Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sosiologi - Pengendalian Sosial

Sosiologi - Pengendalian Sosial

Ratings: (0)|Views: 544|Likes:
Presentasi materi tentang pengendalian sosial, sosiologi
Presentasi materi tentang pengendalian sosial, sosiologi

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: rickettsii rickettsia on Feb 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, PPTX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/25/2011

pdf

text

original

 
1.
Berdasarkan Waktu PelaksanaannyaA. Tindakan preventif;
yaitu tindakan yang dilakukan oleh pihakberwajib sebelum penyimpangan sosial terjadi agar suatutindak pelanggaran dapat diredam atau dicegah.Pengendalian yang bersifat preventif umumnya dilakukandengan cara melalui bimbingan, pengarahan dan ajakan.Contohnya kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh dinas-dinas terkait tentang bahaya yang ditimbulkan sebagai akibatdari pemakaian narkoba.
B. Tindakan represif 
yaitu suatu tindakan aktif yang dilakukanpihak berwajib pada saat penyimpangan sosial terjadi agarpenyimpangan yang sedang terjadi dapat dihentikan.Contohnya guru memberi hukuman kepada siswa yangterlambat dan tidak tertib di sekolah. Hukuman inidimaksudkan agar tindakan penyimpangan siswa tidakberulang lagi.
 
C
. Tindakan kuratif 
tindakan ini diambil setelahterjadinya tindak penyimpangan sosial. Tindakanini ditujukan untuk memberikan penyadarankepada para pelaku penyimpangan agar dapatmenyadari kesalahannya dan mau serta mampumemperbaiki kehidupannya, sehingga dikemudian hari tidak lagi mengulangikesalahannya. Contohnya memasukkan parapencandu narkoba ke tempat rehabilitasi untukmendapatkan pembinaan agar para pelaku tidakakan mengulangi perbuatannya kembali
 
2
. Berdasarkan Sifatnya
A
. Pengendalian internal pengendalian sosial jenis ini dilakukan olehpenguasa atau pemerintah sebagai pemegang kekuasaan (therulling class) untuk menjalankan roda pemerintahannya melaluistrategi-strategi politik. Strategi-strategi politik tersebut dapatberupa aturan perundang-undangan ataupun program-programsosial lainnya.B. Pengendalian eksternal pengendalian sosial jenis ini dilakukanoleh rakyat kepada para penguasa. Hal ini dilakukan karena dirasaadanya penyimpanganpenyimpangan tertentu yang dilakukan olehkalangan penguasa. Pengendalian sosial jenis ini dapat dilakukanmelalui aksi-aksi demonstrasi atau unjuk rasa, melalui pengawasanLembaga Swadaya Masyarakat (LSM), atau pun melalui wakil-wakilrakyat di DPRD.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->