Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Mikrobiologi Lingkungan 1

Makalah Mikrobiologi Lingkungan 1

Ratings: (0)|Views: 1,385 |Likes:
Published by Fikri Azwari Hyt

More info:

Published by: Fikri Azwari Hyt on Feb 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Dewasa ini masalah lingkungan terasa semakin memburuk. Akibat dan dampak dari berbagai aktivitas manusia banyak mengakibatkan degradasi lingkungan karena tidak diimbangi dengan langkah-langkah penyelamatan lingkungan. Dampak buruk inirupanya memancing gerakan sosial berupa penyelamatan lingkungan semakin marak.Dampak negatif terhadap lingkungan yang dimaksud berupa sampah. Masalah sampahmerupakan masalah yang dihadapi manusia dari jaman dahulu hingga sekarang.Sampah menurut jenisnya dapat dibedakan menjadi dua yakni sampah organik dansampah non-organik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikandekomposer, sehingga jika didiamkan saja akan menimbulkan bau yang tidak sedap,contohnya adalah sampah dapur dan sampah kebun.Dekomposisi bahan organik menghasilkan berbagai jenis gas, dan pencemaran air karena perlakuan yang tidak tepat. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yangtidak dapat diuraikan oleh mikroba saprofit, sehingga sering mengakibatkan pencemaran pada lingkungan pada waktu yang lama. Sampah sering di buang begitusaja, sehingga akan muncul TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dimana-mana.Timbunan sampah akan menimbulkan banyak permasalahan, sampah berdampak menimbulkan wabah penyakit dan bau tidak sedap yang dapat mengganggu kesehatanlingkungan. Padahal jika diolah dengan baik sampah dapat memberikan keuntungantersendiri. Pengelolaan sampah harus benar-benar direncanakan dan dikelola dengan baik. Salah satu cara pengolahan sampah organik yang cukup efektif adalah cara pengomposan.
1
 
1.2Tujuan
Tujuan yang hendak diambil dari penulisan analisis ilmiah ini adalah :1.Memberikan pengertian mengenai mikroorganisme.2.Mengetahui peranan mikroorganisme seperti dalam pengolahan sampah organik dengan cara pengomposan.3.Mengetahui bagaimana proses dekomposisi oleh mikroorganisme terjadi.4.Mengetahui mengapa proses dekomposisi terjadi.5.Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dekomposisi tersebut.
1.3Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini, digunakan teori kajian pustaka yang berasal dari buku–buku yang menunjang pembahasan di dalamnya. Selain itu juga berasal darireferensi-referensi di internet yang tentunya memberikan informasi-informasi tambahanyang terbaru. Sumber–sumber tersebut kemudian dikumpulkan dan menjadi analisisuntuk pembahasan masalah.
2
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1Sekilas Tentang Mikroorganisme
Mikroorganisme merupakan jasad hidup yang mempunyai ukuran sangat kecil(biasanya kurang dari 1 mm) sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan.(Kusnadi, dkk, 2003). Mikroorganisme biasanya dianggap mencakup semua prokariota, protistadanalgarenik.Fungi(jamur), terutama yang berukuran kecil dan tidak  membentuk hifa, dapat pula dianggap sebagai bagiannya meskipun banyak yang tidak menyepakatinya. Kebanyakan orang beranggapan bahwa yang dapat dianggapmikroorganisme adalah semua organisme sangat kecil yang dapat dibiakkan dalamcawan petri atau inkubator di dalamlaboratoriumdan mampu memperbanyak dirisecaramitosis.Setiap sel tunggal mikroorganisme memiliki kemampuan untuk melangsungkanaktivitas kehidupan antara lain dapat dapat mengalami pertumbuhan, menghasilkanenergi dan bereproduksi dengan sendirinya. Mikroorganisme memiliki fleksibilitasmetabolisme yang tinggi karena mikroorganisme ini harus mempunyai kemampuanmenyesuaikan diri yang besar sehingga apabila ada interaksi yang tinggi denganlingkungan menyebabkan terjadinya konversi zat yang tinggi pula. Akan tetapi karenaukurannya yang kecil, maka tidak ada tempat untuk menyimpan enzim-enzim yangtelah dihasilkan. Dengan demikian enzim yang tidak diperlukan tidak akan disimpandalam bentuk persediaan. Enzim-enzim tertentu yang diperlukan untuk pengolahan bahan makanan akan diproduksi bila bahan makanan tersebut sudah ada.Mikroorganisme ini juga tidak memerlukan tembat yang besar, mudah ditumbuhkandalam media buatan, dan tingkat pembiakannya relative cepat (Darkuni, 2001). Oleh
3

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hanan Malikii liked this
Ayi Rustiadi liked this
Andya Che liked this
Shin Hyorin liked this
Achen Barros liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->