Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sains Kebumian

Sains Kebumian

Ratings: (0)|Views: 1,588 |Likes:

More info:

Published by: Whisnu Trie Seno Ajie on Feb 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

 
Sejarah Fisika FI335 ± Sains Kebumian tiap Periode
Page 1
 
BAB IPENDAHULUAN
 
I.1 Latar Belakang
Bumi terbentuk miliaran tahun lalu, tetapi permukaan bumi telah banyak mengalami proses perkembangan dan perubahan sepanjang masa. Bumi adalahsebuah planet kebumian, yang artinya terbuat dari batuan, berbeda dibandingkangas raksasa seperti Jupiter. Planet ini adalah yang terbesar dari empat planetkebumian, dalam kedua arti, massa dan ukuran. Dari keempat planet kebumian,bumi juga memiliki kepadatan tertinggi, gravitasi permukaan terbesar, medanmagnet terkuat dan rotasi paling cepat. Bumi juga merupakan satu-satunya planetkebumian yang memiliki lempeng tektonik yang aktif.Manusia telah menjadi agen perubahan terbesar bagi topografi dan iklimbumi selama dua abad terakhir ini.Tiap-tiap lapisan kerak bumi mengungkapbagaimana kondisi di masa lampau Bumi. Para peneliti telah menelaah secarateliti sejarah geologis ini, memilah-milah lapisan, dan mengklasifikasikannya kedalam berbagai durasi seperti eon, era, perioda, dan epoh.Ilmu bumi adalah suatu istilah untuk kumpulan cabang-cabang ilmu yangmempelajari bumi. Cabang ilmu ini menggunakan gabungan ilmu fisika, geografi,matematika, kimia, dan biologi untuk membentuk suatu pengertian kuantitatif darilapisan-lapisan bumi.Ilmu kebumian mulai berkembang sejak periode awal sains. Perkembangantersebut menciptakan berbagai teori pembentukkan bumi. Para ilmuan (khususnyapeneliti kebumian) yang hiduppada setiap periode terus meneliti bagaimanasejarah terbentuknya bumi sesuai pada periodenya. Teori-teori yang berkembangpun sangat variatif pada tiap-tiap periode. Tentunya perkembangan tersebut lebihke arah yang rasional dan memungkinkan difahami oleh masyarakat yang adapada tiap periode.   
 
Sejarah Fisika FI335 ± Sains Kebumian tiap Periode
Page 2
 
I.2 Rumusan Masalah
1.
 
Bagaimana perkembangan sains kebumian pada tiap periode?2.
 
Siapa saja tokoh populer yang berpartisipasi dalam perkembangan sainskebumian pada tiap periode?
I.3 Tujuan
Dalam pembuatan makalah ini tujuan yang ingin dicapai yaitu selain untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sejarah Fisika, juga untuk mengetahuiperkembangan sains kebumian pada tiap periode dan siapa saja tokoh populer yang berpartisipasi dalam perkembangan sains kebumian pada tiap periode. 
I.4 Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah analisisdeskripsi dan metode kepustakaan dengan mencari beberapa sumber dari buku-buku dan artikel yang ada di internet. 
I.5 Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari:BAB I PENDAHULUANTerdiri dari latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, metodepenulisan, dan sistematika penulisan.BAB II  PEMBAHASANTerdiri dari isi materi.BAB III   PENUTUPTerdiri dari kesimpulan.       
 
Sejarah Fisika FI335 ± Sains Kebumian tiap Periode
Page 3
 
BAB IIPEMBAHASAN 
Bumi telah terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun yang  lalu.  Bumi merupakanplanet dengan urutan ketiga dari delapan planet yang memiliki jarak dekat denganmatahari.  Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta km, berbentuk bulatdengan radius ± 6.370 km.  Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapatdihuni oleh berbagai jenis mahluk hidup dari kedelapan planet yang ada di tatasurya kita.  Permukaan bumi terdiri dari daratan dan lautan.
 
II.1 Periode Pra-Sains (Antara zaman purbakala s.d. 1550)
Pada periode pra-sains manusia belum berfikir mengenai awalterbentuknya bumi. Dari mana bumi berasal atau kapan bumi ini terbentuk.Perkembangan pengetahuan mengenai bumi pada periode ini masih seputar bentuk-bentuk bumi yang di kemukakan atas dasar pemikiran yang sederhana.Pada tahun 384-322 SM, Aristoteles mengemukakan teori
eosentris
(bumisebagai pusat tata surya) yang kemudian di awal abad ke-2 Claudius Ptolemausjuga mengungkapkan teori tersebut.  Sedangkan sekitar tahun 310-230 SMAristrachus mengajukan teori
heliosentris
(matahari sebagai pusat tata surya)yang kemudian Copernicus juga mengungkapkan teori tersebut pada abad ke-15.
 
II.2 Periode Awal Sains (1550 s.d. 1800)
Pada periode ini merupakan periode awal manusia berfikir mengenai darimana dan bagaimana proses bumi ini terbentuk.
Hipotesis nebula
pertama kali dikemukakan oleh Immanuel Kant(1724-1804) pada tahun 1775.Kabut/nebula adalah kabut yang terdiri dari gas (terutamahelium dan hidrogen) dan partikel-partikel angkasa.Kemudian ahli matematikaterkenal dari PrancisSimon de Laplace mengusulkan teori yang hampir sama(teori kant-laplace).Dalam teori ini dikemukakan bahwa di jagat raya terdapat gas yangkemudian berkumpul menjadi kabut (nebula). Gaya tarik-menarik antar gas inimembentuk kumpulan kabut yang sangat besar dan berputar semakin cepat.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->