Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
perkembangan generasi komputer

perkembangan generasi komputer

Ratings: (0)|Views: 756|Likes:
Published by Rizky 'selluw'

More info:

Published by: Rizky 'selluw' on Feb 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2012

pdf

text

original

 
 
1
Komputer
:
 
Suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input,memberikan inforsmasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memorikomputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secaraotomatis.
Ada tiga istilah penting dari pengertian komputer:Input (data), pengolahan data,dan informasi (output).1.Input (Data)
Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan dataelektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadianyang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.
2.Pengolahan Data
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yanglebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi.
3.Informasi (Output)
informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentukyang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalahproses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatuinformasi.
Sejarah Komputer Generasi Pertama
Awal mulanya komputer pada generasi pertama ini adalah saat terjadi perang duniakedua, negara-negara yang ikut terlibat dalam perang dunia itu berusahamengembangkan komputer untuk memaksimalkan kemampuan dalam mengatur strategisyang dimiliki oleh komputer. Hal ini mempengaruhi peningkatan pendanaanpengembangan komputer juga ikut serta mempercepat pertumbuhan kemajuan teknik
 
 
2
 
komputer. Tahun 1941, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membangunsebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali.Di tempat lain ada Pihak sekutu juga yang juga membuat kemajuan lain dalampengembangan kemampuan komputer. Pada tahun 1943, pihak Inggris berhasilmenyelesaikan sebuah komputer pemecah kode rahasia yang diberi namakan Colossusyang berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh negara Jerman.Efek dari pembuatan Colossus sebenarnya tidak banyak mempengaruhi perkembanganindustri komputer, hal itu bisa terjadi karena ada dua alasan yaitu ; yang pertama,colossus adalah bukan komputer serbaguna dalam bahasa inggrisnya ´general purposecomputerµ, ia dibuat hanya agar bisa memecahkan kode rahasia. Yang kedua, keberadaanmesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang selesai.Sedangkan usaha yang dilakukan oleh pihak Amerikapada saat itu adalah menghasilkan suatu kemajuan lain jikadibandingkan dengan sekutu. Seorang insinyur Harvard yangbernama Howard H. Aiken (1900-1973) bekerja sama denganIBM, berhasil menghasilkan kalkulator elektronik untuk USNavy. Kalkulator itu berukuran sangat besar, yaitu dengan panjang setengah lapangansepak bola dan juga memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil (besar sekali bukan).Komputer itu adalah ; The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atauMark I, merupakan komputer relai elektronik. Mark I menggunakan sinyal elektromagnetikuntuk menggerakkan komponen mekanik. Mark I beropreasi dengan lambat, iamemerlukan waktu 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan tidak fleksibel yaitu urutankalkulasinya tidak dapat diubah. Mark I tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatikdasar dan persamaan yang lebih kompleks.Perkembangan komputer lain pada masa itu adalahElectronic Numerical Integrator and Computersingkatannya adalah ENIAC, yang diciptakan berkatkerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan
 
 
3
 
University of Pennsylvania. Komputer ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000resistor, dan 5 juta titik solder, komputer ENIAC merupakan komputer yang sangat besaria membutuhkan daya sebesar 175 KW yang mampu bekerja 1000 kali lebih cepat jikadibandingkan dengan komputer Mark I. John Presper Eckert [1919-1995] dan John W. Mauchly [1907-1980]Awal komputer ENIAC, ENIAC merupakan komputer serbaguna[general purpose computer].Dr. John W. Mauchly bekerja samadengan Mr. J. Presper Eckert untuk mengembangkan sebuah mesinyang bisa menghitung lintasan peluru (trajectory) untuk AngkatanDarat Amerika. Hasilnya, sebuah komputer elektronik skala besar yang rampung danbernama ENIAC. Karena ribuan kali lebih cepat dari mesin pendahulunya, ENIAC merupakan sebuah terobosan besar-besaran dalam teknologi komputer. Beratnya 30 ton,menempati ruangan seluas 1500 kaki kuadrat, dan memiliki lebih dari 18.000 tabunghampa udara (vacuum tube). Legenda menyatakan bahwa ENIAC yang dibuat diUniversitas Pennsylvania telah mengurangi ¶pasokan· cahaya untuk Philadelphia biladiaktifkan. John von Neumann [1903-1957] Dan University of Pennsylvania dalam usaha menciptakankonsep disain komputer yang sampai 40 tahun yang akan datang masih dapat digunakandalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable AutomaticComputer [EDVAC]Pada tahun 1945dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Cara inimemungkinkan komputer dapat berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkanpekerjaannya lagi. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemprosesan sentral(CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satusumber tunggal.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->