Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pilar Dalam Menulis Berita

Pilar Dalam Menulis Berita

Ratings: (0)|Views: 38|Likes:
Published by asepsetia
Dasar-dasar dalam menulis berita
Dasar-dasar dalam menulis berita

More info:

Published by: asepsetia on Feb 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2012

pdf

text

original

 
Pilar dalam menulis berita
Oleh Asep SetiawanSebuah berita ditulis tidak hanya karena merupakanperistiwa besar. Lebih dari itu berita disampaikanterutama melalui tulisan merupakan bagian dari kerja jurnalistik menyampaikan informasi penting bagimasyarakat. Dengan informasi ini dalam bentuk paket berita masyarakat bisa memahami apa yang terjadi disekitarnya dan bertindak berdasarkan informasi darimedia massa itu.Oleh sebab itulah, ada beberapa pilarpenting dalam penulisan berita.
1. Akurasi.
 Sebagai seorang wartawan, dia memiliki banyak kekuasaan. Apa yang ditulisnya bisamempengaruhi keputusan orang lain. Tulisannya banyak dibaca orang. Taruhlah sebuahkoran dengan oplah 200.000 eksemplar per hari maka berapa banyak orang yangmembacanya. Dengan angka seperti itu pula, berapa banyak orang yang terpengaruh olehlaporan berita yang ditulis seorang jurnalis. Oleh sebab itulah maka akurasi, ketepatanmenulis berita haris bisa ditegakkan. Akurasi dalam nama, tempat, peristiwa, waktu danketerangan saksi dalam berita itu menjadi pilar penting. Tanpa akurasi, media massa tidak dapat dipercara. Jika tidak dapat dipercaya maka akan ditinggalkan pembacanya, tinggalmenunggu mati. Sekali lagi akurasi adalah penting sekali dalam sebuah berita.
2. Jelas.
 Berita yang diturunkan sebuah media berfungsi memaparkan dengan jelas sebuah berita.Jelas itu bisa tercermin dari kalimat-kalimat yang pendek. Pilihan kata yang tepat sertaurutan yang logis. Berita tidak meloncat-loncat tetapi terurut rapi. Tentu saja bukan hal yang mudah menurunkan berita yang jelas tetapi juga bernilai bagi pembacanya. Kejelasanitu juga tidak menghilangkan daya tarik sebuah berita untuk dibaca. Jelas disini juga tidak mengorbankan gaya dari penulisan berita. Prinsip penulisan 5 W dan 1 H akan memberikanlandasan dalam penulisan berita.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->