Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
68Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Pernapasan Manusia

Sistem Pernapasan Manusia

Ratings: (0)|Views: 4,958|Likes:
Published by ikikinoko

More info:

Published by: ikikinoko on Feb 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
TUGAS BIOLOGI(SISTEM PERNAPASAN MANUSIA)
DISUSUN OLEH:1.Diki Nanda Pratama
2.
M. Rizky Wahyudi3.Maulana Fadhli4.M. Zazili5.Randhika WiwekaKELAS : XI IPA. 3GURU PEMBIMBING : Karimah S.Pd
 
SMA NEGRI 8 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011
Sistem Pernapasan Manusia
 A.Struktur dan Fungsi Pernapasan Manusia
Alat-alat pernapasan pada manusia meliputi bagian-bagiansebagai berikut:
1.
Rongga Hidung (Cavum Nasalis)
Udara dari luar akan masuk lewat rongga hidung(cavum nasalis).Rongga hidung berlapis selaput lendir, didalamnya terdapat kelenjar minyak (kelenjar sebasea) dankelenjar keringat (kelenjar sudorifera).Selaput lendir berfungsimenangkap benda asing yang masuk lewat saluran pernapasan.Selain itu, terdapat juga rambut pendek dan tebal yang berfungsimenyaring partikel kotoran yang masuk bersama udara. Jugaterdapat konka yang mempunyai banyak kapiler darah yangberfungsi menghangatkan udara yang masuk. Fungsi hidungantara lain:
Menghangatkan udara
Melembabkan udara
Membersihkan udara
2.
Faring
Udara dari rongga hidung masuk ke faring. Faring merupakanpercabangan 2 saluran, yaitu saluranpernapasan (nasofarings) pada bagian depan dan saluranpencernaan (orofarings) pada bagian belakang.Pada bagianbelakang faring (posterior) terdapat laring (tekak) tempatterletaknya pita suara (pita vocalis). Masuknya udara melaluifaring akan menyebabkan pita suara bergetar dan terdengarsebagai suara.
3.
Laring (Pangkal Tenggorokan)
Pangkal tenggorok disusun oleh beberapa tulang rawan yangmembentuk jakun. Pangkal tenggorok dapat ditutup oleh katuppangkal tenggorok (epiglotis). Pada waktu menelan makanan,katup tersebut menutup pangkal tenggorok dan pada waktubernapas katu membuka. Pada pangkal tenggorok terdapatselaput suara yang akan bergetar bila ada udara dari paru-paru,misalnya pada waktu kita bicara. Selain tulang rawan epiglotis juga terdapat tulang rawan tiroid, tulang rawan krikoid, tulangrawan aritenoid, tulang rawan kuneifomis, dan tulang rawankronoculatum.
4.Trakea (Tenggorokan)
Batang tenggorokan terletak di daerah leher didepankerongkongan. Batang tenggorokkan berbentuk pipa denganpanjang 10 cm. dinding trakea terdiri atas 3 lapisan, lapisandalam berupa epithel bersilia dan berlendir. Lapisan tengah
 
tersusun atas cincin tulang rawan dan berotot polos. lapisan luartersusun atas jaringan ikat. Cincin tulang rawan berfungsi untukmempertahankan bentuk pipa dari batang tenggorokkan,sedangkan selaput lendir yang sel-selnya berambut getarberfungsi menolak debu dan benda asing yang masuk bersamaudara pernapasan. Akibat tolakan secara paksa tersebut kitaakan batuk atau bersin.
5.Paru-Paru (Pulmo)
Paru-paru terletak dalam rongga dada diatas diafraghma.Diafraghma adalah sekat rongga badan yang membatasi ronggadada dengan rongga perut. Paru-paru terdiri dari dua bagianyaitu paru-paru sebelah kiri dan paru-paru sebelah kanan. Paru-paru kanan memiliki tiga gelambir sedangkan paru-paru kiriterdiri atas 2 gelambir. Paru-paru dibungkus oleh 2 buah selaputyang disebut selaput pleura. Selaput pleura sebelah luar yangberbatasan dengan dinding bagian dalam rongga dada disebutpleura parietal, sedangkan yang membungkus paru-paru disebutpleura visceral. Diantara kedua selaput terdapat rongga pleurayang berisi cairan pleura yang berfungsi untuk mengatasigesekan pada saat paru-paru mengembang dan mengempis.Cairan pleura berasal dari plasma darah yang masuk secaraeksudasi. Dinding rongga pleura bersifat permeabel terhadap airdan zat-zat lain. Bagian-bagian yang behubungan dengan paru-paru antara lain:
Bronkus (Cabang Tenggorokan)
Ujung tenggorokkan bercabang dua disebut bronchus,yaitu bronchus kiri dan bronchus kanan. Struktur bronchuskanan lebih pendek dibandingkan bronchus sebelah kiri.kedua bronchus masing-masing masuk kedalam paru-paru.Didalam paru-paru bonchus bercabang menjadi bronchiolusyang menuju setiap lobus (belahan) paru-paru. Bronchussebelah kanan bercabang menjadi 3 bronchiolus, sedangkansebelah kiri bercabang menjadi 2 bronchiolus.
Bronkiolus
Bronkiolus tidak mempunyi tulang rawan, tetapi rongganyamasih mempunyai silia dan di bagian ujung mempunyaiepitelium berbentuk kubus bersilia. Pada bagian distalkemungkinan tidak bersilia. Bronkiolus berakhir pada guguskantung udara (alveolus).
 Alveolus
Alveolus terdapat pada ujung akhir bronkiolus berupakantong kecil yang salah satu sisinya terbuka sehinggamenyerupai busa atau mirip sarang tawon. Oleh karenaalveolus berselaput tipis dan di situ banyak bermuara kapilerdarah maka memungkinkan terjadinya difusi gas pernapasan.
B.Proses Pernafasan Manusia
Bernapas meliputi dua proses yaitu menarik napas ataumemasukkan udara pernapasan dan mengeluarkan napas atau

Activity (68)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Agoesz Leo Pardi liked this
Margaret Beatrik liked this
Rizma Ziezie Aritonang added this note
fungsi pernafasan dada dan perut apa yah>>
Farida Maksum Lz liked this
Heny Noy Oktaria liked this
Julita Sari liked this
Fhyra N. Salupa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->