Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL

PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL

Ratings: (0)|Views: 1,858 |Likes:
Published by emosabath9337

More info:

Published by: emosabath9337 on Feb 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/18/2013

pdf

text

original

 
1. Ilmu alamiah adalah ilmu yang mempelajari tentang alam, yang berhubunganlingkungan alam seperti fisika, kimia, biologi,astronomi, botani dll.2. Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari sosial manusia di lingkungan sekitar seperti sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, psikologi, geogrofi dll.3. Ilmu budaya adalah ilmu yang mempelajari adat istiadat atau kebiasaan hidupmanusia di suatu wilayah seperti bahasa, agama, kesusastraan, kesenian dll.Dari perkembangan ilmu sosial timbul paham study sosial yang disebut ilmu pengetahuan sosial. IPS adalah bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlahmata pelajaran sosial. Yang termaksud pada pelajaran IPS, yaitu geografi, sejarah,ekonomi, sosiologi, antropologi dll.ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita. ISD memberikan dasar  – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial.2. Latar belakang ilmu sosial dasar Latar belakang diberikannya mata kuliah ISD di perguruan tinggi, karena :1. Banyaknya kritik yang ditunjukkan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi bahwa sistem pendidikan yang diberikan masih berbau kolonial dan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda. Yang pendidikannya bertujuan untuk menghasilkantenaga terampil untuk menjadi tukang yang mengisi birokrasi mereka.2. Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplinkeilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah – olah tidak peka terhadaplingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.Sedangkan tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan mempunyaitiga kemampuan, yaitu personal, akademis dan profesional.1. Kemampuan personalTenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap yangmencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami nilai agama,masyarakat, pancasila serta pandangan luas terhadap berbagai masalah masyarakatIndonesia.1. Kemampuan akademik Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan danmampu berpikir logis, kritis, sistematis dan analitis. Memiliki kemampuan untuk mengedintifikasi dan merumuskan masalah yang sedang dihadapi.1. Kemampuan profesionalKemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dan merekadiharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam profesinya.
 
1. Ilmu sosial dasar sebagai komonen MKDUDiantara 3 kemampuan diatas yang diharapkan untuk dimiliki oleh mahasiswa sebagaicalon tenaga ahli adalah kemampuan personal dan ditanamkan pada mata kuliah dasar umum. MKDU bertujuan untuk memperluas pengetahuan agar mahasiswa tidak terbatas pada bidang keahlian masing – masing, tetapi dapat membantu dirinya sendiridan menempatkan diri dalam perkembangan masyarakat. MKDU terdiri dari 6 matakuliah, yaitu :1. Agama2. Pancasila3. Kewiraan4. Ilmu alamiah dasar 5. Ilmu sosial dasar 6. Ilmu budaya dasar Tujuan ilmu sosial dasar adalah membantu perkembangan pikir mahasiswa dankepribadian agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri kepribadian yangdiharapkan dari setiap golongan terpelajar Indonesia4. Ruang lingkup pembahasanAda 2 masalah yang dipakai sebagai pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah ISD.1. Berbagai aspek yang merupakan suatu masalah sosial yang dapat ditanggapidengan pendekatan sendiri atau pendekatan gabungan antar bidang.2. Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat.Berdasarkan ruang lingkup di atas masih perlu penjabaran untuk bisadioperasionalkan ke pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Yaitu :1. Mempelajarai adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.2. Mempelajari adanya masalah individu dan masyarakat.3. Mengkaji masalah kependudukan dan sosialisasi.4. Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara.5. Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.6. Mempelajari masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.5. Masalah sosial dan ilmu sosial dasar Masalah yang dihadapi tidaklah sama, disebabkan karena perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan masyarakat dan keadaan lingkungan alam. Masalahtersebut dapat berupa sosial, politik, moral dll. Yang membedakan masalah ini adahubungannya dengan nilai moral dan pranata sosial.1. Menurut masyarakat, segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umumadalahmasalah sosial.
 
2. Menurut para ahli, suatu kondisi yang terwujud dalam masyarakat berdasarkan atasstudi, mempunyai sifat yang menimbulkan kekacauan.Masalah sosial muncul sejak peradaban manusia karena dianggap mengganggukesejahteraan hidup. Dan membuat masyarakat untuk mengedintifikasi, menganalisacara untuk mengatasinya.ISD menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial danmasalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan. Dengan menggunakankacamata obyektif berarti, konsep dan teori yang berhubungan dengan hakikatmanusia dan masalahnya telah dikembangkan dalam ilmu sosial dan digunakan.Sedangkan menurut kacamata subyektif masalah yang dibahas akan dikaju menurut perspektif masyarakat yang bersangkutan.Untuk menjawab berbagai tantangan dan persoalan dalam kehidupan lahirlah berbagaicabang ilmu pengetahuan.Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, makailmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga :1.
 Natural sciences
(ilmu-ilmu alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, astronomi, biologidll2.
Sosial sciences
(ilmu-ilmu social) terdiri dari: Sosiologi, Ekonomi, Politik antropologi, Sejarah, Psykologi, Geografi dll3.
 Humanities
(ilmu-ilmu budaya) meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Keseniandll.Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut diatas maka Ilmu SosialDasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagaiusaha pendidikan.Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah socialkhususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian pengertian (fakta, konsep teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu ilmu social seperti:
Sejarah, ekonomio, geografi social. Sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
Ilmu social dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu social dasar yangdipadukan, karena ilmu social dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiahtersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatudisiplin ilmu seperti ilmu-ilmu social diatas.Ilmu sosial dasar merupakan suau bahan studi atau program pekerjaan yang khususdirancanga untuk kepentingan atau pengerjaan yang di Indonesia diberikan di perguruan tinggi.
 B. LATAR BELAKANG  
Banyaknya kritik sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh para cendekiawan.Mereka berpendapat bahwa sistem pendidikan yang berlangsung masih berbaukolonial dan merupakan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda yaitukelanjutan dari politik “balas budi / etische politick” (oleh Conrad Theodore vanDeventer) sistem pendidikan tersebut bertujuan menghasilkan tenaga terampil untuk menjadi “tukang” yang mengisi birokrasi mereka dibidang administrasi, perdagangan,tehnik dan keahlian lain dalam tujuan eksploitasi (pemerasan) kekayaan negara.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->