Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
askep fraktur

askep fraktur

Ratings: (0)|Views: 237 |Likes:
Published by mmosezz
STIK GIA MAKASSAR
STIK GIA MAKASSAR

More info:

Published by: mmosezz on Feb 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2013

pdf

text

original

 
FRAKTUR 
A. PengertianFraktur adalah terputusnya kontinuitas jaringan tulang dan tulang rawang yangumumnya disebabkan oleh ruda paksa.Fraktur clavikula dapat terjadi karena trauma kelahiran atau karena trauma lainseperti trauma kecelakaan lalu lintas. Trauma dapat terjadi secara langsung maupuntidak langsung pada posisi lengan terputar/tertarik keluar (outstretched hand ), dimanatrauma dilanjutkan dari pergelangan tangan sampai Clavikula.Fraktur femur 1/3 proximal adalah fraktur yang terjadi akibat terputusnya jaringankontinuitas pada regio seperti 1/3 proximal femur sinistra dan terjadi kerusakan jaringan lunak meliputi struktur otot dan neurovaskuler.B. EtiologiFraktur dapat disebabkan oleh :Pukulan langsung, gaya meremuk, gerakan pantir mendadak bahkan kontraksi ototekstrim.Faktor penyebab fraktur :-trauma langsung pada tulang-trauma tidak langsung pada tulang-penyakit-penyakit pada tulang-fatigue ( stress fractures )C. Klasifikasi fraktur 1. Fraktur terbuka adalah : fraktur dimana kulit dari ekstremitas yang terlibat telahditembus.2. Fraktur tertutup : Fraktur yang terjadi dimana kulit tidak ditembus oleh fragmentulang, sehingga tempat fraktur tidak tercemar oleh lingkungan.
 
D. FatofisiologiTrauma langsung Trauma tidak langsungTerputusnya kontinuitasJaringan tulang & otot Jaringan lunak sekitar Fraktur terbukaStimulasi Tulang/otot rusak Reseptor nyeriKerusakan kulitPelepasan Cedera vaskuler Terpajan padamediator kimia lingkungan luar o/ mast selEdema >>>transduksiPembentukan thrombustransmisiPenurunan aliran darah Perubahan sirkulasidan sensasimodulasi dipersepsikannyeriKerusakan kerangka Neurovaskuler Tidak mengetahuiSumber informasiImobilisasi tangan salah interpretasiInformasi E. Manifestasi klinik Disfungsi Neurovaskuler perifer 
 
Resti InfeksiKerusakanintegritas kulitKurang pengetahuanGangguanmobilitas fisik  Nyeri
 
Manifestasi klinik fraktur adalah nyeri, hilangnya fungsi, diformitas, pemendekanekstremitas, kripitasi, pembengkakan lokal dan perubahan warna.
 Nyeri terus menerus dan bertambah beratnya sampai fragmen tulangdimobilisasi. Spasem otot yang menyertai fraktur merupakan bentuk bidaialamiah.
Setelah terjadinya fraktur, bagian-bagian tidak dapt digunakan dan cenderung bergerak secara tidak alamiah. Pergeseran fragmen pada fraktur lengan atautungkai menyebabkan deformitas.
Pada fraktur spontan terjadi pemendekan tulang yang sebenarnya karenakontraksi otot yang melekat di atas dan di bawah fraktur.
Saat ekstremitas diperiksa dengan tangan terasa adanya drik tulang dinamakankripitasi, teraba akibat gesekan antara fragmen yang satu dengan fragmenyang lain.
Pembengkakan dan perubahan warna lokal pada kulit terjadi akibat traumadan peredaran yang menguasai.Tidak semua tanda dan gejala tersebut terdapat pada setiap fraktur.F. Komplikasi Fraktur dan Prognosis1. Komplikasi awalKomplikasi awal setelah fraktur adalah syok, yang bisa berakibat fatal dalam beberapa jam setelah cedera : emboli lemak yang dapat terjadi dalam 48 jam ataulebih dan sindrom kompartemen yang berakibat kehilangan fungsi ekstremitas permanen jika tidak ditangani segera. Komplikasi lain : operasi irigasi dandebridemen pada fraktur terbuka harus diulakukan dalam waktu 6 jam setelahterjadi cedera. Untuk mengurangi kemungkinan infeksi, trombo emboli yang dapatmenyebabkan kematian jaringan dan beberapa minggu setelah cedera.2. Komplikasi lambat:Dalam penyembuhan fraktur komplikasi yang bisa muncul adalah :a.Mal union : Sembuh dengan deformitas angulasi, rotasi atau pemendekan.Penyebab adalah kegagalan reduksi dalam masa penyembuhan.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
wivastika liked this
Zheyan Aya liked this
Omay Khan liked this
Riza Fahlefi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->