Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kanker Testis

Kanker Testis

Ratings: (0)|Views: 130 |Likes:
Published by Inna Sholati

More info:

Published by: Inna Sholati on Feb 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2013

pdf

text

original

 
Kanker Testis (Buah Zakar)
 
DEFINISI
Kanker Testis adalah pertumbuhan sel-sel ganas di dalam testis (buah zakar), yang bisamenyebabkan testis membesar atau menyebabkan adanya benjolan di dalam skrotum (kantungzakar).
PENYEBAB
Kebanyakan kanker testis terjadi pada usia di bawah 40 tahun.Penyebabnya yang pasti tidak diketahui, tetapi ada beberapa faktor yang menunjang terjadinyakanker testis:
Testis undesensus (testis yang tidak turun ke dalam skrotum)
Perkembangan testis yang abnormal
Sindroma Klinefelter (suatu kelainan kromosom seksual yang ditandai dengan rendahnyakadar hormon pria, kemandulan, pembesaran payudara (ginekomastia) dan testis yangkecil).Faktor lainnya yang kemungkinan menjadi penyebab dari kanker testis tetapi masih dalam taraf penelitian adalah pemaparan bahan kimia tertentu dan infeksi oleh HIV.Jika di dalam keluarga ada riwayat kanker testis, maka resikonya akan meningkat.1% dari semua kanker pada pria merupakan kanker testis.Kanker testis merupakan kanker yang paling sering ditemukan pada pria berusia 15-40 thun.Kanker testis dikelompokkan menjadi:Seminoma : 30-40% dari semua jenis tumor testis.Biasanya ditemukan pada pria berusia 30-40 tahun dan terbatas pada testis.Non-seminoma : merupakan 60% dari semua jenis tumor testis.Dibagi lagi menjadi beberapa subkategori:
 
- Karsinoma embrional : sekitar 20% dari kanker testis, terjadi pada usia 20-30 tahun dan sangatganas. Pertumbuhannya sangat cepat dan menyebar ke paru-paru dan hati.- Tumor yolk sac : sekitar 60% dari semua jenis kanker testis pada anak laki-laki.- Teratoma : sekitar 7% dari kanker testis pada pria dewasa dan 40% pada anak laki-laki. -Koriokarsinoma.- Tumor sel stroma : tumor yang terdiri dari sel-sel Leydig, sel Sertoli dan sel granulosa. Tumor ini merupakan 3-4% dari seluruh jenis tumor testis. Tumor bisa menghasilkan hormon estradiol,yang bisa menyebabkan salah satu gejala kanker testis, yaitu ginekomastia.
GEJALA
Gejala berupa:- Testis membesar atau teraba aneh (tidak seperti biasanya)- Benjolan atau pembengkakan pada salah satu atau kedua testis- Nyeri tumpul di punggung atau perut bagian bawah - Ginekomastia- Rasa tidak nyaman/rasa nyeri di testis atau skrotum terasa berat.Tetapi mungkin juga tidak ditemukan gejala sama sekali.
DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.Pemeriksaan lainnya yang biasa dilakukan:
USG skrotum
Pemeriksaan darah untuk petanda tumor AFP (alfa fetoprotein), HCG (human chorionicgonadotrophin) dan LDH (lactic dehydrogenase).
Hampir 85% kanker non-seminoma menunjukkan peningkatan kadar AFP atau betaHCG.
Rontgen dada (untuk mengetahui penyebaran kanker ke paru-paru)
CT scan perut (untuk mengetahui penyebaran kanker ke organ perut)
Biopsi jaringan.
PENGOBATAN
Pengobatan tergantung kepada jenis, stadium dan beratnya penyakit.Setelah kanker ditemukan, langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan jenis selkankernya.Selanjutnya ditentukan stadiumnya:
Stadium I : kanker belum menyebar ke luar testis
Stadium II : kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di perut
Stadium III : kanker telah menyebar ke luar kelenjar getah bening, bisa sampai ke hatiatau paru-paru.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->