Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
52Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH HUKUM PERBURUHAN

MAKALAH HUKUM PERBURUHAN

Ratings: (0)|Views: 5,302 |Likes:
Published by bonaxing

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: bonaxing on Feb 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH HUKUM PERBURUHANBAB IPENDAHULUAN1.1.LATAR BELAKANG
Pada Tahun 1998 Indonesia mengalami masa yang sangat sulitkarena pada saat itu terjadi krisis moneter yang berimbas pada duniaindustri. Hal ini membuat beberapa badan usaha milik swasta maupunpemerintah melakukan Pemutusan Hubungan kerja atau yang seringdisebut dengan PHK. Langkah ini terpaksa dilakukan karena salah satualasannya adalah perusahaan mengalami kerugian yang tidak sedikit,sementara perusahaan mempunyai kewajiban untuk memberikan upahkepada pegawainya.Pemutusan Hubungan Kerja merupakan suatu hal yang padabeberapa tahun yang latu merupakan suatu kegiatan yang sangatditakuti oleh karyawan yang masih aktif bekerja. Hal ini dikarenakankondisi kehidupan politik yang goyah, kemudian disusul dengan carutmarutnya kondisi perekonomian yang berdampak pada banyak industriyang harus gulung tikar, dan tentu saja berdampak pada pemutusanhubungan kerja yang dilakukan dengan sangat tidak terencana. Kondisiinilah yang menyebabkan orang yang bekerja pada waktu itu selaludibayangi kekhawatiran dan kecemasan, kapan giliran dirinyadiberhentikan dari pekerjaan yang menjadi penopang hidup keluarganya.
1.2
RUMUSAN MASALAH
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makaiah ini adalah :
1.2.1
Apa definisi dari PHK?
 
1.2.2Jelaskan Jenis-jenis PHK?1.2.3Jelaskan Mekanisme dan Penyelesaian PHK?1.2.4Bagaimana bentuk Penyelesaian Kompensasi PHK?
1.3TUJUAN
1.3.1
Mengetahui dengan jelas definisi dari PemutusanHubungan Kerja (PHK).1.3.2Mengetahui Jenis-jenis dari Pemutusan Hubungan Kerja(PHK).1.3.3Mengetahui Mekanisme pemberian PHK kepadakaryawan dan cara penyelesaian perselisihan yang akan timbulsetelah Pemutusan Hubungan Kerja dilakukan.11.3.4Mengetahui Bentuk dari pemberian Kompensasi kepadakaryawan yang akan mendapatkan PHK dari perusahaan.
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1PENGERTIAN PHK
PHK adalah pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentuyang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara karyawandan perusahaan, pabila kita mendengar istilah PHK yang biasa terlintasadalah pemecahan sepihak oleh pihak perusahaan karena kesalahankaryawan. Karenanya, selama ini singkatan PHK memiliki konotasinegative. Padahal, kalau kita tilik definisi diatas yang diambil dari UU No.13/2003 tentang Ketenagakerjaan, dijelaskan PHK dapat terjadi karenabermacam sebab. Intinya tidak persis sama dengan pengertian dipecat.
2.2JENIS-JENIS PHK2.2.1PHK Pada Kondisi Normal (sukarela)2.2.2PHK Pada Kondisi Tidak Normal (tidak sukarela)
Manulang (1988) mengemukakan bahwa istilah pemutusanhubungan kerja dapat memberikan beberapa pengertian, yaitu :a.termination ; yaitu putusnya hubungan kerja karenaselesainya atau berakhirnya kontrak kerja yang telahdisepakatib.dismissal ; yaitu putusnya hubungan keja karena karyawanmelakukan tindkan pelanggaran disiplin yang telahditetapkanc.redundancy ; yaitu pemutusan hubungan kerja karenamenggunakan mesin-mesin berteknologi baru,d.Retrenchment, yaitu pemutusan hubungan kerja yangdikaitkan dengan masalah-masalah ekonomi

Activity (52)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
erlanggaherp liked this
Robby Ib liked this
budimanpram liked this
Asri Wihartati liked this
Tia Esther liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->