Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ringkasan Rudie

ringkasan Rudie

Ratings: (0)|Views: 888 |Likes:
Published by rudieansyah
ini ringkasan yang aku buat tentang kaidah islam
ini ringkasan yang aku buat tentang kaidah islam

More info:

Published by: rudieansyah on Aug 20, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2012

pdf

text

original

 
BAB IKITAB SYAHADAT.
1.SYAHADAT SYARAT MASUK ISLAM.
Syarat utama bagi orang yang baru masuk Islam ialah mengucapkan duakalimat Syahadat. Yaitu, "Asyhadu allaa ilaaha ilallaah, wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullah." Barangsiapa yang mengucapkan dan mengikrarkan dengan lisannya, makadia menjadi orang Islam. Dan berlaku baginya hukum-hukum Islam, walaupun dalamhatinya dia mengingkari. Karena kita diperintahkan untuk memberlakukan secaralahirnya. Adapun batinnya, kita serahkan kepada Allah. Dalil dari hal itu adalah ketika Nabisaw. menerima orang-orang yang hendak masuk Islam, beliau hanya mewajibkan merekamengucapkan dua kalimat Syahadat. Nabi saw. tidak menunggu hingga datangnya waktusalat atau bulan Puasa (Ramadhan). Di saat Usamah, sahabat Rasulullah saw, membunuh orang yang sedang mengucapkan
 ,"Laa ilaaha illallaah," 
 Nabi menyalahkannya dengan sabdanya
 , "Engkau bunuh dia, setelah dia mengucapkan Laa ilaaha illallaah." 
Usamah lalu berkata
 , "Dia mengucapkan Laa ilaaha illallaah karena takut mati." 
Kemudian Rasulullah saw. bersabda
 , "Apakahkamu mengetahui isi hatinya?" 
 Dalam Musnad Al-Imam Ahmad diterangkan, ketika kaum Tsaqif masuk Islam,mereka mengajukan satu syarat kepada Rasulullah saw, yaitu supaya dibebaskan darikewajiban bersedekah dan jihad. Lalu Nabi saw. bersabda, "Mereka akan melakukan(mengerjakan) sedekah dan jihad."
2.
SYAHADAT SYARAT MASUK SURGA
.Telah datang malaikat jibril mengabarkan berita gembira kepada Rasulullah saw“bahwasanya setiap yang mengucapkan kalimat
laa ilallaha illaahu Muhammadar rusulullah
(kalimat syahadat) Allah Swt menjaminnya masuk surga” ( mutafaqun alaih ).Lalu bagaimana hukumnya untuk orang yang semasa hidupnya selalu mengerjakan maksiat,akan tetapi pada akhir hayatnya ( ketika sakaratul maut ) dia mengucapkan dua kalimatsyhadat ? Dr. Yusuf Al Qardhawi dalam fatwa - fatwanya menberikan jawabannya:
1
 
Barangsiapa yang meninggal dalam keadaan bertauhid, yaitu sebelum menghembuskannafasnya yang terakhir dia berikrar dan mengucapkan dua kalimat Syahadat, maka dia berhak berada di sisi Allah dan masuk surgaNya.Orang tersebut sudah dapat dipastikan oleh Allah akan masuk surga, walaupunmasuknya terakhir (tidak bersama-sama orang yang masuk pertama), karena dia diazabterlebih dahulu di neraka disebabkan kemaksiatan dan dosa-dosanya yang dikerjakan,yang belum bertobat dan tidak diampuni. Tetapi dia juga tidak kekal di neraka, karenadidalam hatinya masih ada sebutir iman. Adapun dalil-dalilnya sebagaimanaditerangkan dalam hadis Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, yaitu:Dari Abu Dzar r.a. yang menceritakan bahwa Rasulullah saw. bersabda,
"Barangsiapamengucapkan, 'Laa ilaaha illallaah,' kemudian meninggal, maka pasti masuk surga." 
Dari Anas r.a., bahwa Nabi saw. telah bersabda, "
 Akan keluar dari neraka bagi orang  yang mengucapkan, 'Laa ilaaha illallaah,' walaupun hanya sebesar satu butir iman dihatinya." 
Dari Abu Dzar pula, dia telah berkata bahwa sesungguhnya Nabi saw telah bersabda,
"Telah datang kepadaku malaikat Jibril dan memberi kabar gembira kepadaku, bahwabarangsiapa yang meninggal diantara umatmu dalam keadaan tanpamempersekutukan Allah, maka pasti akan masuk surga, walaupun dia berbuat zina danmencuri." 
Nabi saw. mengulangi sampai dua kali.Banyak hadis yang menunjukkan bahwa kalimat Syahadat memberi hak untuk masuk surga dan terlindung dari neraka bagi yang mengucapkannya (mengucap Laa ilaahaillallaah). Maksudnya ialah, meskipun dia banyak berbuat dosa, dia tetap masuk surga,walaupun terakhir. Sedangkan yang dimaksud terlindung dari neraka ialah tidak selama-lamanya di dalam neraka, tetapi diazab terlebih dahulu karena perbuatan maksiatnya.
2
 
BAB IIKITAB AQIDAH
1.PENGERTIAN AQIDAH.
Sesungguhnya asas pertama kali yang tegak diatas masyarakat Islam adalah aqidahIslam. Maka tugas masyarakat yang pertama adalah memelihara aqidah, menjaga danmemperkuat serta memancarkan sinarnya ke seluruh penjuru dunia. Aqidah Islam ada padakeimanan kita kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, dan harikemudian, sebagaimana firman Allah SWT:
"Rasul telah beriman kepada Al Qur'an yang diturunkan kepadanya dariRabb-nya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya berimankepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.(Mereka mengatakan:)"Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya, " dan mereka mengatakan:"Kami dengar dan kami taat," (Mereka berdo'a:) "Ampunilah kami wahaiTuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali." (Al Baqarah: 285)
Aqidah Islam itu membangun bukan merusak, mempersatukan bukan memecah belah, karenaaqidah ini tegak di atas warisan ilahiyah seluruhnya. Dan di atas keimanan kepada parautusan Allah seluruhnya "
 Laa Nufarriqu Baina Ahadin Min Rusulihi.
 Aqidah tersebut diringkas dan dimampatkan dalam syahadatain (dua kalimatsyahadat) yaitu:
"Syahaadatu an laa ilaaha illallaah wa anna MuhammadanRasuulullaah."
Aqidah inilah yang mempengaruhi pandangan kaum Muslimin terhadapalam semesta dan penciptannya, terhadap alam metafisika, kehidupan ini dan kehidupansetelahnya, terhadap alam yang terlihat dan yang tidak terlihat, terhadap makhluq dan khaliq,dunia dan akhirat, dan terhadap alam yang nampak dan alam gaib (yang tidak kelihatan).Alam ini dengan bumi dan langitnya, benda-benda mati dan tumbuh-tumbuhannya,hewan dan manusianya, jin dan malaikatnya ..., kesemuanya tidak diciptakan tanpa makna,dan tidak diciptakan dengan sendirinya. Harus ada yang menciptakan, yakni Dia yang MahaMengetahui, Maha Kuasa, Maha Mulia dan Maha Bijaksana. Dia yang telah menciptakan
3

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Iwan Irawan liked this
Ram Syist liked this
nerailkobah liked this
nerailkobah liked this
zain8077 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->