Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
manajemen LPI

manajemen LPI

Ratings: (0)|Views: 98 |Likes:
Published by m_mabrur
PAI, Pendidikan agama islam
PAI, Pendidikan agama islam

More info:

Published by: m_mabrur on Feb 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/18/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Untuk menjelaskan dan memahami arti dari administrasi pendidikan, maka kita tidak bisaterlepas dari bayangan kita mengenai istilah ”administrasi” pada umumnya.Istilah administrasi dalam bahasa inggris adalah ”administration” berasal dari kata latin”Ad” dan ”Ministraco” suatu kata kerja yang berati melayani atau membantu; sedangkan toadminister” berarti pula mengatur, mengarahkan.Oleh karena itu administrasi dapat berarti kegiatan untuk melayani, membantu, ataumengatur dan mengarahkan kepada pencapaian tujuan.Administrasi pendidikan adalah suatu proses keseluruhan kegiatan bersama dalam bidangpendidikan yang meliputi:1. perencanaan2. pengorganisasian3. pengarahan4. pelaporan5. pengkoordinasian6. pengawasan7. pembiayaanDari semua aspek tersebut diatas hanya bertujuan agar semua proses pembelajaranberjalan dengan efektif dan efisien.
BAB IIPEMBAHASAN
A. Pengertian AdministrasiPengertian  administrasi  menurut The Liang  Gie dan kawan-kawan  mendifinisikanadministrasi  yaitu  segenap  rangkaian  perbuatan  penyenggaraan  setiap  usaha  kerja  samasekelompok manusia untuk mencapai tujuan. Ada juga yang berpendapat bahwa administrasibisa diberi batasan sebagai usaha pengorganisasian dan pengarahan sumber tenaga manusiamaupun benda dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan.Dari berbagai pebngertian administrasi yang telah kami utarakan diatas maka dapatditemukan suatu analisis beberapa pokokk pengertian yang terkandung dari masing-masingdeminsi, yakni:a. Didalam kerja administrasi terdapat sebuah proses kerja sama.b. Aktifitas kerja sama dilakukan oleh sekelompok orang (dua orang atau lebih) secararasional.c. Adanya suatu tujuan tertentu yang akan dicapai melalui kegiatan kerjasama tersebut.Dari ketiga persamaan pokok pengertian tersebut dapat dianggap sebagai faktor penyebabtimbulnya administrasi dan semua faktor tesrbut merupakan satu kesatuan yang tidak dapatdipisahkan.Secara sempit sebagian orang seringkali mengistilah adninistrasi disebut tata usaha,sedangkan dalam arti lusas administrasi tiak hanya diartikan sekekedar ketata usahaan melainkanmeliputi  kegiatan-kegiatan  pengorganisasian  dan  pengarahan  sumber  tenaga  manusia  danmaterial dalam rangka untuk mencapai sebuah tujuan yang telah dirumuskan dan direncanakan.Disini administrasi pendidikan diartikan sebagai proses pengintegrasian sebagai usahaproses personel dan pendayagunaan sumber material sedemikian rupa untuk meningkatkanperkembangan kualitas manusia secara efektif.
 
Apabila dilihat dari dimensi manajerial proses aktifitas administrasi pendidikan menurutdivinisi diatas mencakup fungsi pokok pendayagunaan sumber tenaga manusia dan materialsecara efektif yang kesemuanya diartikan pada peningkatan mutu perkembangan anak, pemuda,orang dewasa dan personel sekolah.B. Dasar Dan Tujuan Administrasi PendidikanDasar-dasar AdministrasiAdministrasi dapat berkembang dan berhasil secara baik apabila didasarkan pada dasar-dasar yang tepat. Dibawah ini ada beberapa dasar yang dapat dibuat acauan agar administrasimencapai kesuksesan;a) Prinsip efisiensiAdministrator akan sukses dalam pekerjaannya apabila dia efisien dalam menggunakansemua sumber tenaga, dana serta fasilitas yang ada.b) Prinsip pengelolaanAdmibnistrator akan memperoleh hasil yang baik serta efisien apabila mengerjakansegala aktifitasnya berdasarkan kepada pekerjaan manajemen, yakni dengan merencakan,mengorganisasikan, mengarahkan dan mengontrol.c) Prinsip pengutamaan tugas pengelolaanJika seorang administrator mengerjakan pekerjaan manajemen disertai dengan tugas-tugas operatif, maka ia akan lebih memprioritaskan dan mengutamakan tugas-tugasoperatif. Oleh karena itu administrator harus mampu menghindar dari kecendruungannigatif ini, sebab apabila terlalu sibuk dengan tugas-tuga operatif, maka pekerjaanpokoknya yaitu pengelolaan akan terbengkalai.d) Prinsip kepemimpinan yang efektif Seorang administrator akan berhasil dalam pekerjaannya apabila dalam pekerjaannyamenggunakan gaya kepemimpinan yang efektif, yakni dengan memperhatikan dimensi-dimensi hubungan antara manusia, pelaksanaan tugas, serta dimensi situasi dan kondisiyang ada.e) Prinsip kerjasamaSeorang administrator akan berhasil dengan baik dilam pekerjaannya apabila ia mampumengembangkan kerjasama antara orang-orang yang terlibat didalamnya baik secarahorizontal atuapun vertikal.Tujuan AdministrasiTujuan umum dari administrasi pendidikan adalah agar semua kegiatan dapat mendukungtercapainya tujuan pendidikan atau dengan kata lain administrasi digunakan dalam duniapendidikan agar tujuan pendidikan itu tercapai. Oleh karena itu apabila administrasi dalampendidikan itu dapat berhasil dengan baik maka semakin baik pula tujuan pendidikan itu akantercapai dengan baik.Menurut  Sergiovanni  dan  Carver  (1975),  ada  empat  tujuan  administrasi  dalampendidikan, yaitu;1) Efektivitas produksi2) Efisiensi3) Kemampuan menyesuaikan diri4) Kepuasan kerjaKeempat tujuan administrasi pendidikan tersebut dapat digunakan sebagai kreteria untuk menentukan keberhasilan suatu penyenggaraan sekolah.Disampng itu dalam pencapain tujuan harus berusaha seefisien mungkin baik dalam daya,dana dan tenaga yang sekecil mungkin tetapi dengan hasil yang sebanyak mungkin.
 
Bila kita bicara tentang administrasi pendidikan  maka tidak  lepas pula kita jugamembicarakan tentang pendidikan sekolah, karena sekolah merupakan subsistem pendidikan.Tujuan administrasi pendidikan di Indonesia yang dilaksanakan di berbagai sekolah merupakansumber dari tujuan pendidikan nasional.Sedangkan  dalam lembaga atau  sekolah,  administrasi  pendidikan  subsistem dalampendidikan yang ada disekolah.Oleh karena itu seperti yang telah disebutkan diatas bahwa tujuan umum dari administrasipendidikan ini adalah untuk mencapai tujuan dari pendidikan disekolah sekalipun pada dasarnyadisetiap tingakatan dari sekolah yang ada di indonesia mempunya tujuan umum tersendiri.Oleh  karena  itu  dari  uraian  tersebut  diatas  administrasi  pendidikan  tidak  hannyamenyangkut soal ketata usahaan bahkan lebih dari itu, administrasi pendidikan juga menyangkutsemua  kegiatan  sekolah,  baik  mengenai  materi,  personel,  perencanaan,  kerja  sama,kepemimpinan, kurikulum dan lin sebagainya, yang harus diatur sehingga mencapai suasanayang memungkinkan tercapainya kondisi-kondisi belajar mengajar yang baik sehingga mencapaitujuan pendidikan yang diharapkan.Tanpa administrasi yang disertai kepemimpinan yang baik, sulit kiranya bagi sekolahuntuk berjalan lancar menuju kearah tujuan pendidikan yang seharusnya dicapai oleh sekolah.Untuk melaksanakan rencana atau program sehingga mencapai hasil yang baik juga diperlukanadanya organisasi dan koordinasi yang teratur, adanya komonikasi yang jelas dan lancar,pengawasan tyang kontinyu dan konsekuen, dan adanya evaluasi yang dilakukan dengan teratur dan tepat.C. Ruang Lingkup AdministrasiApabila kita membicarakan tentang ruang lingkup yang tercakuip dalam administrasipendidikan sangat sulit untuk di uraikan karena terlalu banyak cakupan yang ada didalamnya.Mungkin kami akan menjelaskan badang-bidang yang terpenting diketahui oleh kita selaku calonkepala sekolah.Bidang-bidang yang tercakup dalam administrasi pendidikan pada umumnya adalah:a. Bidang tata usaha sekolah1) Organisasi dan struktur pegawai tata usaha.2) Anggaran belanja keuangan sekolah.3) Kepegawaian dan personalia sekolah.4) Keuangan dan pembukuannya.5) Korespondensi atau surat menyurat.6) Pengangkatan, pemindahan, penempatan, pelaporan, pengisian buku induk, rapor dansebagainya.b. Bidang personalia murid.1) Organisasi murid.2) Kesehatan murid.3) Kesejahtraan murid.4) Evaluasi kemajuan murid.5) Buimbingan dan penyuluhan bagi murid.c. Bidang personalia guru.1) Pengangkatan dan penempatan tenaga guru.2) Organisasi personel guru.3) Masalah kepegawaian.4) Masalah kondite dan evaluasi kemajuan guru.5) Refreshing dan up-grading guru.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->