Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
komputer analog

komputer analog

Ratings: (0)|Views: 2,639 |Likes:
Published by Ranugal

More info:

Published by: Ranugal on Feb 17, 2011
Copyright:Attribution

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

 
1
Komputer Analog
Komputer analog
adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alatpenghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan(dual)darilevel digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low'(rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar,komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp(operational amplifier).
Ciri komputer analog
adalah- Data yang diolah merupakan data kualitatif (pengolahan dilakukan atas pulsa kontinyu).- Digunakan dalam proses pengawasan suatu pengolahan.- Bekerja secara kontinu dan parallel.- Tidak memerlukan bahasa perantara.- Mengolah data dalam bentuk fisik.
Contoh
daripada komputer analogSebagai alat hitung :-
 
pengukur suhu,- pengukur kecepatan,- pengukur arus,- pengukur temperature,- pengukur tekanan,- dll.
Kelebihan
komputer analog :- Kecocokan dalam pengukuran.- Merupakan special-purpose komputer.- Merepresentasikan besaran yang akan diproses dan yang dihasilkan dalam suaturentang nilai tertentu yang disesuaikan dengan nilai besarannya.- Berdayaguna untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri.
 
2
Kekurangan
komputer analog :- Keunggulan memproses data kurang tepat.- Masih kurang bahkan tidak dapat memproses data berupa angka.- Hanya menyelesaikan suatu masalah yang khusus.- Memiliki komponen yang berlebihan dan banyak hingga disebut rumit.- Tidak terstruktur.- Tidak multifungsi.- Daya tenaga yang masuk banyak sementara daya hasil keluaran tidak seimbang/kurang.Berikut adalah komputer analog :
Plc (Programmable Logic Controller)
Programmable Logic Controllers
(PLC) adalah komputer elektronik yangmudah digunakan (
user friendly
) yang memiliki fungsi kendali untuk berbagai tipedan tingkat kesulitan yang beraneka ragam [2].Definisi
Programmable Logic Controller 
menurut Capiel (1982) adalah :
sistem elektronik yang beroperasi secara dijital dan didisain untuk pemakaian dilingkungan industri, dimana sistem ini menggunakan memori yang dapat diprogramuntuk penyimpanan secara internal instruksi-instruksi yang mengimplementasikan fungsi-fungsi spesifik seperti logika, urutan, perwaktuan, pencacahan dan operasiaritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul-modul I/O dijitalmaupun analog.
Berdasarkan namanya konsep PLC adalah sebagai berikut :
1.
 
Programmable
menunjukkan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan programyang telah dibuat yang dengan mudah diubah-ubah fungsi atau kegunaannya.2.
 
 Logic
 menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic(ALU), yakni melakukan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan,membagi, mengurangi, negasi, AND, OR, dan lain sebagainya.
 
33.
 
Controller 
 menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehinggamenghasilkan output yang diinginkan.PLC ini dirancang untuk menggantikan suatu rangkaian relay sequensial dalamsuatu sistem kontrol. Selain dapat diprogram, alat ini juga dapat dikendalikan, dandioperasikan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan di bidang pengoperasiankomputer secara khusus. PLC ini memiliki bahasa pemrograman yang mudahdipahami dan dapat dioperasikan bila program yang telah dibuat dengan menggunakansoftware yang sesuai dengan jenis PLC yang digunakan sudah dimasukkan.Alat ini bekerja berdasarkan input-input yang ada dan tergantung dari keadaanpada suatu waktu tertentu yang kemudian akan meng-
ON 
atau meng-
OFF 
kan
output-output 
. 1 menunjukkan bahwa keadaan yang diharapkan terpenuhi sedangkan 0berarti keadaan yang diharapkan tidak terpenuhi. PLC juga dapat diterapkan untuk pengendalian sistem yang memiliki output banyak.Fungsi dan kegunaan PLC sangat luas. Dalam prakteknya PLC dapat dibagisecara umum dan secara khusus.Secara umum fungsi PLC adalah sebagai berikut:1.
 
Sekuensial ControlPLC memproses input sinyal biner menjadi output yang digunakan untuk keperluan pemrosesan teknik secara berurutan (
sekuensial
), disini PLCmenjaga agar semua step atau langkah dalam proses sekuensial berlangsungdalam urutan yang tepat.2.
 
Monitoring PlantPLC secara terus menerus memonitor status suatu sistem (misalnyatemperatur, tekanan, tingkat ketinggian) dan mengambil tindakan yangdiperlukan sehubungan dengan proses yang dikontrol (misalnya nilai sudahmelebihi batas) atau menampilkan pesan tersebut pada operator.Sedangkan fungsi PLC secara khusus adalah dapat memberikan input keCNC (
Computerized Numerical Control
). Beberapa PLC dapat memberikan input keCNC untuk kepentingan pemrosesan lebih lanjut. CNC bila dibandingkan dengan

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nila Siva liked this
Alvens Kazueta liked this
Alvens Kazueta liked this
martharianna liked this
Yayang Nugraha liked this
adambitor1713 liked this
adambitor1713 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->