Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pertanyaan tentang OMSK

Pertanyaan tentang OMSK

Ratings: (0)|Views: 1,047 |Likes:
Published by syahmibest

More info:

Published by: syahmibest on Feb 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/13/2013

pdf

text

original

 
Pertanyaan tentang OMSK 
1)
 
Q: Saya mengalami gangguan pendengaran. terkadang bisa mendengar normal jikatelinga basah dan jika telinga kering pendengaran tidak normal. Saya heran, jika sayamakan dan berkeringat. Saya tidak tahu dari mana airnya itu keluar dan dari mana telingaitu basah tersendiri. Saya sudah makan obat pengering yang diberi oleh resep dari dokter tht. tapi hasilnya tetap begitu. Bagaimana cara mengatasinya?A: Kalau melihat gejalanya sepertinya gendang telinga tersebut berlobang/robek. Jadi pada saat berair/basah pada gendang telinga yang robek terbentuk lapisan tipis air yangmenutup lobang yang robek, pendengaran pun jadi agak lebih baik.Untuk mengatasi agar telinga tidak sering berair, telinga harus dijaga jangan terlalu sering dan dalam kalaudibersihkan/dikorek-korek, jangan sampai masuk air ke dalam lubang telinga dan jika batuk pilek harus segera diobati2)
 
Q: saya mengalami telinga berair sejak masih SD.dan kata dokter gendang telinga sayasudah berlubang besar, yang saya tanyakan,kira-kira bisakah telinga saya di betulkankembali spt semula? apakah dengan jalan operasi/transplantasi bisa dilakukan? kira kira berapa biaya untuk operasi tersebut? kebetulan posisi saya di semarang,dokter manakahyang bisa saya rujuk? atas jawabannya saya ucapkan terima kasihA: Pada gendang telinga bisa dilakukan operasi penutupan, namun tergantung besar kecilnya lubang.Jika lubang sudah terlalu besar atau hampir tidak ada sisa dari gendangtelinga, operasi lebih sulit lagi.Yang paling penting sebelum operasi telinga harus benar- benar sudah sembuh, dan perawatan setelah operasi harus rutin dan teratur untuk mengurangi infeksi (ini yang juga menjadi keberhasilan operasi) karena ibaratmencangkok, kita harus menunggu hasilnya tumbuh apa tidak.Gendang telinga yangrobek dan telah mengalami infeksi yang berulang kali dan lama, biasanya pendengaran juga sudah berkurang jauh, dan biasanya operasi penutupan gendang telinga umumnyauntuk mengurangi / menghilangkan infeksi berair tersebut, bukan tujuan utamamemperbaiki pendengaran. Tapi jika gendang telinga belum lama robek dan jaranginfeksi biasanya pendengaran bisa bagus kembali.
 
3)
 
Q: hallo dok selamat malam .perkenalkan nama saya ratno,dok telinga saya berair disebelah kanan dan tidak berfungsi pendengarannya.sejak masih SD dan sampaisekarang belum pernah di obati.saya cuma membersihkan telinga pakai cotton bud dan bulu ayam untuk mengurangi air di dalam telinga . bagaimana caranya mengobati telinga saya itu dok,saya umurnya udah 24 tahun .terimakasih banyak atas segala sarannya.A: Melihat gejala yang ada sejak dulu (SD), sepertinya gendang telinga sudah mengalamikebocoran/robek.Pendengaran yang berkurang diakibatkan karena telinga sudah terlalusering berair, karena setiap telinga berair/infeksi akan menginfeksi tulang-tulang pendengaran (menjadi rusak) di dalam telinga bagian tengah.Sebaiknya kurangimembersihkan telinga dengan cotton bud dan bulu ayam, jaga telinga supaya tidak sering berair lagi Lebih baik sekali-sekali konsultasi ke dokter THT, untuk melihat gangguan pada telinga tersebut.4)
 
Q: apakah gendang telinga robek bisa sembuh ?A: Gendang telinga jika robek kecil kemungkinan besar akan menutup kembali, dengansyarat tidak ada infeksi, hanya lama penutupan bisa 1
 – 
3 bulan, kadang lebih.Jika robek cukup besar, bisa dilakukan operasi pentupan gendang telinga.5)
 
Q: dok,2 hari yang lalu pas saya mandi,telinga saya kemasukan air,saya coba keluarin tptdk kerasa airnya keluar,dan sdh tdk terasa kemasukan air lagi.tp kemaren terasa kayak kemasukan air lagi malah lebih parah,saya mencoba keluarin tptdk bisa,dan pagi ini saya merasa telinga saya hampa sekali,saya juga panik sekali pagiini,ntar ke d0kter, saya sekarang kelas 2 SMA,tapi dulu pas kelas 6 SD saya juga pernahngalamin hal spt ini.apakah ada penyembuhannya?A: Jadi kemungkinan pada saat itu ada kotoran telinga dan pada waktu dibersihkan bisa jadi kotoran terdorong ke dalam atau kulit liang telinganya jadi lecet, besoknya lubangtelinga bengkak dan berair lagi karena lecetnya.Harus dibawa ke dokter untuk mengecek dan membersihkan lubang telinga dan sekalian melihat gendang telinganya, mudah-mudahan tidak sampai robek.
 
6)
 
Q: salam kenal dok,selaput gendang saya berlubang dan dibelakang daun telinga ada benjolan(kelenjar ludah) yang semakin membesar.dokter sudah menyarankan untuk operasi.kata dokter benjolannya bisa di angkat sekalian.yang jadi pertanyaan saya adaefek sampingnya gak setelah di operasi.dan apa penyebab dari kelenjar ludah yangmembesar.ngak sakit sih, hanya takut aja kok tambah besar kira2 dimeternya -+3cm.A: Mudah-mudahan gendang telinga yang robek bisa menutup kembali. Benjolan di belakang telinga memang tidak berbahaya, kemungkinan memang kelenjar lemak yangterperangkap, kalau tidak diangkat mungkin akan bertambah besar atau jadi mengeras,dan kalau diangkat harus semuanya (bersama cangkangnya/kapsulnya) supaya tidak kambuh lagi. Penyebabnya kadang tidak diketahui secara jelas, bisa karena adanya bekasinfeksi/luka/lecet.7)
 
Q: apakah berbahaya membersihkan telinga dengan bulu ayam?A: Sebaiknya sih jangan dikorek pake bulu ayam atau sejenisnya karena bisa berbahaya jika kena gendang telinga. Mungkin sabar sedikit jika peradangan berkurang pendengaranakan pulih kembali.8)
 
Q: sejak kemarin setiap kali makan (mengunyah) teling saya kok seperti kemasukan air ya tapi untungnya ga terasa sakit? padahal saya tidak habis berenang dan tidak habiskorek2 kuping? apa karena saya sedang flu berat ya seminggu ini?A: Melihat gejalanya sepertinya memang akibat flu berat, karena antara hidung dantelinga ada saluran (disebut tuba eustachius), yang menutup akibat flu tersebut (sepertikalau kita naik pesawat terbang kadang telinga seperti terasa tertutup khan..).Akibatsaluran (eustachius) itu tertutup, terjadi tekanan negatif di ruang telinga tengah kita,sehingga lama kelamaan akan menarik cairan ke dalamnya, hanya kadang tidak sakit jikatidak infeksi.9)
 
Q: selamat pagi dok.. saya mau nanya sudah 2 minggu ini telinga saya tidak nyamansekali.. berawal dari saya membersihkan telinga dengan cutton bud dan mungkin karenaterlalu dalam mengoreknya jd keluar darah. tp setelah itu keluar cairan lengket bewarnaagak coklat dan berbau.saya bersihkan tapi keesokan harinya keluar lg ,jika tidak di bersihkan risih dan keluar sesuatu bewarna putih agak kekuning-kuningan . blm pernah

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Don Morrison liked this
Don Morrison liked this
Ratna Devi Ho liked this
Faust8656 liked this
Ida J Ismail liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->