Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
42Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SKRIPSI 2_Improvisasi Cello Keroncong

SKRIPSI 2_Improvisasi Cello Keroncong

Ratings:

4.79

(19)
|Views: 20,608|Likes:
Published by midiholic
How to play cello keroncong
How to play cello keroncong

More info:

Published by: midiholic on Aug 20, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.Latar Belakang Masalah
Musik adalah gambaran kehidupan manusia yang dinyatakan dalambentuk bunyi yang berirama sebagai wujud pikiran dan perasaaannya.Setiap cetusan hati nurani atau daya cipta manusia dalam bentuk suaraadalah suatu penjelmaan dari buah pikiran manusia yang dinyatakan dalamsuatu bentuk yang bernama musik. Musik selalu mengandung keindahandan merupakan hasil daya cipta yang bersumber pada ketinggian budi daridaya cipta yang bersumber pada ketinggian budi dari jiwa yangmengeluarkan musik itu, sehingga musik selalu dijadikan tolak ukur dari tinggirendahnya nilai-nilai dan karakter suatu bangsa.
1
Dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat tumbuhlah alur untuksaling memperngaruhi, sehingga terjadilah suatu proses inkulturasi.Perkembangan musik Indonesia juga mengalami proses inkulturasi,beberapa musik di Indonesia merupakan hasil inkulturasi dari berbagaimacam jenis musik, musik keroncong adalah salah satunya.
1
AH. Suharto, (1995), Serba-serbi keroncong, Jakarta: OK INDAH SARI, hlm. 58.
1
 
Keroncong merupakan musik yang digarap dan diciptakan asli olehbangsa Indonesia. Bermula dari alat musik yang dibawa oleh para pelautPortugis yang bernama ukulele. Para penduduk pribumi merasa anehmendengar suaranya, karena mereka terbiasa mendengar nada pentatoniksedangkan ukulele bernada diatonik. Walaupun sudah dicoba berkali-kalinamun dalam penyajiannya masih terdengar tidak sama seperti aslinya.Inilah embrio dari musik keroncong.
2
 Seiring dengan perjalanan waktu musik keroncong terus mengalamiperkembangan, yaitu dengan digunakannya alat musik lain selain ukuleledalam mengiringi musik keroncong. Pada saat ini susunan alat yang seringdilihat dalam mengiringi musik keroncong ialah ukulele, cakalele, cello, bass,gitar, flute dan biola. Namun menurut pengamatan penulis di lapangan,formasi utama dari alat musik keroncong yaitu hanya ukulele, cakalele, cello,dan bass. Hal ini berdasarkan pengamatan di lapangan bahwa keempat alatini selalu dipakai dalam musik keroncong, sedangkan gitar, flute, dan biolasering diganti oleh alat lain atau bahkan tidak dipakai sama sekali.Dari keempat alat keroncong ini penulis sangat tertarik kepada cello.Karena menurut penulis cello keroncong ini sangat unik. Pertama, dari caramemainkannya yaitu dengan jari telunjuk dan ibu jari. Kedua, dari bunyinyayang dapat menyerupai alat perkusi seperti kendang dan conga. Dan ketigadari pola irama dan melodi yang dimainkan oleh pemainnya, dimana hampir 
2
Ibid, hlm. 25.
2
 
tidak ada pola yang dibentuk atau dengan kata lain dimainkan denganimprovisasi. Tidak seperti alat-alat lainnya dalam formasi utama alatkeroncong, seperti ukulele, cak, dan bass yang dimainkan dengan suatupola tertentu. Memang, sesekali ketiga alat ini boleh diimprovisasi namunhanya sekedar untuk memberikan sedikit variasi.Dalam hal ini penggunaan cello merupakan hasil dari evolusi alat padamusik keroncong, yang menurut dugaan diprakarsai oleh Tjok Shinsu(1934).
3 
Dilihat dari bentuknya “cello keroncong” sama dengan cello pada umumnya,namun yang unik dari alat ini ialah cara memainkannya yang berbeda daricello biasa(cello gesek). Dimana “cello keroncong” dimainkan dengan caradipetik dengan menggunakan dua jari yaitu jari telunjuk/tengah dan Ibu Jari.
4 
Dari hasil petikan cello tersebut timbullah suara seperti suara pukulankendang. Namun berbeda dengan kendang, cello merupakan alat melodissehingga dari hasil petikan “cello keroncong” yang seperti kendang tersebut,pemain cello juga harus mengikuti harmonisasi dari akord lagu yangdiiringinya. Permainan cello keroncong dalam mengiringi lagu dimainkandengan bebas, seperti tidak ada pola tertentu yang menjadi acuannya ataudengan kata lain dimainkan dengan improvisasi. Seiring dengan berjalannyawaktu pola improvisasi permainan cello ini terus mengalami perkembangansehingga pada saat ini terdapat 2 jenis gaya improvisasi iringan cello
3
Ibid, hlm. 42.
4
Ibid, hlm. 42.
3

Activity (42)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Andy Jazz liked this
Wiwik Hikmawati liked this
Muhammad Yusuf liked this
Wahyu Hidayati liked this
Juan Nurhanjaya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->