Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Catatan Kelas VII Bag 2

Catatan Kelas VII Bag 2

Ratings: (0)|Views: 1,297|Likes:
Published by Bernadeta Yosefani

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Bernadeta Yosefani on Feb 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/27/2013

pdf

text

original

 
CATATAN PELAJARANAGAMA KATOLIK KELAS VIISMPN 2 PURWOKERTO
PELAJARAN 4 : KEMAMPUANKU TERBATAS
1.Setiap orang mempunyai keterbatasan dalam hidupnya. Ada berbagaiketerbatasan dalam hidup seseorang :a.Keterbatasan fisik : cacat, buta, pincang dan sebagainya.b.Keterbatasan kemampuan intelektual : berpikir lambat, susahmenganalisa masalah, IQ rendah dan sebagainya.c.Keterbatasan psikologis : pemalu, bersikap tertutup, ingin menangsendiri, pemarah dan sebagainya.d.Keterbatasan ekonomis : miskin, tidak punya biaya, tidak punyamodal dan sebagainya.e.Keterbatasan sistem budaya : larangan bagi perempuan untuksekolah, menikah usia dini, dijodohkan dan sebagainya.2.Sikap orang dalam menghadapi keterbatasan :a.Minder.Sikap minder mengakibatkan :
Hidup menjadi beban dan merasa tidak beruntung
Sukar bergaul dan menyesuaikan diri dengan orang lain
Iri hati, cemburu, dan menganggap orang lain lebihberuntung daripada dirinya sendiri
Memandang Tuhan tidak adil terhadap dirinya.b.MunafikSikap munafik mengakibatkan :
Berusaha menutupi kekurangan sendiri dengan berbagai cara
Menjilat atasan dan menekan bawahan3.Sikap yang perlu dikembangkan dalam menghadapi kekurangan :a.Menerima diri bahwa mempunyai kekurangan dan menyadaribahwa orang lain juga mempunyai kekurangan seperti diri kita.b.Tidak menjadikan kekurangan sebagai alasan untuk tidakberkembang dan mencapai sukses.4.Dalam Markus 4:35-41 diceritakan sikap positif para murid Yesus dalammenghadapi keterbatasan. Mereka tidak bersikap minder atau munafik,melainkan datang minta pertolongan pada Tuhan Yesus. Mereka yakinbahwa Tuhan Yesus akan membantu mereka.5.Keterbatasan dapat diatasi dengan cara :a.Saling membantu dan bekerja sama. Dengan bekerja sama kitadapat saling melengkapi satu sama lain.b.Berlatih dan bekerjasama dengan orang lain.c.Berdoa mohon pertolongan pada Tuhan.
PELAJARAN 5 : SYUKUR ATAS HIDUP
1.Ada berbagai pandangan mengenai hidup :a.Hidup dipandang sebagai beban beban berat atau kutukanPandangan ini biasanya muncul dari orang yang dalam hidupnyasering mengalami kegagalan, kekecewaan, bencana danpenderitaan. Pandangan hidup ini membuat orang cepat putus asa,
 
ketakutan dan kekawatiran, takut gagal, iri hati dan cemburu padakeberhasilan orang lain dan menyalahkan Tuhan yang dianggaptidak adil.b.Hidup dipandang sebagai takdirManusia seolah-olah hanya wayang yang menjalankan peran karenadigerakkan, diperintah oleh Sang Pencipta. Ia tidak mempunyai hakapa-apa untuk menentukan dan menjalankan hidupnya.Pandangan ini membuat orang cepat pasrah menyerah dan tidakkreatif. Ia hanya menunggu dan tidak proaktif.c.Hidup sebagai seni.Hidup itu sungguh indah karena mengandung berbagai warnakehidupan : suka duka, kegagalan dan keberhasilan, penderitaandan kebahagiaan dan sebagainya. Orang yang berpandanganseperti ini menjalani hidup dengan kreatif, mau mencari terobosan-terobosan baru, tidak cepat puas tetapi juga tidak cepat sombong,mau bekerja keras dan tidak mudah putus asa dan menyerah.2.Kisah sepuluh orang kusta dalam Lukas 17:11-19 menggambarkan orangyang mau beryukur atas berkat yang diterimanya dalam hidup. Darisepuluh orang yang disembuhkan oleh Yesus hanya satu orang saja yangmau kembali dan beryukur kepada Allah. Orang itu adalah orang Samariayang dikenal sebagai orang kafir yang tidak mau menyembah Allah.3.Banyak cara dapat dilakukan untuk bersyukur :a.Memuliakan Allah dengan berdoa atau beribadat baik secara pribadimaupun bersama dengan orang lain.b.Menolong sesama yang menderitac.Berusaha hidup lebih baikd.Memelihara kehidupan dengan cara hidup sehat, menjagakebersihan, menjauhi obat-obat terlarange.Menjaga kehidupan orang lain seperti yang dilakukan oleh Mother Theresa dari Calcuta.
PELAJARAN 6 : AKU DICIPTAKAN BAIK ADANYA SEBAGAILAKI-LAKI ATAU PEREMPUAN
1.Pada umumnya remaja mempunyai kebanggaan terhadap keberadaandirinya sebagai perempuan dan laki-laki. Sayangnya kebanggaan itusering disertai dengan sikap terlalu membanggakan diri yangmengakibatkan tumbuhnya pandangan yang negatif terhadap lawan jenis.Remaja laki-laki memandang perempuan itu cengeng, lemah dan terlalumengedepankan perasaan. Sementara remaja perempuan menganggaplaki-laki itu keras, kasar dan mengedepankan otaknya saja.2.Perbedaan laki-laki dan perempuan paling mudah dikenali melalui hal-halyang bersifat fisik-biologis, terutama melalui perbedaan kelamin. Selain ituperbedaan juga dapat dikenali melalui sikap, kebiasaan atau karakter.3.Dalam Kitab Kejadian 1:26-28 diceritakan bahwa sejak semula Allahmenciptakan manusia laki-laki dan perempuan. Masing-masing dilengkapidengan kebaikan dan keindahan. Allah mengasihi keduanya. Hal inimenunjukkan bahwa di mata Allah manusia itu sangat berharga.4.Dari Kitab Kejadian 2:18-25, kita mengetahui bahwa keberadaan laki-lakidan perempuan bersifat komplementer, yaitu saling melengkapi. Merekasaling membutuhkan dan saling tergantung satu sama lain. Laki-laki tidakbisa hidup tanpa perempuan dan perempuan tidak bisa hidup tanpa laki-
 
laki. Sulit membayangkan apa yang terjadi bila dunia ini hanya berisi laki-laki atau perempuan saja.
PELAJARAN 7 : PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI SEDERAJAT
1.Dalam kehidupan sehari-hari kadang-kadang masih dijumpai anggapanbahwa laki-laki lebih tinggi derajatnya dibanding perempuan. Hal initerjadi dalam masyarakat dengan sistem budaya patriarkhi, yaitu budayayang memandang kedudukan laki-laki lebih penting dibandingkankedudukan perempuan.2.Pada jaman Yesus, orang Yahudi juga mempunyai pandangan bahwaperempuan mempunyai kedudukan dan peranan yang lebih rendahdibandingkan dengan laki-laki. Perempuan menjadi kaum nomor duadalam tatanan masyarakat. Dalam bidang pemerintahan hampir semuabidang dikuasai oleh laki-laki.3.Padahal laki-laki dan perempuan itu sederajat. Kesederajatan laki-laki danperempuan tidak hanya menyangkut prosentase keterwakilan dalanpekerjaan, dalam pemerintahan dan sebagainya. Tetapi kesederajatanlebih menyangkut masalah pemberian kesempatan untukmengembangkan dan mengaktualisasikan diri seluas-luasnya tanpakekangan.4.Cerita-cerita dalam Kitab Suci menunjukkan bahwa wanita dianggapsebagai warga kelas dua. Misalnya :a.Kisah perempuan yang berbuat doa dan dihakimi secara sepihakoleh orang banyak banyak tanpa melihat bahwa laki-laki jugaberdosa (Yoh 8:2-11).b.Pertemuan-pertemuan yang diberlakukan dalam pertemuan jemaatmenunjukkan betapa kaum perempuan terpinggirkan, kurang diberitempat (1Kor 14:26-40, 1Tim 2:11-14).5.Yesus sangat menghargai dan membela perempuan. Misalnya :a.Yesus memperlakukan perempuan yang berzinah secara manusiawi(Yoh 8:2-11)b.Yesus memuji seorang perempuan Kanaan yang percaya (Mrk15:21-28).
PELAJARAN 8 : SEKSUALITAS SEBAGAI ANUGERAH ALLAH
1.Pembagian manusia ke dalam dua jenis kelamin, yaitu laki-laki danperempuan disebut seks. Sementara seksualitas adalah keseluruhan yangmenyangkut ciri kelaki-lakian atau keperempuanan yang ada padamanusia, baik menyangkut segi fisik, mental, maupun spiritualitasnya.Seks hanyalah merupakan bagian dari seksualitas.2.Perbedaan laki-laki dan perempuan dapat dilihat dari segi-segi berikut :a.Perbedaan Tubuh
Laki-laki : badan lebih tinggi, tulang-tulang lebih besar, otot-otot lebih kuat dan padat, bahu besar daripada pinggul, kulitlebih kasar dan banyak ditumbuhi bulu.
Perempuan : tidak terlalu tinggi, lebih berisi, mukanya bulatdan lembut, pinggul lebih besar daripada bahu, buahdadanya menjadi besar ketika ia tumbuh dewasa, dankulitnya halus.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->