Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
40Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsumsi dan Produksi

Konsumsi dan Produksi

Ratings: (0)|Views: 4,315 |Likes:
Published by Susanti Gojali
its just my school work
its just my school work

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Susanti Gojali on Feb 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/02/2013

pdf

text

original

 
Konsumsi dan Produksi
1.KonsumsiPengertian dalam ilmu ekonomi:Konsumsi adalah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi ataumenghabiskan faedah suatu benda(barang dan jasa) dalam rangkapemenuhan kebutuhan.
Ciri-ciri dan Pembagian Benda Konsumsi
* Ciri-ciri benda konsumsi:a. Benda yang untuk mendapatkannya diperlukan pengorbanan, contoh : makanperlu uang, menghirup udara bukan benda konsumsi karena itu didapatkansecara gratis.b. Benda itu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.Contoh : makan untuk bertahan hidupc. manfaat,nilai ataupun volume benda-benda yang digunakan tersebut akanhabis sekaligus atau berangsur –angsur.
*
Pembagian benda Konsumsi:a. Benda habis dalam sekali pemakaincontoh: makanan,minuman, obat-obatanb, Benda yang pemakainnya berulang-ulang/relatif lamacontoh : baju,tas,sapuTujuan kegiatan konsumsi:Memenuhi kehidupan secara langsung2.Teori Perilaku Konsumsi
o
Konsep pilihan-konsep pilihan Adalah perilaku mendasar dari konsumen dengantujuan mencapai utilitas yang maksimal dari pemakaian benda yangdikonsumsinya.-Utilitas/Utility adalah derajat seberapa besar sebuah barang atau jasa dapat memuaskan kebutuhan seseorang. Dapat diartikansebagai kepuasan.
 
- utilitas berkaitan dengan ukuran kepuasan dari penggunaan barangatau jasa maka utitas disebut juga nilai guna.
1.
Pendekatan KardinalPendekatan kardinal disebut juga pendekatan marginal utility.Pendekatan kardinal dalam analisis konsumen didasarkan pada asumsi bahwa:Tingkat kepuasaan yang diperoleh komsumen dari konsumsi suatu barang dapatdiukur dengan satuan tertentu seperti uang,jumlah atau buah. Jadi, semakinbesar jumlah barang yang dikonsumsi,semakin besar pula tingkat kepuasankonsumen.Dalam penilitian Herman Heinrich Gossen adanya nilai guna total dan nilai gunamarginal dalam hukum Gossen I dan IINilai guna total( total utility) adalah kepuasan total yang dinikmati olehkonsumen dalam mengkonsumsi barang atau jasa tertentu secara keseluruhan,Nilia guna marjinal/ kepuasan marjinal(marginal utility) adalah tambahankepuasan yang dinikmati oleh setiap konsumen dari setiap tambahan barangatau jasa yang dikonsumsinya.
Hukum Gossen 1
Bunyi:Jika pemenuhan kebutuhan akan suatu jenis barang dilakukan secara terusmenerus,maka rasanya nikmat pada mula-mula akan tinggi, namun semakin lamakenikmatan tersebut semakin menurun sampai akhirnya mencapai batas jenuh.Dikemukakan oleh William Stanley Jevons( Inggris)Hukum ini juga disebut hokum nilai guna marjinal yang semakin menurun.
Hukum Gossen II
Bunyi:Konsumen akan melakukan konsumsi sedenikian rupa sehingga nilai marjinalsetiap barang dan jasa yang dikonsumsi memiliki nilai yang sama.
 
2. PENDEKATAN ORDINALPendekatan ini digunakan karena pendekatan kardinal memiliki kekurangan, antaralain pendekatan kardinal bersifat subjektif dalam penentuan nilai guna total dannilai guna marjinal.Pendekatan ordinal digunakan menggunakan kurva indiferensi yang pertama kali digunakan oleh ekonom inggris Francis Ysidro Edgeworth padatahun 1881,dan dikembangkan oleh ekonom Italia Vilfredo Pareto tahun1906.Kurva indiferensi adalah kurva yang menunjukan berbagai titik kombinasidua barang yang memberikan kepuasan yang sama. Ada 4 asumsi untuk mengukurkepuasan konsumen melalui kurva indiferensi.1.konsumen mempunyai pola preferensi akan barang-barang konsumsi yangdinyatakan dalam bentuk peta indiferensi (indifference map)2.konsumen mempunyai pendapatan tertentu.3.konsumen berusaha mendapat kepuasan max dari barang barang yangdikonsumsinya.4.kurva indiferensi yang semakin jaub dari titik nol (origin)menggambarkan kepuasan yang semakin tinggi.Setiap titik kombinasinya menunjukan tingkat kepuasan yng sama.dapat jugadiubah ke grafik.Ciri ciri kurva indiferensi :
1.
memiliki kemiringan yang negatif (negatively-slopped). Hal ini karena jika jumlah suatu barang dikurangi, jumlah barang yang lain harus ditambahagar diperoleh kepuasan yang sama.2.kurva indiferensi tidak salng berpotongan.tidak mungkin terjadiperpotongan.3.cembung terhadap titik nol.C. PRODUKSII. PengertianProduksi adalah kegiatan menciptakan benda baru sehingga lebihbermanfaat dalam memebuhi kebutuhan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->