Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TBC

TBC

Ratings: (0)|Views: 260 |Likes:
Published by Alfreed Richardson

More info:

Published by: Alfreed Richardson on Feb 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/17/2013

pdf

text

original

 
4 
BAB IILANDASAN TEORI
 
Pada landasan teori ini penulis akan menjelaskan mengenai anaotmi fisiologi,konsep dasar penyakit dan proses asuhan keperawatan pada klien dengantuberkulosus paru.
A
 
ONSEP DASAR MEDIS1.
 
Definisi
T
uberkulosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh
Mycobacterium tuberculosis
dan penularan melalui udara. (Black, 1997).
T
uberkulosis adalah penyakit infeksius, yang terutama menyerangparenkim paru. (Smeltzer & Bare, 1997
)
.
T
uberkulosis adalah suatu penyakit infeksi kronik pada paru yangkarakteristiknya melalui formasi tuberkel atau granulomas. (Luckman &Sorensens, 1993).Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa
T
uberkulosaParu (
T
BC)  adalah penyakit infeksi yang menular, bersifat kronis, akut atausub akut dimana tempat predileksinya pada parenkim paru dan dapat meluaspada bagian tubuh yang lain yang disebabkan oleh kuman  Mikobakterium
T
uberkulosis berbentuk batang  bersifat tahan terhadap asam (B
TA
), bersifatdorman  dan dapat hidup lama tetapi virulen dalam lingkungannya. 
2
.
 
Anatomi Sistem Pernapasan
a.
 
A
natomi Sistem Pernapaan
A
tas1)
 
HidungMerupakan saluran udara yang pertama, mempunyai 2 lubang(kavum nasi), dipisahkan oleh sekat hidung (septum nasi).Didalamnya terdapat bulu-bulu yang berguna menyaring udara, debudan kotoran yang masuk kedalam lubang hidung. Jalan nafas ini
 
 5  berfungsi sebagai penyaring kotoran dan melembabkan sertamenghangatkan udara yang dihirup ke dalam paru-paru.2)
 
Sinus ParanasalSinus-sinus paranasal termasuk empat pasang rongga bertulang yangdilapisi oleh kumosa hidung dan epitel kolumnar bertingkat semuayang bersilia. Rongga-rongga udara ini dihubungkan olehserangkaian duktus yang mengalir ke dalam rongga hidung. Sinus-sinus disebut berdasarkan letaknya, yaitu: sinus frontalis, etmoidalis,sfenoidalis, dan maksilaris.3)
 
Konka ( tulang turbinasi)
T
ulang turbinasi, atau konka nama yang ditunjukkan olehpenampilannya yang seperti siput, mengambil bentuk dan posisisedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan permukaan membranmukosa saluran hidung dan untuk sedikit menghambat arus udarayang mengalir melaluinya.4)
 
Faring,
T
onsil, dan
A
denoidFaring, atau tenggorok, adalah struktur seperti tuba yangmenghubungkan hidung dan rongga mulut ke laring. Faring dibagimenjadi tiga region: nasal, oral, dan laring.5)
 
LaringLaring, atau organ suara, adalah struktur epitel kartilago yangmenghubungkan faring dan trakea.Fungsi utama laring adalah untuk memungkinkan terjadinyavokalisasi. Laring juga melindungi jalan nafas bawah dari obstruksibenda asing yang memudahkan batuk. Laring sering disebut sebagaikotak suara.b.
 
A
natomi Paru1)
 
PleuraBagian terluar dari paru-paru dikelilingi oleh membran halus, licinyaitu pleura, yang juga meluas untuk membungkus dinding interior 
 
 6  toraks dan permukaan superior diafragma. Pleura parietalis melapisitoraks, dan pleura viseralis melapisi paru-paru.
A
ntara kedua pleuraini terdapat ruang, yang disebut spasium pleura, yang mengandungsejumlah kecil cairan yang melicinkan permukaan danmemungkinkan keduanya bergeser dengan bebas selama ventilasi.2)
 
MediastinumMediastinum adalah dinding yang membagi rongga toraks menjadidua bagian. Mediastinum terbentuk dari dua lapisan pleura. Semuastruktur toraks kecuali paru-paru terletak antara kedua lapisan pleura.3)
 
LobusSetiap paru dibagi menjadi lobus-lobus. Paru kiri terdiri atas lobusbawah atas, tengah, dan bawah. Setiap lobus lebih jauh dibagi lagimanjadi dua segmen yang dipisahkan oleh fisura, yang merupakanperluasan pleura.4)
 
Bronkus dan Bronkiolus
T
erdapat beberapa divisi bronkus didalam setiap lobus paru. Pertamaadalah bronkus lobaris (tiga pada paru kanan dan dua pada paru kiri).Bronkus lobaris dibagi menjadi bronkus segmental (10 pada parukanan dan 8 pada paru kiri), yang merupakan struktur yang dicariketika memiliki posisi drainase postural yang paling efektif untuk pasien tertentu. Bronkus segmental kemudian dibagi lagi menjadibronkus subsegmental. Bronkus ini dikelilingi oleh jaringan ikatyang memiliki arteri, limfarik, dan saraf.5)
 
A
lveoliParu terbentuk oleh sekitar 300 juta alveoli, yang tersusun dalamkluster antara 15 sampai 20 alveoli. Begitu banyaknya alveoli inisehingga jika mereka bersatu untuk membentuk satu lembar, akanmenutupi are 70 meter persegi (seukuran lapangan tenis).  

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Yaya Shazar liked this
Hantrini Hilmi liked this
Guntabozt liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->