Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sku Tingkat Penggalang Ramu

Sku Tingkat Penggalang Ramu

Ratings: (0)|Views: 2,814 |Likes:
Published by yana_damian

More info:

Published by: yana_damian on Feb 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/13/2014

pdf

text

original

 
SKU TINGKAT PENGGALANG RAMU
Syarat No. 1
 
Rajin dan giat Mengikuti latihan Pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 6 kali latihanberturut-turut.
 
y
 
Pembina dapat menghitung kehadiran (Presensi) anggota penggalangnya dengan melihat pada buku-buku administrasi regu atau buku kehadiran pasukan. 6 kali kehadiran berturut-turut sejak diterimanya anggota tersebut dipasukan penggalang (dilantik Menjadi Penggalang)
Syarat No. 2
 
Hafal dan mengerti isi Dasa Dharma dan Trisatya
 
y
 
D
asa
D
harma dan Tri Satya adalah merupakan kode kehormatan bagi setiap anggota pramuka.sehingga layak menjadi persyaratan awal untuk meraih tanda kecakapan. Pembina pertama-tama dapat menanyakan kesiapan penggalang dan menghafal
D
asa
D
harma dan Trisatya. Barumenanyakan tentang isinya, apa kewajiban di dalam Trisatya itu dan apa bentuk-bentuk  pengalaman dari
D
asa
D
harma itu? (Untuk Lebih Lengkap Buka Link ini)
Syarat No. 3
 
Dapat memberi salam pramuka, dan tahu maksud dan penggunaanya.
 
y
 
Salam adalah suatu tanda antara orang-orang yang terhormat.
D
apat memberi salam kepadaorang lain adalah suatu kehormatan yang istimewa. Memberi salam itu hanya menyatakan bahwa kita bermaksud baik terhadap orang lain.
D
an tidak ada maksud kita merendahkan diri(seperti pada jaman perbudakan atau abdi dalem)
y
 
J
adi maksud salam pramuka adalah untuk memberikan penghormatan orang lain, mendekati tali persaudaraan dan silaturahmi.
J
enis-jenis Salam, ada tiga yaitu :1.
 
Salam
J
anji, yaitu tanda penghormatan yang dilakukan setiap anggota Pramuka sewaktuTrisatya dibacakan (semisal dalam acara pelantikan/ulang
J
anji).2.
 
Salam Hormat, yaitu tanda penghormatan yang diberikan para anggota Pramuka yang ditujukankepada Pramuka tertinggi (Bapak Presiden), Bendera Kebangsaan Merah Putih, Tamu-tamunegara, dan jenazah.3.
 
Salam Biasa, yaitu tanda penghormatan yang diberikan atau disampaikan kepada sesamaanggota pramuka.
Syarat No.4Tahu Arti Lambang Gerakan Pramuka
 Seperti juga organisasi kepanduan memiliki tanda atau lambang begitu pula dengan GerakanPramuka. Tiap-tiap lambang mempunyai makna. Begitu pula dengan lambang GerakanPramuka yang kita miliki. Lambang gerakan pramuka adalah Silhoute (Bayangan TUNASKELAPA) sebagai tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita-cita setiap anggota GerakanPramuka.Lambang tersebut diciptakan oleh Bapak Soehardjo Admodipura, seorang pembina Pramukayang aktif bekerja di lingkungan
D
epartemen Pertanian dan kemudian digunakan sejak 16Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional GerakanPramuka No. 06/KN/72 tahun 1972 yang dikluarkan pada tanggal 31
J
anuari 1927.
Bentuk dan Arti Kiasan
 Bentuk lambang gerakan pramuka itu adalah Silhouette tunas kelapa. Arti kiasanlambang gerakan pramuka :
 
1.Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru.
J
adi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsunganhidup bangsa Indonesia.2.Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga.
J
adi lambang itumengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat,kuat, dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalammenempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia.3.Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalammenyesuaikan diri dalam mesy dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.4.Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi diIndonesia.
J
adi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggidan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkanoleh sesuatu.5.Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah.
J
adi lambang itu mengkiaskan tekad dankeyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diriguna mencapai cita-citanya.6.Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya.
J
adi lambang itumengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dankegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia serta kepadaumat manusia.
Penggunaan Lambang
 Lambang gerakan pramuka dapat digunakan pada panji, bendera, papan nama kwartir dansatuan, tanda pengenal administrasi gerakan pramuka. Penggunaan tersebut dimaksudkansebagai alat pendidikan untuk mengingatkan dan meningkatkan kegiatan gerakan pramukasesuai dengan kiasan yang ada pada lambang gerakan pramuka tersebut.Gambar lambang gerakan pramuka
Syarat No.5Tahu cara menggunakan bendera kebangsaan Indonesia, sejarahnya dan tahu arti kiasanwarna-warnanya.
 Cara penggunaan bendera kebangsaan Indonesia, adalah :1.
 
D
ikibarkan dari pagi hari sampai petang (kurang lebih antarapukul 06.00 - 18.00 W1B).2.
 
Untuk mencegah dari kerusakan atau kotor, bendera merah Putih dapat diturunkan jika turunhujan lebat.3.
 
Bendera Merah Putih dikibarkan selalu lebih tinggi dibandingkan bendera-bendera orginisasilainnya (bendera pramuka. bendera kepanduan, bendera OSIS, dan sebagainya). Tetapi benderamerah Putih dikibarkan sejajar jika dikibarkan bersama-sama bendera negara-negara lain.4.
 
Bendera Merah Putih dikibarkan selalu paling kanan,
J
ika dibuat untuk hiasan atau lainnya,warna merah ditempatkan di sebelah kanan warna kiri.5.
 
Bendera Merah Putih tidak boleh kotor, digambari, dicorat-coret.6.
 
Bendera Merah Putih tidak boleh menyentuh tanah.7.
 
Bendera Merah Putih selalu disimpan di tempat yang baik dan bersih.8.
 
Pengibaran bendera merah Putih yaitu pada hari-hari besar nasional.9.
 
Cara pengibaran setengah tiang dilakukan jika pada hari berkabung. Caranya adalah benderadinaikkan sampai ke puncak tiang bendera, baru kemudian. diturunkan sampai setengah tiang.
D
emikian pula cara menurunkannya,bendera Merah Putih dinaikkan terlebih dahulu ke puncak tiang bendera baru kemudian diturunkan.10.
 
Bendera Merah Putih jika dipergunakan sebagai penutup peti jenazah. Maka warna merahdiletakkan di sebelah kanan jenazah.Sejarah bendera Merah Putih, penggunaan bendera Merah Putih sudah terilhami oleh sejaran nenek moyang bangsa kita. Pada jaman kerajaan Majapahit, sudah ada yang namanya bendera berwarnaMerah Putih, kemudian ada pasukan yang namanya gula kelapa yaitu pasukan yang menggunakan pakaian berwama merah dan putih.
 
 Pada masa pergerakkan. warna merah dan putih ini sering dipakai sarana perjuangan dengan cara pemasangan hiasan/dekorasi di ruangan-ruangan pertemuan (seperti misalnya pada acara KongresPemuda II). Banyak organisasi-organisasi kepemudaan/pergerakkan yang menggunakan wania merahdan putih, seperti misalnya PNI.Bendera Merah Putih pertama kali dijahit oleh ibu Fatmawati (istri Presiden R 
J
pertama Ir. Soekarno).
D
ikibarkan pertama kali oleh Latief Hendraningrat di halaman Gedung yang dipergunakan untuk mengumandangkan teks proklamasi yaitu di
J
alan Pegangsaan Timur no. 56
J
akarta. Kemudian secararutin setiap tahunnya bendera Merah Putih yang sekarang disebut bendera pusaka dikibarkan dihalaman istana negara setiap tanggal 17 Agustus, dan karena usianya yang sudah cukup tua. Bendera pusaka kemudian digantikan dengan bendera duplikat pusaka. Bendera pusaka disimpan di ruang sunyidi Monumen Nasional (Monas)
J
akarta.Kiasan warna-warna bendera Merah Putih, adalah :Merah berarti berani dan Putih berarti suci atau bersih, jadi arti kiasan warna-wania beridera MerahPutih adalah bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berani karena dilandaskan kebenaran. Tidak memaksakan kehendak pada negara lain. menjaga ketertiban dan persaudaraan dunia.
Syarat No. 6
 a.
Dapat dengan hafal menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bait pertama di mukaPasukan Penggalang atau di muka pendengar-pendengar lain, dan tahu sikap yang harasdilakukan jika lagu kebangsaan diperdengarkan atau dinyanyikan pada suatu upacara.
  b.
Tahu sejarah lagu kebangsaan Indonesia Raya.
 Sikap yang harus diperlihatkan setiap anggota Pramuka jika mendengar lagu kebangsaan adalah dengansikap siap sempurna, mendengarkan dengan hidmat dan mengikuti lagu dari awal sampai akhir.Pembina dapat mencoba anggota penggalang dalam upacara pembukaan latihan, upacara pelantikan,dan sebagainya. Atau jika anggota Pramuka mengikuti upacara di sekolah sebagai anggota barisanaubade (kelompok paduan suara).Lagu kebangsaan Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman seorang anggota organisasikepemudaan yang aktif sebagai seorang wartawan. Lagu ini pertama kali dikumandangkan pada pertemuan Kongres Pemuda II tahun 1928 (ingat Sumpah Pemuda), dengan menggunakan alat musik  biola. Pada waktu itu banyak peserta kongres yang sempat menitikkan air mata ketika mendengar laguIndonesia Raya. Lagu kebangsaan kemudian diatur dalam pasal 36 UU
D
1945.
Syarat No.7
 
Hafal Pancasila. dan tahu artinya.
 ->Pancasila1. Ketuhanan Yang Maha Esa2. Kemanusiaan yang adil dan beradab3. Persatuan Indonesia4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.Pancasila adalah dasar Negara kita seperti tercantum didalam pembukaan UU
D
1945 alinea 4.Kemudian untuk memudahkan pengamalannya di dalam kegiatan sehari-hari. Berdasarkan Tap MPR  No. II/MPR/1978 dikeluarkanlah Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P-4) atau disebut juga Eka Prasetya Pancakarsa.
36 butir-burir Pengamalan Pancasila :
 
 I. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
 1. Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masingmenurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.2. Hormat menghormati dan bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Aisyah Shania added this note
jhhfhj
Aditya Likeasich added this note
kok massih yang lama yang baru gmanan ?
Dwi Aninda liked this
Nenk Geulis liked this
Irull Naufal liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->