Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah ekonomi

makalah ekonomi

Ratings: (0)|Views: 208 |Likes:
Published by Sitta A'lamun

More info:

Published by: Sitta A'lamun on Feb 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2014

pdf

text

original

 
BAB IPEBDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah
Pengangguran merupakan masalah ekonomi yangberpengaruh pada kehidupan masyarakat terutama masyarakatIndonesia. Pengangguran ini merupakan salah satu masalah ekonomiyang paling utama.Dewasa ini masalah pengangguran sebagian besardisebabkan karena inflasi. Pengangguran ini merupakan satumasalah yang selalu menjadi perdebatan oleh para politisi dan pakarekonomi di dunia.Jadi dalam penulisan karya ilmiyah ini penulis menjadikanPengangguran sebagai topic utama. Karena topic ini lebih hangt jkadi bahas secara mendalam.
B. Rumusan Masalah
Dalam penulisan karya ilmiyah ini penulis mengambil topicPengangguran dengan judul “Perkembangan Tingkat Penganggurandi Indonesia”. Dengan judul ini penulis ingin merumuskan beberapapertanyaan:1. Masalah pengangguran;2. Perkembangan tingkat pengangguran di Indonesia;3. Cara mengatasi pengangguran.
C. Tujuan Penulisan 
sesuai dengan rumusan masalah, di dalam penulisan karyailmiyah ini Penulis mempunyai tujuan yaitu:1. Agar Pembaca dapat mengetahui lebih dalam
 
masalah pengangguran.2. Agar Pembaca dapat mengetahui perkembangantingkat pengangguran di Indonesia.3. Agar Pembaca dapat mengetahui bagaimana caramengatasi pengangguan yang sampai saat ini belum juga terselesaikan.
D. Metodologi Penulisan 
Dalam penulisan karya ilmiyah ini penulis menggunakanmetode perpustakaan. Dimana disitu lebih mudah dan tidakmemerlukan banyak usaha dan tidak membutuhkan banyak biaya.Selain itu Penulis juga mengambil bahan penulisan dari kran dan jurnal juga beberapa contoh karya ilmiyah. Penulis mengambil contohkarya ilmiyah lain ini dikarenakan Penulis belum pintar dalampembuatan kara ilmiyah.Tidak lupa penulis juga melakukan wawancara denganbeberapa orang terkait dengan masalah. Juga sedikit menyisipkanargument-argument yang didapat dari internet.
 \ 
BAB IIMASALAH PENGANGGURAN
 
 
A. Pengertian PengangguranPengangguran merupakan masalah ekonomimakro.
Pengangguaran menjadi masalah yang berengaruh langsungbagi standart kehidupan dan tekanan psikologis masyarakat.Sehingga masalah pengangguran ini menjadi perdebatan hangat olehpara politikus dan para pakarekonomi. Masalah pengangguran inimenjadi masalah penting yang harus diselesaikan. Menurut parapakar ekonomi masalah pengangguran , saking pentingnyakemudian, mereka merasa bahwa masah ini perlu unuk di telaahdalam kaitannya dengan pengertian dan beberapa penyebabnya.
Pengangguran merupakan salah satu masalah utamadalam perekonomian.
Hampir di Negara manapun di seluruh duniamengalami masalah ini. Walaupun jumlahnya berfluktuasi dari tahunke tahun dan bervariasi dari satu Negara ke Negara lain.
Pengangguran merupakan sekelompok angkatan kerja. 
Pengangguran merupakan suatu keadaan dimana seorang yangtergolong angkatan kerja menginginkan pekerjaan tetapi belumdapat memperolehnya. Seseorang yang tidak bekerja dan tidak inginmencari pekerjaan maka dia tidak tergolong pengangguran. Misalnyaseorang ibu rumah tangga yang hanya ingin mengurus keluarganya,seorang anak orang kaya yang tidak maw bekerja karena gajinyalebih rendah dari yang diinginkannya. Ibu rumah tangga dan anakorang kaya ini tidak termasuk penganggura tetapi penganggursukarela. Menurut Nur Febriani Lucky seorang mahasiswa fakultasadab Universitas UIN SUKA menyatakan bahwa “pengangguranmerupakansekelompok angkatan kerja yang menganggur termasukdidalamnya orang yang sedang mencari pekerjaan dan orang yangtidak mencari pekerjaan
[1]§
. Sedangkan menurut pendapat Teddy

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
aal liked this
dinkas liked this
Glory Tyas liked this
Eriek Dot Net liked this
Asse Ogi liked this
Nabenlyn Bren liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->