Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelainan Jantung Kongenital

Kelainan Jantung Kongenital

Ratings: (0)|Views: 209 |Likes:
Published by Alfreed Richardson

More info:

Published by: Alfreed Richardson on Feb 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/19/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IITINJAUAN TEORITIS
 
A.
 
Konsep
Da
s
ar M
edis
 
1.
 
Anatomi-FisiologiJantung merupakan sebuah organ yang terdiri dari otot. Otot jantungmerupakan jaringan istimewa karena kalau dilihat dari bentuk dan susunannyasama dengan otot serat lintang, tetapi cara bekerjanya menyerupai otot polosyaitu di luar kemauan kita (dipengaruhi oleh susunan saraf otonom).a.
 
Bentuk Menyerupai jantung pisang, bagian atasnya tumpul (pangkal jantung)dan disebut juga basis kordis. Di sebelah bawah agak runcing yang disebutapeks kordis.b.
 
Letak Di dalam rongga dada sebelah depan (kavum mediastinum anterior),seblah kiri bawah dari pertengahan rongga dada, di atas diafragma danpangkalnya terdapat di belakang kiri antara kosta V dan VI dua jari di bawahpapila mamae. Pada tempat ini teraba adanya pukulan jantung yang disebutiktus kordis. c.
 
UkuranLebih kurang sebesar genggaman tangan dan beratnya kira-kira 250-300 gram. d.
 
Lapisan-lapisannya1)
 
EndokardiumMerupakan lapisan jantung yang terdapat di sebelah dalam sekaliyang terdiri dari jaringan endotel atau selaput lendir yang melapisipermukaan rongga jantung.  
 
2 
2)
 
MiokardiumMerupakan apisan inti dari jantung yang terdiri dari otot jantung,otot jantung ini membentuk bundalan-bundalan otot yaitu :a)
 
Bundalan otot atria, yang terdapat di bagian kiri/kanan dan basiskordis yang membentuk serambi atau aurikula kordis.b)
 
Bundalan otot ventrikuler, yang membentuk bilik janung yangdimulai dari cincin atrioventrikuler sampai di apeks jantung.c)
 
Bundalan otot atrioventrikuler, yang merupakan dinding pemisahantara serambi dan bilik jantung. 3)
 
PerikardiumLapisan jantung sebelah luar yang merupakan selaputpembungkus, terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan parietal dan viseralyang bertemu di pangkal jantung yang membentuk kantung jantung.Diantara kedua lapisan jantung ini terdapat terdapat lendir sebagipelicin untuk menjaga agar pergesekan antara perikardum pleura tidak menimbulkan gangguan terhadap jantung.Jantung bekerja selama kita masih hidup, karena itumembutuhkan makanan yang dibawa oleh darah, pembuluh darah yangterpenting dan memberikan darah untuk jantung dari aorta asendensdinamakan arteri koronaria.Jantung dipesarafi oleh nervus simpatikus/nervus akselerantis,untuk menggiatkan kerja jantung dan Nervus parasimpatikus, khususnyacabang dari nervus vagus yang bekerja memperlambat kerja jantung. e.
 
Pergerakan JantungJantung dapat bergerak yaitu mengembang dan menguncup yangdisebabkan oleh karena adanya rangsangan yang berasal dari susunan saraf otonom.
 
3 
Rangsangan ini diterima oleh jantung pada simpul saraf yang terletak pada atrium dekstra dekat masuknya vena cava yang disebut Nodus SinoAtrial.Dari sisi rangsangan akan diteruskan ke dinding atrium dan juga kebagian septum kordis oleh nodus atrio ventrikular atau simpul tawara melaluiberkas wenkebach.Dari simpul tawara rangsangan akan melalui bundel atrio ventrikuler (berkas his) dan pada bagian cincin yang terdapat antara atrium dan ventrikelyang disebut anulus fibrosus, rangsangan akan terhenti kira-kira 1/10 detik.Seterusnya rangsangan tersebut akan diteruskan ke dalam apekskordis dan melalui berkas purkinye disebarkan ke seluuh dinding ventrikeldengan demikian jantung berkontraksi.Dalam kerjanya jantung mempunyai tiga periode yaitu:1)
 
Periode kontraksi (periode sistole)Suatu keadaan di mana jantung bagian ventrikel dalam keadaanmenguncup. Katup bikus dan trikuspidalis dalam keadaan tertutup valvulasemilunaris aorta dan valvula semilunaris arteri pulmonaris terbuka,sehingga darah dari ventrikel dextra mengalir ke arteri pulmonalis masuk ke paru-paru kiri dan kanan, sedangkan darah dari ventrikel sinistramengalir ke aorta kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.2)
 
Periode dilatasi (periode diastole)Suatu keadaan di mana jantung mengembang. Katup bikus dantrikuspidalis terbuka, sehingga darah dari atrium sinistra masuk ventrikelsinistra dan darah dari atrium dekstra masuk ke ventrikel dekstra.Selanjutnya darah yang ada di paru-paru kiri dan kanan melalui venapulmoalis masuk ke atrium sinistra dan darah dari seluruh tubuh melaluivena kava masuk ke atrium dekstra.3)
 
Periode istirahatYaitu waktu antara periode kontraksi dan dilatasi di mana jantungberhenti kira-kira 1/10 detik. Pada waktu kita beristirahat jantung akanmenguncup sebanyak 70-80 kali/menit. Pada tiap-tiap kontriksi jantung

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
nunu almaidin liked this
Conand Hardy liked this
Arri Widyanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->