Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
napza

napza

Ratings: (0)|Views: 445|Likes:
Published by ida_haerida

More info:

Published by: ida_haerida on Feb 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/05/2012

pdf

text

original

 
Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Masalah Psikososial dan Gangguan Jiwa
1
Bab 1
Asuhan Keperawatan Klien denganPenyalahgunaan dan KetergantunganNarkoba (NAPZA)
asalah penyalahgunaan NAPZA semakin banyak dibicarakan baik di kota besar maupun kota kecil di seluruh wilayah Republik Indonesia. Peredaran NAPZA sudah sangat mengkhawatirkan sehinggacepat atau lambat penyalahgunaan NAPZA akan menghancurkangenerasi bangsa atau disebut dengan
lost generation
(Joewana, 2005).Faktor individu yang tampak lebih pada kepribadian individu tersebut;faktor keluarga lebih pada hubungan individu dengan keluarga misalnyakurang perhatian keluarga terhadap individu, kesibukan keluarga danlainnya; faktor lingkungan lebih pada kurang positifnya sikap masyarakatterhadap masalah tersebut misalnya ketidakpedulian masyarakat tentangNAPZA (Hawari, 2003).Dampak yang terjadi dari faktor-faktor di atas adalah individu mulaimelakukan penyalahgunaan dan ketergantungan akan zat. Hal iniditunjukkan dengan makin banyaknya individu yang dirawat di rumahsakit karena penyalahgunaan dan ketergantungan zat yaitu mengalamiintoksikasi zat dan withdrawal.Peran penting tenaga kesehatan dalam upaya menanggulangipenyalahgunaan dan ketergantungan NAPZA di rumah sakit khususnyaupaya terapi dan rehabilitasi sering tidak disadari, kecuali mereka yangberminat pada penanggulangan NAPZA (DepKes, 2001).Berdasarkan permasalahan yang terjadi di atas, maka perlunya peran sertatenaga kesehatan khususnya tenaga keperawatan dalam membantumasyarakat yang sedang dirawat di rumah sakit untuk meningkatkanpengetahuan dan kemampuan masyarakat tentang perawatan danpencegahan kembali penyalahgunaan NAPZA pada klien. Untuk itudirasakan perlu perawat meningkatkan kemampuan merawat kliendengan menggunakan pendekatan proses keperawatan yaitu asuhan
 
Bab 1: Asuhan Keperawatan Klien dengan Penyalahgunaan dan Ketergantungan...
2keperawatan klien penyalahgunaan dan ketergantungan NAPZA(sindroma putus zat).
A. Pengertian Penyalahgunaan Zat
Penyalahgunaan zat adalah penggunaan zat secara terus menerus bahkansampai setelah terjadi masalah. Ketergantungan zat menunjukkan kondisiyang parah dan sering dianggap sebagai penyakit. Adiksi umumnyamerujuk pada perilaku psikososial yang berhubungan denganketergantungan zat. Gejala putus zat terjadi karena kebutuhan biologik terhadap obat. Toleransi adalah peningkatan jumlah zat untuk memperoleh efek yang diharapkan. Gejala putus zat dan toleransimerupakan tanda ketergantungan fisik (Stuart & Sundeen, 1998).
B. Rentang Respons Gangguan Penggunaan NAPZA
Rentang respons ganguan pengunaan NAPZA ini berfluktuasi darikondisi yang ringan sampai yang berat, indikator ini berdasarkan perilakuyang ditunjukkan oleh pengguna NAPZA.
Respon adaptif 
 
Respon Maladaptif 
Eksperimental         Rekreasional        Situasional        Peyalahgunaan       Ketergantungan
(Sumber: Yosep, 2007)
Eksperimental:
Kondisi pengguna taraf awal, yang disebabkan rasaingin tahu dari remaja. Sesuai kebutuan pada masa tumbuh kembangnya,klien biasanya ingin mencari pengalaman yang baru atau sering dikatakantaraf coba-coba.
Rekreasional:
Penggunaan zat adiktif pada waktu berkumpul denganteman sebaya, misalnya pada waktu pertemuan malam mingguan, acaraulang tahun. Penggunaan ini mempunyai tujuan rekreasi bersama teman-temannya.
Situasional:
Mempunyai tujuan secara individual, sudah merupakankebutuhan bagi dirinya sendiri. Seringkali penggunaan ini merupakancara untuk melarikan diri atau mengatasi masalah yang dihadapi.Misalnya individu menggunakan zat pada saat sedang mempunyaimasalah, stres, dan frustasi.
 
Penyalahgunaan
 
Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Masalah Psikososial dan Gangguan Jiwa
3
Penyalahgunaan:
Penggunaan zat yang sudah cukup patologis, sudahmulai digunakan secara rutin, minimal selama 1 bulan, sudah terjadipenyimpangan perilaku mengganggu fungsi dalam peran di lingkungansosial, pendidikan, dan pekerjaan.
Ketergantungan:
Penggunaan zat yang sudah cukup berat, telah terjadiketergantungan fisik dan psikologis. Ketergantungan fisik ditandaidengan adanya toleransi dan sindroma putus zat (suatu kondisi dimanaindividu yang biasa menggunakan zat adiktif secara rutin pada dosistertentu menurunkan jumlah zat yang digunakan atau berhenti memakai,sehingga menimbulkan kumpulan gejala sesuai dengan macam zat yangdigunakan. Sedangkan toleransi adalah suatu kondisi dari individu yangmengalami peningkatan dosis (jumlah zat), untuk mencapai tujuan yangbiasa diinginkannya.
C. Jenis-Jenis NAPZANAPZA dapat dibagi ke dalam beberapa golongan yaitu:1. Narkotika
Narkotika adalah suatu obat atau zat alami, sintetis maupun sintetis yangdapat menyebabkan turunnya kesadaran, menghilangkan atau mengurangihilang rasa atau nyeri dan perubahan kesadaran yang menimbulkanketergantungna akan zat tersebut secara terus menerus. Contoh narkotikayang terkenal adalah seperti ganja, heroin, kokain, morfin, amfetamin,dan lain-lain. Narkotika menurut UU No. 22 tahun 1997 adalah zat atauobat berbahaya yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunanmaupun perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampaimenghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan(Wresniwiro dkk. 1999).Golongan narkotika berdasarkan bahan pembuatannya adalah:1) Narkotika alami yaitu zat dan obat yang langsung dapat dipakaisebagai narkotik tanpa perlu adanya proses fermentasi, isolasi danproses lainnya terlebih dahulu karena bisa langsung dipakai dengansedikit proses sederhana. Bahan alami tersebut umumnya tidak bolehdigunakan untuk terapi pengobatan secara langsung karena terlaluberisiko. Contoh narkotika alami yaitu seperti ganja dan daun koka.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->