Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
496Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal skripsi

Proposal skripsi

Ratings:

4.93

(59)
|Views: 37,923 |Likes:
Published by obath
semua boleh download. konsultasi bisa di 081803156945
semua boleh download. konsultasi bisa di 081803156945

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: obath on Aug 21, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2013

pdf

text

original

 
1
Proposal Penelitian
Korelasi Antara Partisipasi Masyarakat denganPenyelenggaraan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ging-Ging Bluto Sumenep Tahun Pelajaran 2008-2009
A.
 
Latar Belakang Masalah
Pendidikan pada hakikatnya adalah sebuah usaha di mana peserta didik diharapkan bisa menyelesaikan persoalan-persoalan dalam kehidupannya.
1
Tentudengan harapan agar peserta didik dapat menjadi lebih baik, bisa mengembangkanpotensi dirinya dan bermanfaat untuk lingkungannya. Dalam al-Qur’an dengan jelas Allah berfirman:
…..
Æ
ì 
s   
ù
ö
  
t   
ƒ
 ª
!
 $
#
t   
 
Ï
©
 !
 $
#
(
#
 θ 
ã
Ζ 
t   
Β
#
u   
ö
Ν 
ä
 3Ζ 
Ï
Β
t   
 
Ï
©
 !
 $
#
u   
 ρ
(
#
 θ 
 è
 ?
 ρ
 é
&
z    
 Ο 
ù
Ï
è 
ø
9
 $
#
 ;
 M 
 ≈ 
y    
 _
u   
 ‘
y    
Š
 4 
 ª
!
 $
#
u   
 ρ
y    
ϑ 
 Î
/
t   
βθ 
 è
y    
ϑ 
÷
è 
s   
 ?
 ×
 
  
 Î
y    
 z
∩⊇⊇∪
 
Artinya: .... Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuanbeberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamukerjakan.
2
 Dengan ilmu, segala persoalan dan problema yang dihadapi manusia akandengan mudah dapat terselesaikan. Persoalan-persoalan rumit yang membuatmanusia menderita, dengan ilmu akan dapat teratasi. Pada kontek inilah Allahmenurukan wahyu pertamanya kepada Nabi Muhammad SAW.:
1
Maimun Syamsudin, 2006. Hermeniutika Cangkolang dalam Proses Pendidikan Berbasis Moral,
  Edukasi,
2 (05): 10
2
Al-Qur’an, 58:11
 
1
 
2
ù
&
t   
  
ø
%
 $
#
É
 Ο 
ó
 $
 Î
/
y    
 7 
 Î n
/
u   
 ‘
Ï
©
 !
 $
#
t   
 , 
 n  
y    
{
∩⊇∪
 
Artinya: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan.
3
 Secara tersirat ayat ini memerintahkan manusia untuk selalu belajar danbelajar. Posisinya sebagai wahyu yang diturunkan pertama kali seakan inginmenegaskan bahwa sebelum bertindak dan melangkah kemanapun, yang harusdilakukan oleh umat manusia adalah belajar.Dengan kata lain, ilmu adalah hal terpenting yang harus dimiliki manusiasebelum hal-hal yang lain. Karena dengan ilmu manusia akan lebih bermanfaatbagi lingkungan dan sesema. Dan oleh karenanyalah manusia pada akhirnya akanlebih tinggi derajatnya seperti telah dijanjikan Allah dalam ayat di atas. Begitupentingnya ilmu hingga Allah menyindir dalam satu firmannya:
ôö
≅ 
 è
%
ö
≅ 
y    
δ
È
 θ 
t   
ó
¡ 
 o  
 „ 
t   
 
Ï
©
 !
 $
#
t   
βθ 
 ç
Η 
s   
 > 
ô
è 
t   
ƒ
t   
 
Ï
©
 !
 $
#
u   
 ρ
Ÿ
ω
t   
βθ 
ß
ϑ 
 n  
ô
è 
t   
ƒ
 3 
y    
ϑ 
 
Ρ
 Î
)
ã
  
©
 . 
x    
‹ 
t   
t   
ƒ
(
#
 θ 
ä
9
'
 ρ
 é
&
É
 = 
 ≈ 
t   
ø
9
F
{
 $
#
∩®∪
 
Artinya: Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui denganorang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yangberakallah yang dapat menerima pelajaran.
4
 Dalam kontek ini pulalah, negara sebagai institusi yang mempunyaitanggung jawab untuk mengayomi masyarakatnya menciptakan usaha-usahaagar bagaimana seluruh elemen yang ada di tengah-tengah masyarkat dapatmengenyam pendidikan, dengan harapan pendidikan tersebut dapat
3
 
 Ibid,
96:1
4
 
 Ibid,
39:9
 
 
3mengantarkan negeri ini menjadi negeri yang maju dan sejahatera. Hal ini dapatdilihat pada undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentangsistem pendidikan nasional bab II pasal 3 sebagai berikut:Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan danmembentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangkamencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensipeserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
5
 Oleh karena tanggung jawab tersebut, pemerintah dalam undang-undangno 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional bab IV pasal 10-11menetapkan bahwa:Pemerintah dan pemerintah daerah berhak mengarahkan,membimbing, membantu, dan mengawasi penyelenggaraan pendidikansesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Pasal 10)Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dankemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutubagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. (Pasal 11 ayat 1)Pemerintah dan pemerintah daerah wajib menjamin tersedianyadana guna terselenggaranya pendidikan bagi setiap warga negara yangberusia tujuh sampai dengan lima belas tahun. (Pasal 11 ayat 2)
6
 Dengan demikian menjadi jelas bahwa pemerintah mempunyai tugasuntuk menjamin terpenuhinya hak setiap warga negara untuk mendapatkanpendidikan yang layak, seperti termaktub dalam UUD 1945. Bahkan hingga padahal-hal yang bersifat teknis, sepeti dana.
5
Undang-Undang Ripublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.2004 Jakarta: PT Aras Duta, hlm. 5
6
 
 Ibid,
hlm, 7

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->