Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Bauding Attcment

Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Bauding Attcment

Ratings: (0)|Views: 4,471|Likes:
Published by subijakto

More info:

Published by: subijakto on Feb 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2013

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 1.
 
A. LATAR BELAKANG
 Mengingat pentingnya ASI dan keterikatan kasih sayang (Bounding Attechment) antara ibu dananak, dan masih kurangnya pengetahuan masyarakat dengan hal tersebut, maka didalam makalahini akan dibahas tentang ASI dan bagaimana cara mewujudkan kasih sayang tersebut.Keterikatan kasih sayang bisa terwujud dari janin masih berada didalam kandungan dan untuk mempereratnya bayi yang baru lahir bisa dilakukan IMD (inisiasi menyusu dini), dari haltersebut selain manfaat ASI yang didapatkan begitu besar juga sangat bermanfaat untuk  psikologis ibu dan anak karena sebuah kasih sayang bisa berawal dari sebuah sentuhan,dandekapan ibu kepada anaknya disaat dilakukan IMD.1.
 
B. RUMUSAN MASALAH
 Karena kurangnya pengetahuan ibu atau masyarakat tentang pentingnya ASI bagi bayi dan perlunya dilakukan sedini mungkin agar bisa terwujud sutu keterikatan kasih sayang antara ibudan anak.Ada beberapa permasalahan yang kami angkat dalam makalah ini, yaitu :1.
 
Apa pengertian Bounding Attechment?2.
 
Apa pengertian IMD(inisiasi menyusu dini)?3.
 
Bagaimana cara mewujudkan Bounding Attechment?4.
 
Apa saja faktor yang mempengaruhi Bounding Attechment dan faktor yang mendukungdilakukannya IMD?5.
 
 bagaimana proses Bounding Attechmen dan IMD serta apa manfaat dari IMD?1.
 
C
. TUJUAN
 2.
 
T
ujuan Umum
T
ujuan umumnya adalah agar ibu nifas atau menyusui mengerti dan bisa melakukan IMDdengan cara yang benar sehingga bisa terwujudnya Bounding Attechment antara ibu dan anak.1.
 
T
ujuan khusus2.
 
Mengetahui pengertian Bounding Attechment3.
 
Mengetahui pengertian inisiasi menyusu dini4.
 
Mengetahui cara mewujudkan Bounding Attechment5.
 
Mengetahui factor yang mempengaruhi Bounding Attechment dan faktor yangmendukung IMD6.
 
Mengetahui proses terjadinya Bounding Attechment dan IMD, serta manfaat dari IMD1.
 
D. MANFAAT
 
 
P
enulisan laporan ini dapat diharapkan dapat memberikan manfaat pada petugas kesehatankhususnya bidan dalam memberikan informasi-informasi mengenai Bounding Attachment danIMD (inisiasi menyusui dini).Adapun manfaat itu antara lain :1.
 
Ibu nifas atau menyusui mengetahui cara atau tehnik untuk melakukan IMD danmewujudkan Bounding Attechment2.
 
Ibu nifas atau menyusui mengerti akan manfaat dari IMD dan Bounding Attecment.
BAB II
 
PEMBAHASAN
 1.
 
PENGERTIAN IMD (INISIASI MENYUSUI DINI)
 Inisiasi Menyusu Dini adalah proses membiarkan bayi menyusu sendiri segera setelah lahiran.Hal ini merupakan kodrat dan anugrah dari
T
uhan yang sudah disusun untuk kita. Melakukannya juga tidak sulit, hanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam.Inisiasi Menyusu Dini atau disingkat sebagai IMD merupakan program yang sedang gencar dianjurkan pemerintah. Menyusu dan bukan menyusui merupakan gambaran bahwa IMD bukan program ibu menyusui bayi tetapi bayi yang harus aktif menemukan sendiri putting susu ibu.
P
rogram ini dilakukan dengan cara langsung meletakkan bayi yang baru lahir di dada ibunya danmembiarkan bayi ini merayap untuk menemukan puting susu ibu untuk menyusu. IMD harusdilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur  bayi. Bayi juga tidak boleh dibersihkan, hanya dikeringkan kecuali tangannya.
P
roses ini harus berlangsung skin to skin antara bayi dan ibu.Berikut informasi tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD) yang dapat mendorong Anda untuk melakukan IMD sesaat setelah bayi Anda dilahirkan:1.
 
P
ercayalah bayi dapat melakukan ini sendiri. Sebenarnya, ada kodrat alami seorang bayiuntuk menyusu dari ibu bahkan saat dia baru lahir. Jadi Anda tidak perlu terlalumengkuatirkan bayi Anda.Ini merupakan tahap awal yang sangat baik bila Anda ingin memberikan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama. Bayi akan menyukai ASI dan ibu tidak akan kekurangan untuk memberikannya.IMD juga mengurangi rasa nyeri saat harus menyusui.1.
 
Jangan kuatir bayi Anda kedinginan karena tanpa pakaian apapun harus dibiarkan selamakurang lebih 1 jam untuk mencari puting susu ibu. Karena kulit ibu dapat menghangatkan bayi secara sempurna. Bila bayi merasa kedinginan, suhu tubuh ibu akan meningkat 2derajat Celcius, sedangkan bila bayi kepanasan, kulit ibu akan menyesuaikan denganmenurunkan suhu sebanyak 1 derajat Celcius.
 
2.
 
Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi sehinggamengurangi tingkat kematian bayi yang baru lahir.3.
 
Gerakan bayi yang merangkak mencari puting susu dapat menekan rahim danmengelurkan hormon yang membantu menghentikan pendarahan ibu.4.
 
Bila bayi dalam melakukan IMD menangis, jangan cepat-cepat Anda menyerah untuk memberikan ASI. Bayi menangis belum tentu karena merasa lapar. Biarkan bayi Andamenemukan susu sendiri.5.
 
Bila persalinan harus melalui proses Cesar, Anda dapat tetap melakukan InisiasiMenyusu Dini (IMD) walaupun kemungkinan berhasilnya sekitar 50% daripada persalinan normal.6.
 
IMD membantu meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak.
P
roses Inisiasi Menyusu Dini :1.
 
Sesaat setelah lahiran sehabis ari-ari dipotong, bayi langsung diletakan di dada si ibutanpa membersihkan si bayi kecuali tangannya, kulit bertemu kulit.
T
ernyata suhu badanibu yang habis melahirkan 1 derajat lebih tinggi. Namun jika si bayi itu kedinginan,otomatis suhu badan si ibu jadi naik 2 derajat, dan jika si bayi kepanasan, suhu badan ibuakan turun 1 derajat. Jadi
T
uhan sudah mengatur bahwa si ibu yang akan membawa si bayi beradaptasi dengan kehidupan barunya. Setelah diletakkan di dada si ibu, biasanya si bayi hanya akan diam selama 20-30 menit, dan ternyata hal ini terjadi karena si bayisedang menetralisir keadaannya setelah trauma melahirkan.2.
 
Setelah si bayi merasa lebih tenang, maka secara otomatis kaki si bayi akan mulai bergerak-gerak seperti hendak merangkak.
T
ernyata gerakan ini pun bukanlah gerakantanpa makna karena ternyata kaki si bayi itu pasti hanya akan menginjak-injak perutibunya di atas rahim. Gerakan ini bertujuan untuk menghentikan pendarahan si ibu. Lamadari proses ini tergantung dari si bayi.3.
 
Setelah melakukan gerakan kaki tersebut, bayi akan melanjutkan dengan menciumtangannya, ternyata bau tangan si bayi sama dengan bau air ketuban. Dan juga ternyatawilayah sekitar puting si ibu itu juga memiliki bau yang sama, jadi dengan mencium bautangannya, si bayi membantu untuk mengarahkan kemana dia akan bergerak. Dia akanmulai bergerak mendekati puting ibu. Ketika sudah mendekati puting si ibu, si bayi ituakan menjilat-jilat dada si ibu.
T
ernyata jilatan ini berfungsi untuk membersihkan dada siibu dari bakteri-bakteri jahat dan begitu masuk ke tubuh si bayi akan diubah menjadi bakteri yang baik dalam tubuhnya. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayikarena hanya si bayi yang tahu seberapa banyak dia harus membersihkan dada si ibu.4.
 
Setelah itu, si bayi akan mulai meremas-remas puting susu si ibu, yang bertujuan untuk kegiatan ini juga tergantung dari si bayi itu.5.
 
T
erakhir baru mulailah si bayi itu menyusu.Manfaat Inisiasi Menyusu Dini1.
 
Untuk bayia. Kehangatan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->