Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
29Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP 47 thn 2008 ttg WAJIB BELAJAR

PP 47 thn 2008 ttg WAJIB BELAJAR

Ratings:

4.0

(3)
|Views: 8,915|Likes:
Published by H. Masrip Sarumpaet

More info:

Published by: H. Masrip Sarumpaet on Aug 22, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/05/2013

pdf

text

original

 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 47 TAHUN 2008 TENTANGWAJIB BELAJARDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 34 ayat (4)Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional perlu menetapkan Peraturan Pemerintahtentang Wajib Belajar;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301);M E M U T U S K A N :Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG WAJIB BELAJAR.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Wajib belajar adalah program pendidikan minimal yang harusdiikuti oleh warga negara Indonesia atas tanggung jawabPemerintah dan pemerintah daerah.2.
 
Pendidikan dasar adalah jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah, berbentuk Sekolah Dasar (SD)dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajatserta sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasahtsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat.3.
 
Sekolah Dasar yang selanjutnya disebut SD adalah salah satubentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakanpendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar.4 Madrasah . . .
 
 
- 2 -4.
 
Madrasah Ibtidaiyah yang selanjutnya disebut MI adalah salahsatu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakanpendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjangpendidikan dasar, di dalam pembinaan Menteri Agama.5.
 
Sekolah Menengah Pertama yang selanjutnya disebut SMPadalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yangmenyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikandasar sebagai lanjutan dari SD, MI, atau bentuk lain yangsederajat.6.
 
Madrasah Tsanawiyah yang selanjutnya disebut MTs adalahsalah satu bentuk satuan pendidikan formal yangmenyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agamaIslam pada jenjang pendidikan dasar sebagai lanjutan dari SD,MI, atau bentuk lain yang sederajat, di dalam pembinaanMenteri Agama.7.
 
Program paket A adalah program pendidikan dasar jalurnonformal yang setara SD.8.
 
Program paket B adalah program pendidikan dasar jalurnonformal yang setara SMP.9.
 
Pemerintah adalah Pemerintah pusat.10.
 
Pemerintah daerah adalah pemerintah provinsi, pemerintahkabupaten, atau pemerintah kota.11.
 
Menteri adalah menteri yang menangani urusan pemerintahandi bidang pendidikan nasional.BAB IIFUNGSI DAN TUJUANPasal 2(1)
 
Wajib belajar berfungsi mengupayakan perluasan danpemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutubagi setiap warga negara Indonesia.(2)
 
Wajib belajar bertujuan memberikan pendidikan minimal bagiwarga negara Indonesia untuk dapat mengembangkan potensidirinya agar dapat hidup mandiri di dalam masyarakat ataumelanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.BAB III . . .
 
 
- 3 -BAB IIIPENYELENGGARAANPasal 3(1)
 
Wajib belajar diselenggarakan pada jalur pendidikan formal,pendidikan nonformal, dan pendidikan informal.(2)
 
Penyelenggaraan wajib belajar pada jalur formal dilaksanakanminimal pada jenjang pendidikan dasar yang meliputi SD, MI,SMP, MTs, dan bentuk lain yang sederajat.(3)
 
Penyelenggaraan wajib belajar pada jalur pendidikan nonformaldilaksanakan melalui program paket A, program paket B, danbentuk lain yang sederajat.(4)
 
Penyelenggaraan wajib belajar pada jalur pendidikan informaldilaksanakan melalui pendidikan keluarga dan/atau pendidikanlingkungan.(5)
 
Ketentuan mengenai penyetaraan pendidikan nonformal danpengakuan hasil pendidikan informal penyelenggara programwajib belajar terhadap pendidikan dasar jalur formal diaturdalam peraturan perundang-undangan yang mengatur tentangpenyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan.Pasal 4Program wajib belajar diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintahdaerah sesuai kewenangannya, atau masyarakat.Pasal 5(1)
 
Satuan pendidikan dasar penyelenggara program wajib belajarwajib menjaga keberlangsungan pelaksanaan program wajibbelajar yang bermutu dan memenuhi Standar NasionalPendidikan.(2)
 
Satuan pendidikan dasar penyelenggara program wajib belajarwajib menerima peserta didik program wajib belajar darilingkungan sekitarnya tanpa diskriminasi sesuai daya tampungsatuan pendidikan yang bersangkutan.(3)
 
Penerimaan peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (2)pada SD/MI atau yang sederajat tidak mempersyaratkan bahwacalon peserta didik yang bersangkutan telah menyelesaikanpendidikan anak usia dini.(4) Satuan . . .

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hekta Martina liked this
Hekta Martina liked this
Hiro Tian Nanda liked this
Anton Sujarwo liked this
Gusty KeNeddy liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->