Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pers

Pers

Ratings: (0)|Views: 643 |Likes:
Published by Cahyo Ramadhani

More info:

Published by: Cahyo Ramadhani on Feb 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
Pengertian, Fungsi, danPeran Serta PerkembanganPersdi Indonesia
Oleh:
1.
Aji Fajar P.052.Arif Gani A.113.Cahyo Ramadhani174.Elvian Listiyanto27
5.
Hamzah Sinosi32
6.
Hudam Satria N.36
Kelompok 1Kelas 3 TKJ 1
 
A.Pengertian Pers
Kamus Umum Bahasa Indonesia
Kata “pers” berarti: a) alat cetak untuk mencetak buku atau suratkabar; b) alat untuk menjepit, memadatkan; c) surat kabar danmajalah yang berisi berita; d) orang yang bekerja di bidangpersuratkabaran.
Ensiklopedi Indonesia
Istilah “pers” merupakan nama seluruh penerbitan berkala: koran,majalah, dan kantor berita.
Ensiklopedi Pers Indonesia
Istilah “pers” merupakan sebutan bagipenerbit/perusahaan/kalangan yang berkaitan dengan mediamassa atau wartawan. Sebutan ini bermula dari cara bekerjanyamedia cetak yang awalnya menekankan huruf-huruf di atas kertasyang akan dicetak. Dengan demikian, segala barang yangdikerjakan dengan mesin cetak disebut pers.
UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers
Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yangmelaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari,memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikaninformasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dangambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnyadengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis salurannya yang tersedia.
Profesor Oemar Seno Adji
Pers dalam arti sempit berarti penyiaran-penyiaran pikiran,gagasan, atau berita-berita dengan kata tertulis. Sebaliknya, persdalam arti luas memasukkan di dalamnya semua mediakomunikasi massa yang memancarkan pikiran dan perasaanseseorang baik dengan kata-kata tertulis maupun dengan lisan.Dengan demikian dapatlah diketahui bahwa pers dalam arti sempitmerupakan manifestasi dari “freedom of the press”, sedangkanpers dalam arti luas merupakan manifestasi dari “freedom of speech”, dan keduanya tercakup oleh pengertian “freedom of expression”.
L. Taufik 
Dalam bukunya “Sejarah dan Perkembangan Pers di Indonesia”menyatakan bahwa pengertian pers terbagi atas dua, yaitu persdalam arti sempit dan pers dalam arti luas.
Pers dalam arti sempit diartikan sebagai surat kabar, koran,majalah, tabloid, dan buletin-buletin kantor berita. Jadi, persterbatas pada media cetak.
 
Pers dalam arti luas mencakup semua media massa, termasukradio, televisi, film, dan internet.
Leksikon Komunikasi
Pers berarti: a) usaha percetakan dan penerbitan, b) usahapengumpulan dan penyiaran berita, c) penyiaran berita melaluisurat kabar, majalah, radio, dan televisi. Sedangkan istilah “press”berasal dari bahasa Inggris “to press” yang artinya menekan,selanjutnya press atau pers diartikan sebagai surat kabar danmajalah (dalam arti sempit) dan pres dalam arti luas yangmenyangkut media massa (surat kabar, radio, televisi, dan film).
B.Fungsi Pers
Dalam tulisan
Kusman Hidayat
yang berjudul “
Dasar-Dasar  Jurnalistik/Pers
” dinyatakan bahwa Pers mempunyai 4 fungsi:
1.
Fungsi pendidik 
, yaitu karya-karya cetak dengan segala isi, baiklangsung ataupun tidak langsung dengan sifat keterbukaannya,membantu masyarakat meningkatkan budayanya. Segala peristiwayang dimuat pers menolong masyarakat untuk menilai ihwal yangdijadika teladan bagi kehidupannya. Rubrik-rubrik khusus, sepertiruang kebudayaan atau ruang ilmu pengetahuan dapat menambahpengetahuan masyarakat.
2.
Fungsi penghubung
, dengan ciri universalitasnya, persmerupakan sarana lalu-lintas hubungan antarmanusia. Melalui pers,lembaga-lembaga kemasyarakatan berusaha untuk menumbuhkankontak antarmanusia sehingga tercipta saling pengertian dan salingtukar pandangan bagi perkembangan dan kemajuan hidupmanusia.
3.
Fungsi pembentuk pendapat umum
, rubrik-rubrik dan kolom-kolom tertentu seperti tajuk rencana, pikiran pembaca, pojok, danlain-lain merupakan ruang untuk memberikan pandangan ataupikiran kepada khalayak pembaca.
4.
Fungsi kontrol
, dengan fungsi ini pers berusaha melakukanbimbingan dan pengawasan terhadap masyarakat tentang tingkahlaku yang benar atau tingkah laku yang tidak dikehendaki olehkhalayak.Menurut
Mochtar Lubis
, di negara-negara berkembang, persmempunyai 5 fungsi:
1.
Fungsi pemersatu
, yaitu memperlemah tendensi perpecahan,baik perpecahan sosial maupun kultur.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Regal liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->