap DAS terbagi habis kedalam SubDAS-Sub DAS. Wilayah Sungai (WS) atau wilayah DAS adalah suatu wilayahyang terdiri dari dua atau lebih DAS yang secara geografi dan fisik teknis layak digabungkan sebagai unit perencanaan dalam rangka penyusunan rencana maupun pengelolaannya.Klasifikasi DAS :
y
 
H
amparan/letak geografis DAS
y
 
Fungsi strategis
y
 
Kesepakatan PemdaKlasifikasi :
y
 
DAS lokal
y
 
DAS regional
y
 
DAS nasional
y
 
DAS internasional(Anonim
1
,
2009
)
Pengelolaan DAS
Pengelolaan DAS adalah upaya dalam mengelola hubungan timbal balik antara sumber daya alam terutama vegetasi, tanah dan air dengan sumber dayamanusia di DAS dan segala aktivitasnya untuk mendapatkan manfaat ekonomidan jasa lingkungan bagi kepentingan pembangunan dan kelestarian ekonomiDAS. Pengelolaan DAS pada prinsipnya adalah pengaturan tata guna lahan atauoptimalisasi penggunaan lahan untuk berbagai kepentingan secara rasional serta praktek lainnya yang ramah lingkungan sehingga dapat dinilai dengan indikator kunci kuantitas, kualitas dan kontinuitas aliran sungai pada titik pengeluaranDAS. Tingkat kekeritisan DAS ditunjukkan oleh menurunnya penutupan vegetasi permanen dan meluasnya lahan kritis sehingga menurunkan kemampuan DASdalam menyimpan air atau dengan kata lain menurunnya infiltrasi dimana akan berdampak pada meningkatnya frekuensi banjir, erosi dan penyebaran tanahlongsor pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau. Kerusakan lahanatau tanah dapat menyebabkan berbagai dampak antara lain terjadinya erosi dansedimentasi serta masih banyak hal yang ditimbulkan. Erosi mempunyai beberapaakibat buruk. Penurunan kesuburan tanah. Kedua menurunnya produksi sehinggaakan mengurangi pendapatan petani. Erosi tanah dapat terjadi akibat adanya curahhujan yang tinggi, vegetasi penutup lahan yang kurang. Kemiringan lereng dantata guna lahan yang kurang tepat. Pendangkalan sungai untuk mengalirkan juga

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Liph Loph liked this
Megha Irawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->