Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
6Activity
P. 1
KTSP_MAN

KTSP_MAN

Ratings: (0)|Views: 296 |Likes:
Published by rizalijal

More info:

Published by: rizalijal on Feb 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2012

pdf

text

original

 
KTSP MAN_PANGKALAN BALAI _KABUPATEN BANYUASIN 
1
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi danbahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatanpembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuanpendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah,satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun olah satuanpendidikan untk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan danpotensi yang ada di daerah .Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragammengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikannasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan,tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaianpendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI)dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikandalam mengembangkan kurikulum.Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di MAN Pangkalan Balai KabupatenBanyuasin apabila kegiatan belajar mampu membentuk pola tingkah laku peserta didiksesuai dengan tujuan pendidikan, serta dapat dievaluasi melalui pengkuran denganmenggunakan tes dan non tes. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melaluipersiapan yang cukup dan terencana degan baik supaya dapat diterima untuk memenuhi :1. Kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global.2. Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia global3. Sebagai proses untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
B. Landasan
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 38Ayat 2 dan Pasal 51 Ayat 1.2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional PendidikanPasal 17 Ayat 2 dan Pasal 49 Ayat 1.3. Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2007, tentang Standar Isi4. Peraturan Mendiknas Nomor 32 Tahun 2007, tentang Standar Kompetensi Lulusan.
 
KTSP MAN_PANGKALAN BALAI _KABUPATEN BANYUASIN 
2
C. Visi, Misi MAN Pangkalan Balai Banyuasin
Visi
TERWUJUDNYA LULUSAN YANG BERPRESTASI AKADEMIK DANBERAKHLAQUL KARIMAH
Misi
1.
Meningkatkan prestasi akademik siswa dalam mencapai target nilai Ujian Nasional2. Meningkatkan keterampilan siswa dalam bidang IPTEK dan IMTAQ3. Meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama.4. Menata Lingkungan fisik.
D. Tujuan Pendidikan Menengah
1. Tujuan Pendidikan Menengah Umum adalah untuk mempersiapkan peserta didikmenuju pendidikan tinggi.2. Tujuan Pendidikan Madrasah Aliyah adalah mempersiapkan peserta didik untuk dapatmelanjutkan pada jenjang perguruan tinggi serta mengatarkan peserta didik menjadimanusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berkepribadian, mengusasai ilmupengetahuan dan teknologi serta mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupanbermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
E. Tujuan Madrasah Aliyah Negeri Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin
1. Berprilaku sesuai dengan ajaran Islam dalam beribadah maupun berhubungan sosial.2. Menunjukkan keterampilan membaca, memahami, memanafsirkan dan mengajarkan Al-Qur’an.3. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihanlingkungan4. Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif dalam pengambilan keputusan.5. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.6. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.7. Mengembangkan diri secara optimal dengan pemanfaatan kelebihan diri sertamemperbaiki kekurangannya.8. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas prilaku, perbuatan danpekerjaannya.9. Menunjukkan kemandirian emosional dan kematangan pribadi.
 
KTSP MAN_PANGKALAN BALAI _KABUPATEN BANYUASIN 
310. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif,dan inovatif.11. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.12. Menunjukkan sikaf kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.13. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.14. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.15. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.16. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.17. Menghargai keragaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalamlingkup global.18. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.19. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secarademokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.20. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis dan berbicara dalam bahasaIndonesia, Inggris dan bahasa Arab21. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya yang Islami.22. Mengapresiasi karya seni dan budaya yang Islami.23. Menghasilkan karya Kreatif, baik individual maupun kelompok.24. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis.25. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->