Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perbedaan Windows Dan Linux

Perbedaan Windows Dan Linux

Ratings: (0)|Views: 564 |Likes:
Published by Gede Ferdika

More info:

Categories:Types, Speeches
Published by: Gede Ferdika on Feb 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2013

pdf

text

original

 
PERBEDAAN WINDOWS DAN LINUXVS
Ada banyak persamaan dan ada pula banyak perbedaan antara Linux dan Windows. Disiniakan membahas perbedaan antara Windows dan Linux, masing-masing tentunya memilikinilai plus minus.
Awal Perkembangan
Windows
Pada tahun1983 Microsoftmengumumkan pembangunanWindows, Dimulai dari DosShell for Dos 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualanApple Macintosh yang menggunakan GUI ( Graphical User Interface ),Microsoftmenciptakan Windows 1.0.nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yangmenyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program ).Windowsversi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program.satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasitambahan yang lebih banyak,kelengkapan penggunaan,kecantikan user interface atauantarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisamengoptimalisasi penggunaanya pada prosesor 32-bit intel 80386 ke atas. Windows versi3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibridadapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiridenagan DOS 7. tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harusdiinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda.meskipun Windows 9Xdapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasisendiri – X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).
 
Perkembangan windows yang terjadi pada masa kini sangatlah signifikan,berikut beberapavesi Windows dari awal tahun pembuatan Windows sampai Windows masa kini diantaranyaadalah :
A.
WINDOWS 1.0
 
Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas,sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakandengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran diMicrosoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa name “Windows” akanlebih “memikat” konsumen. Windows 1.0 juga mendukung multitasking antar banyak  program.Hal ini tentu saja merupakan peningkatan yang sangat penting jika dibandingkandengan DOS,yang hanya dapat menjalankan satu program saja (single-tasking)pada satuwaktu.karena Windows 1.0 masih berbasiskan DOS,hanya satu aplikasi saja yang boleh berjalan di muka (foreground application),sedangkan aplikasi yang berjalan di latar belakang(background application) diberhentkan secara sementara hingga pengguna mengaktifkannyakembali.Metode ini disebut juga dengan
Cooperative Multitasking 
. Windows versi 1.0 jugamendukung MS-DOS prompt langsung dari Windows,sehingga tidak perlu keluar ke DOSterlebih dahulu untuk menjalankan program DOS.Windows 1.0 bukanlah sebuah sistemoperasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahanantarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang samayang dimiliki oleh MS-DOS.
B.
WINDOWS 2.0
 
 
Windows versi kedua dirilis pada 9 Desember 1987, dan lebih populer dibanding versisebelumnya, tetapi terus menerus mendapat saingan dari Apple.Sistem operasi inimendukung aplikasi grafis buatan Microsoft, misalnyaExceldanWord for Windowskarena aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan dari MS-DOS.Selain itu sistem operasi windowsmenjadi sebuah platform untuk menjalankan aplikasiMicrosoft Officedan menjadi sebuahsistem operasi GUI yang bersifat umum. Sebagian besar populeritasnya didapat karenakedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows danMicrosoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS,untuk kemudian memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan akan keluar dengansendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.Windows 2.x mendukung penggunaan kartu grafisdengan spesifikasi VGA (Video Graphics Array),sehingga dapat menampilkan resolusihingga 640×480 pada kedalaman warna 4-bit (16 warna).selain itu,Windows 2.x jugamendukung penggunaan prosesor intel 80286.prosesor pertama dengan kemampuan untuk memproteksi area memori atau dikenal denagn protected mode meski tidak dapat melakukanswitching kembali ke dalam real mode tanpa harus melakukan restart computer.penggunadapat melakukan Program Loader Windows yaitu berkas WIN.COM dengan tambahanswitch /s untuk mode standar,dan /2 untuk mode 286,dan sebagian besar popularitasnya didapat karena kedekatannya denagn aplikasi grafis buatan Microsoft,Microsoft Excel for Windows Word for Windows.Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS,untuk kemudian memasuki Windows untuk melakukan operasinya,dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.
C.
WINDOWS 3.0
 
Merupakan versi ketiga dari system operasi berbasis GUI yang dibuat oleh MicrosoftCorporation yang menunjukkan kesuksesannya sejak dibuatWindows 3.0, pada tanggal 22Mei tahun1990. Dengan menambahkan berbagai kemampuan untuk menjalankan aplikasi.Sistem ini juga mendukung sistem multitask dan penambahan lainnya sepertivirtual

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ainul Hamdani liked this
Echo Kodox liked this
Zaldi Imanullah liked this
Omm Funkyy liked this
abeck liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->