Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pengaruh kerusakan hutan terhadap lingkungan

pengaruh kerusakan hutan terhadap lingkungan

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 1,509 |Likes:

More info:

Published by: Ciq Saja Kurusan Dikit on Mar 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Hutan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang dianugerahkankepada Bangsa Indonesia, merupakan kekayaan yang dikuasai oleh Negarayang memberikan manfaat serbaguna bagi umat manusia, cenderungkondisinya semakin menurun. Hutan juga merupakan salah satu sumber dayaalam yang berperan dalam menjaga, mempertahankan dan meningkatkanketersediaan air dan kesuburan tanah. Ketersediaan air dan kesuburan tanahmerupakan urat nadi kehidupan manusia.Indonesia dikenal memiliki hutan tropis yang cukup luas dengankeaneka-ragaman hayati yang sangat tinggi dan bahkan tertinggi kedua didunia setelah Brazillia. Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh BadanPlanologi Kehutanan RI tahun 2000 bahwa luas hutan Indonesia adalah 120,3 juta hektar atau 3,1% dari luas hutan dunia (Suhendang, 2002). Seiringdengan berjalannya waktu dan tingkat kebutuhan akan kayu semakinmeningkat, mendorong masyarakat baik secara individu maupun kelompokmelakukan eksploitasi hasil hutan dengan tidak memperhatikankelestariannya. Eksploitasi hasil hutan tersebut biasanya dilakukan secarailegal seperti melakukan pembalakan liar, perambahan, pencurian yangmengakibatkan kerusakan hutan di Indonesia tidak terkendali (laju kerusakanhutan Indonesia 2,8 juta hektar per tahun). Akibatnya, kerusakan hutan ataulingkungan tak terkendali tersebut mengakibatkan luas hutan semakinmenurun, lahan kritis semakin bertambah, dan sering terjadi bencana alamseperti banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya.Kerusakan hutan di Indonesia tidak hanya terjadi pada hutan alamtetapi juga telah terjadi pada hutan lindung. Padahal, hutan lindung memilikifungsi yang spesifik terutama berkaitan dengan ketersediaan air. Aimerupakan sumber kehidupan yang sangat penting terhadap keberlanjutankehidupan bagi semua mahluk hidup. Hal ini seperti telah tertuang dalamUndang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Ketentuan Pokok Kehutananyang menjelaskan bahwa hutan lindung merupakan kawasan hutan karenakeadaan sifat alamnya diperuntukkan guna pengaturan tata air, pencegahanbanjir dan erosi serta pemeliharaan kesuburan tanah. Oleh karena itu, hutanlindung perlu perhatian yang serius dari semua pihak agar kelestariannya tetapterjamin.Kerusakan hutan yang terus terjadi telah mengakibatkan malapetakadan bencana yang menelan korban harta dan jiwa yang tidak sedikit, sepertimusibah kebakaran dan kekeringan pada musim kemarau, banjir dan tanahlongsor pada musim hujan dan lain sebagainya. Hal ini tertentu merupakantantangan bagi semua pihak untuk mencari akar permasalahan dan solusipemecahannya.
1
 
B.Rumusan Masalah
Dari uraian di atas dapat dirumuskan masalah penelitian sebagaiberikut :(1) Apakah kerusakan hutan berpengaruh besar terhadap lingkungan disekitar kawasan hutan ?(2) Bagaimana cara melibatkan masyarakat dalam proses pemberdayaankawasan sekitar hutan ?(3) Upaya-upaya apakah yang dapat dilakukan pemerintah untukmeningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus menjagakelestarian hutan ?
2
 
BAB IIPEMBAHASANA.Pengertian Hutan
Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisisumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuanalam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.Kawasan hutan adalah wilayah tertentu yang ditunjuk dan atauditetapkan oleh pemerintah untuk dipertahankan keberadaannya sebagaihutan tetap.Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokoksebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air,mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, danmemelihara kesuburan tanah.Kawasan hutan lindung adalah kawasan hutan yang telah ditentukanoleh pemerintah untuk dilindungi dari segala macam aktivitas manusia yangmengakibatkan kerusakan hutan atau kehilangan fungsi hutan, sepertimengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah.
B.Peran Hutan Terhadap Lingkungan
a.Peran Hutan
Hutan bukanlah warisan nenek moyang, tetapi pinjaman anak cucukita yang harus dilestarikan. Jika terjadi bencana, maka dipastikan, biaya'recovery' jauh lebih besar ketimbang melakukan pencegahan secara dini.Begitu pentingnya fungsi hutan sehingga pada 21 Januari 2004 PresidenMegawati merasa perlu mencanangkan Gerakan Nasional RehabilitasiHutan dan Lahan (GN-RHL) yaitu gerakan moral yang melibatkan semuakomponen masyarakat bangsa untuk memperbaiki kondisi hutan dan lahankritis. Dengan harapan, agar lahan kritis itu dapat berfungsi optimal, yang juga pada gilirannya bermanfaat bagi masyarakat sendiri. Tujuanmelibatkan komponen masyarakat, tentu saja, agar mereka menyadaribahwa hutan dan lingkungan itu sangat penting dijaga kelestariannya.Hutan memiliki fungsi yang penting bagi kehidupan manusiadiantaranya sebagai berikut
1.Pelestarian Plasma Nutfah
Plasma nutfah merupakan bahan baku yang penting untukpembangunan di masa depan, terutama di bidang pangan, sandang,papan, obat-obatan dan industri.
3

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ahmad Alie liked this
anolemphad liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->