P. 1
Aplikasi Inventaris

Aplikasi Inventaris

Ratings: (0)|Views: 24,832 |Likes:

More info:

Published by: Bagus Windhya Kusuma Wardana on Feb 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/22/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN HASILPRAKTEK KERJA LAPANGAN
Diajukan Untuk Melengkapi Salah Satu Syaratdalam Menyelesaikan Pendidikan Strata-1
APLIKASI INVENTARIS KANTORPADA SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI KALIMANTANSELATAN
OLEH :BAGUS WINDHYA KUSUMA WARDANANIM. 3101 0701 1033
PROGRAM STRATA SATU (S-1)PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASISEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER(STMIK BANJABARU)BANJARBARU2010
 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi dewasa ini sangat terasa manfaat nya dalammembantu permasalahan dalam proses suatu kegiatan. Kegiatan yang umumnyamenggunakan peranan teknologi informasi yaitu pengolahan data keuangan, pengolahandata jual beli, pengolahan data kepegawaian, pengolahan data inventarisasi barang danlain-lain.Sekretariat daerah Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu wadah yangbergerak di bidang pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu kegiatanyang ada di Sekretariat daerah Provinsi Kalimantan Selatan adalah inventarisasi barang.Inventarisasi barang merupakan pencatatan data yang hubungannya denganbarang atau aset di dalam sebuah instansi. Umumnya kegiatan dalam inventarisasi barangadalah pencatatan pengadaan barang, penempatan, mutasi,dan pemeliharaan.Selama ini proses inventarisasi barang di kantor Sekretariat Daerah ProvinsiKalimantan Selatan masih manual di buku. Sehingga tidak jarang sering terjadi kesalahandata, kehilangan data, ketidak akuratan data bahkan sulit dalam mencari arsip data yangterdahulu.Oleh karena itu, penggunaan komputer sangat perlu guna mencapai pelayananyang optimal. Sehingga dengan adanya aplikasi ini diharapkan proses inventarisasibarang dapat berjalan dengan cepat dan lancar serta mengurangi kesalahan-kesalahanyang dapat terjadi.
B.
 
Tujuan Laporan PKL
Tujuan dari laporan praktek kerja lapangan ini adalah1.
 
Untuk membuat sebuah aplikasi inventarisasi barang pada Sekretariat Daerah ProvinsiKalimantan Selatan.2.
 
Untuk membantu memudahkan dalam pengolahan data inventarisasi barang.
C.
 
Rumusan Masalah
Mata kuliah Kerja Praktek merupakan salah satu ilmu akademik yang melatih kitauntuk menerapkan ilmu-ilmu yang didapat di akademik dalam dunia nyata. Pada mata
 
kuliah kerja praktek ini mahasiswa dituntut untuk terjun langsung dalam dunia kerja.Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan diatas, maka rumusan masalahnyaadalah, bagaimana membuat aplikasi yang dapat mengendalikan proses pengolahan datainventarisasi barang?
D.
 
Batasan Masalah
Pembahasan dalam aplikasi inventaris kantor pada Sekretariat Daerah ProvinsiKalimantans Selatan hanya pada proses pengolahan data pengadaan, pengkodeaan,penempatan, mutasi, dan pemeliharaan, serta laporan-laporan yang diperlukan sepertilaporan sumber pengadaan barang, laporan barang, laporan lokasi penempatan barang,laporan pengadaan barang, laporan pengkodean, laporan penempatan, laporan mutasi,laporan pemeliharaan, dan laporan inventaris barang pada Sekretariat Daerah ProvinsiKalimantan Selatan.
E.
 
Metodologi Pengumpulan Data
Metode-metode yang digunakan dalam rangka memperoleh bahan untuk pembuatanprogram dan penyusunan laporan adalah sebagai berikut :1.
 
Metode ObservasiMetode observasi merupakan metode untuk melaksanakan pengamatan denganpencatatan data secara langsung. Pengamatan dilakukan pada atribut – atribut dariinventarisasi barang. Pengamatan ini dilakukan agar dapat memahami data – data yangdiperlukan sehingga pada akhirnya nanti akan dapat mengelompokkannya ke dalamsuatu file dengan mudah. Pengamatan di lakukan di dalam ruang lingkup kinerjaSekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan2.
 
Metode InterviewMetode interview merupakan metode untuk melakukan tanya jawab tentang masalahyang diamati dan dianggap belum dimengerti bagaimana teknis untuk mendapatkandata. Melakukan wawancara dengan pihak – pihak yang berhubungan langsungdengan proses inventarisasi barang, dalam hal ini dengan mengajukan pertanyaan –pertanyaan yang sesuai dengan pembahasan yang akan dibahas. Wawancara dilakukanlangsung di Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan kepada pihak yangmengerjakan proses inventarisasi barang.3.
 
Metode Literatur

Activity (222)

You've already reviewed this. Edit your review.
Dika Suchini Harajuku added this note
file is amazing and I need this file
1 thousand reads
1 hundred reads
Iya Reydova Riansyach added this note
qwo gga bisa di don;oad sih
Reza Namanya liked this
Fevbrina Sylvia liked this
Reza Namanya liked this
Reza Namanya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->