Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
1Activity
P. 1
Sung Sang

Sung Sang

Ratings: (0)|Views: 1,426|Likes:
Published by Dewi Kurnianty

More info:

Published by: Dewi Kurnianty on Feb 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2011

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
1.2
 
Latar Belakang
Pengawasan antenatal dan post natal sangat penting dalam upaya menurunkan angka kematiandan kematian ibu maupun perinatal.Pengawasan antenatal memberikan manfaat dengan ditemukannya berbagai kelainan yangmenyertai hamil secara dini, sehingga dapat diperhitungkan dan dipersiapkan langkah-langkahdalam pertolongan persalinannya. Diketahui bahwa janin di dalam rahim dan ibunya merupakansatu kesatuan yang saling mempengaruhi. Sehingga kesehatan ibu optimal akan meningkatkankesehatan, pertumbuhan dan perkembangan janin.Berdasarkan kenyataan lebih dari 90% kematian ibu disebabkan oleh komplikasi obstetri, yangsering tidak diramalkan pada saat kehamilan. Dimana kebanyakan komplikasi terjadi pada saatatau sekitar persalinan. Banyak ibu yang tidak berisiko ternyata mengalami komplikasi atau ibuyang dianggap berisiko ternyata persalinannya berlangsung normal.Oleh karenanya semua pendekatan kehamilan dianjurkan menganggap bahwa semua kehamilan berisiko dan setiap ibu hamil agar mempunyai akses kepertolongan persalinan yang aman. Ibuhamil dianjurkan melakukan pemeriksaan ANC sebanyak 4x yaitu pada setiap trimester.Sedangkan pada trimester terakhir 2 kali.
1.2 Tujuan
a. Tujuan Umum
 1. Mempromosikan dan menjaga kesehatan fisik dan mental ibu dan bayi dengan memberikan pendidikan mengenai gizi, kebersihan diri an proses kelahiran bayi.2. Mendeteksi dan menatalaksanakan komplikasi medis, bedah ataupun obstetri selamakehamilan.
b. Tujuan Khusus
 1. Mahasiswa mampu mengembangkan persiapan persalinan serta rencana kesiagaanmenghadapi komplikasi.2. Mahasiswa mampu membantu menyiapkan ibu menyusui dengan sukses, menjalankanmasanifas dengan normal.
1.3 Manfaat
 
Bagi Pasien1. Pasien dapat mengetahui kondisi dirinya dan juga janinnya.2. Pasien dapat lebih tenang dalam menghadapi masalah dalam kehamilannya.3. Pasien dapat mengerti tanda-tanda bahaya dalam kehamilan.Bagi Masyarakat1. Masyarakat menjadi bertambah pengetahuan tentang kehamilan.2. Masyarakat menyadari pentingnya antenatal care.3. Masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam sistem rujukan pada kehamilan.Bagi Mahasiswa1. Mahasiswa dapat mengenal secara dini ketidakcocokan, komplikasi yang mungkin terjadiselama kehamilan.2. Mahasiswa mampu mengerti tentang antenatal care.3. Mahasiswa lebih terampil dalam memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil.
BAB II
 
TINJAUAN PUSTAKA
 
1. KONSEP DASAR TEORI
 
1.1 Pengertian
 
 
Seksio sesarea adalah suatu cara melahirkan janin dengan membuat sayatan padadinding uterus melalui dinding depan perut atau vagina.
 
Atau seksio sesarea adalah suatu histerotomia untuk melahirkan janin dari dalamrahim(Mochtar,1998;1997).
 
 
Istilah seksio sesarea berasal dari bahasa latin seksio sesareaea yang artinyamemotong atau menyayat.Tindakan yang di lakukan tersebut bertujuan untukmelahirkan bayi melalui tindakan pembedahan dengan membuka dinding perut dandinding rahim.(Lastiko Bramantyo 2003;8)
1.2 Sebab-sebab operasi seksio sesarea (Lastiko Bramantyo,2007;09)
 1.
 
Operasi seksio sesarea ada yang terencana,ada yang tidak direncanakan.Apabila persalinan dipaksakan untuk di lakukan secara alami akan mengancamkeselamatan ibu dan bayi.Sedangkan bedah seksio sesarea yang tidak direncanakan biasanya baru diputuskan pada saat atau ketika persalinan berlangsung.2.
 
Operasi seksio sesarea tidak dapat di lakukan sembarangan.Sebelum keputusan untuk melakukan persalinan dengan operasi,biasanya dokter akanmelakukan berbagai pemeriksaan.Hal ini dilakukan untuk melihat resiko-resiko yangmungkin terjadi akibat tindakan operasi.Ketentuan tersebut tidak selalu berlaku,terutama menghadapi kasus gawat darurat memerlukan kecepatan waktuuntuk melakukan tindakan.3.
 
Penyebab operasi seksio sesareaPenyebab operasi seksio sesarea menurut buku obstetri dan gynecologi ada 4 alasanyaitu untuk keselamatan ibu dan janin ketika persalinan harus berlangsung,tidakterjadi kontraksi distosia(persalinan macet)sehingga menghalangi persalinanalami.dan bayi dalam keadaan darurat sehingga harus segera di lahirkan tetapi jalanlahir tidak mungkin di lalui janin.
1.3
 
Indikasi seksio sesarea
 a.
 
Plasenta previa sentralis dan lateralis

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->