Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
jurnal_pembelajaran bahasa arab aktif dengan media permainan

jurnal_pembelajaran bahasa arab aktif dengan media permainan

Ratings: (0)|Views: 2,408 |Likes:
Published by zulheddi

More info:

Published by: zulheddi on Mar 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

 
Dr. Zulheddi, MA
Dosen Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab,IAIN Sumatera Utara
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB AKTIFDENGAN MEDIA PERMAINAN
ﻡﻴﻠﻌﺘ ﺔﻴﺒﺭﻌﻟﺍ ﺔﻐﻠﻟﺍ ﻡﻴﻠﻌﺘ ﻲﻓ ﺔﺒﻌﻠﻟﺍ لﺌﺎﺴﻭﺒ ﻁﺎﺸﻨﻟﺍ 
Abstrak 
ﺔﻐﻠﻟﺍ ﻡﻴﻠﻌﺘ ﻲﻓ ﺏﺎﻌﻟﻷﺍ ﺢﻠﻁﺼﻤ ﻡﺩﺨﺘﺴﺍ ﺩﻘﻟ ؛ﻥـﻤ ﺎﻌـﺴﺍﻭ ﻻﺎـﺠﻤ ﻰﻁﻌﻴ ﻲﻜﻟ ﻡﺍﺩﺨﺘﺴﺍ ﻰﻠﻋ ﺏﻴﺭﺩﺘﻟﺍ ﻲﻓ ﻡﺩﺨﺘﺴﺘ ﻲﺘﻟﺍ ﺔﻴﻠﺼﻔﻟﺍ ﺔﻁﺸﻨﻷﺍﻩﺫﻫﻭ ،ﺎﻬﺘﺴﺭﺎﻤﻤﻭ ﺔﻐﻠﻟﺍﺏﺎﻌﻟﻷﺍ ﻩﺫﻫ ﻡﻬﺴﺘ ﺙﻴﺤ ؛ﻪﻬﻴﺠﻭﺘﻭ ﻡﻠﻌﻤﻟﺍ ﻑﺍﺭﺸﻹ ﻊﻀﺨﺘ ﺏﺎﻌﻟﻷﺍﺭﻴﺴـﻴﺘ ﻲـﻓ ﺔﻨﻴﻌﻤ ﺩﻋﺍﻭﻘﺒ ﺔﻤﻭﻜﺤﻤ ﺔﺒﻌﻟ لﻜﺸ ﻲﻓ ﺔﻐﻠﻟﺍ ﻡﻠﻌﺘ ﺔﻴﻠﻤﻋ.
 
ﻲﻫ ﺔﻴﻭﻐﻠﻟﺍ ﺏﺎﻌﻟﻷﺍ"ﻡﺘﻴ ﻁﺎﺸﻨ ﻴـﺴﺭﺍﺩﻟﺍ ﻥﻴـﺒ ﻥ  –ﻥﻴﺴـﻓﺎﻨﺘﻤ ﻭﺃ ﻥﻴﻨﻭﺎـﻌﺘﻤ  –  ﺔﻋﻭﻀﻭﻤ ﺩﻋﺍﻭﻗ ﺭﺎﻁﺇ ﻲﻓ ﻡﻬﺘﻴﺎﻏ ﻰﻟﺇ لﻭﺼﻭﻠﻟ ﺃ ،ﻲﻫ ﻯﺭﺨﺃ ﺓﺭﺎﺒﻌﺒ ﻭ "ﺔﻋﻭﻤﺠﻤ  ﻥﻤ ﺔـﻌﺘﻤﻤ ﺔﻠﻴـﺴﻭﺒ ﻡﻠﻌﺘـﻤﻟﺍﻭ ﻡـﻠﻌﻤﻟﺍ ﺩﻴﻭﺯﺘ ﻰﻟﺇ ﻑﺩﻬﺘ ﻲﺘﻟﺍ ﺔﻴﻠﺼﻔﻟﺍ ﺔﻁﺸﻨﻷﺍﺏﻴﺭﺩﺘﻠﻟ ﺔﻗﻭﺸﻤﻭ ﺔـﻴﻭﻐﻠﻟﺍ ﺕﺍﺭﺎﻬﻤﻟﺍ ﺔﻴﻤﻨﺘﻟ ﺯﻓﺍﻭﺤﻟﺍ ﺭﻴﻓﻭﺘﻭ ، ﺔﻐﻠﻟﺍ ﺭﺼﺎﻨﻋ ﻰﻠﻋﺩﻋﺍﻭﻗ ﺭﺎﻁﺇ ﻲﻓ ﺔﻔﻠﺘﺨﻤﻟﺍﻰـﻠﻋ ﻪـﺘﺒﻗﺍﺭﻤﻟ ﻭﺃ ﻡﻠﻌﻤﻟﺍ ﻑﺍﺭﺸﻹ ﻊﻀﺨﺘ ﺔﻋﻭﻀﻭﻤ لﻗﻷﺍ
".
 
 Kata Kunci; Pembelajaran Aktif, Media Pembelajaran
 Pendahuluan
Pembelajaran bahasa Arab yang baik adalah pembelajaran yang aktif.Pembelajan aktif dapat dilakukan oleh seorang guru yang kreatif dan inovatif yangselalu memperhatikan prinsip-prinsip pengajaran bahasa dan mampu mengumpulkangagasan/ide untuk diramu dari hal-hal yang biasa menjadi luar biasa, khususnyadalam mengajarkan kemahiran berbahasa, baik 
istima’, kalam, qiraah,
maupun
 kitabah
.Dalam pembelajaran aktif (active learning) menekankan media yang dipakaiuntuk menyampaikan pembelajaran, kegiatan belajar apa yang dilakukan siswa, danstruktur belajar mengajar bagaimana yang digunakan. Secara lengkap ada tigakomponen yang perlu diperhatikanuntuk mempreskripsikan strategi penyampaian,yaitu: Pertama, Media Pembelajaran sebagai komponen strategi penyampaian yang
 
٢dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada siswa, baik berupa orang, alatmaupun bahan. Kedua, Interaksi siswa dengan media sebagai komponen strategi penyampaian pembelajaran yang mengacu kepada kegiatan apa yang dilakukan olehsiswa dan bagaimana peranan media dalam merangsang kegiatan belajar. Ketiga,Bentuk (struktur) belajar mengajar sebagai komponen strategi penyampaian pembelajaran yang mengacu kepada apakah siswa belajar dalam kelompok besar,kelompok kecil, perseorangan, ataukah belajar mandiri.
1
 Untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran maka dapat digunakan media-media yang menarik perhatian para siswa dan menyenangkan. Dalam istilah yang populer saat ini adalah apa yang kita kenal dengan PAKEM, yaitu Pembelajaran Aktif Kreatif Inovatif, Efektif dan Menyenangkan.
2
 Pembelajaran yang menyenangkan akan mengundang alam bawah sadar para peserta didik, sehingga menjauhkan rasa bosa pada diri siswa atau peserta didik tersebut.(Hypno Teaching)
3
 Disamping itu, bermain adalah natur manusia. Mulai dari anak-anak hinggaorang dewasa. Bermain juga memberikan banyak manfaat. Dari kegiatan untuk menjalin keakraban hingga aktifitas untuk melemaskan otot dan merilekskan otak.(Hendri Bun)
4
 
PAKEM Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkankemampuan guru dalam mengelola kelas, terutama kemampuan guru dalammemanfaatkan media yang bisa menciptakan suasana nyaman dan menyenangkansehingga dapat menarik minat dan mengaktifkan siswa untuk mengikuti pelajaran baik secara mandiri ataupun kelompok. Sejauh ini belajar bahasa Arab masih kurangdiminati masyarakat jika dibandingkan dengan bahasa-bahasa yang lain.
 
Hal ini karena pada umumnya bahasa Arab tidak menggema dalamlingkungan kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlu adanya suasana yang dapatmenumbuhkan minat siswa yang lebih akan belajar bahasa arab. Salah satu cara untuk menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan dalam pembelajaran adalah dengan bermain. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat menarik minat dan mengaktifkan semua siswa dalam proses belajar mengajar bahasa arab.
 
Di antara metode pembelajaran yang diduga dapat memberikan perbaikandan peningkatan mutu pembelajaran tersebut adalah pembelajaran konstruktifismedan kooperatif. Dalam pembelajaran kooperatif, terdapat berbagai model pembelajaran yang bisa diterapkan untuk pembelajaran bahasa Arab. Pada prakteknya, pembelajaran Kooperatif adalah membagi siswa dalam kelompok.Pembelajaran Kooperatif memiliki banyak meodel diantaranya adalah mencari pasangan, kepala bernomor, dua tinggal dua tamu, dan model jigsaw, , dll (ModulPLPG Fak Tarbiyah IAIN SU).
5
 Dalam pembelajaran bahasa Arab, aneka model media bisa digunakan sepertimacromedia flash untuk materi
al-a'mal al-yaumiyyah
, penggunaan TTS untuk meningkatkan pemerolehan kosakata, Teks Acak untuk melatih ketelitian siswa, penggunaan lagu untuk meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan kartu kata dankartu bergambar untuk meningkatkan prestasi siswa, penerapan media permainan ular tangga untuk meningkatkan perolehan kosa kata, dan masih banyak lagi media permainan yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat siswa terutama untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar.
6
 Dengan kata lain, peran media permainan tak kalah pentingnya dengan perankompetensi guru yang memadai dalam proses belajar. Hal ini disebabkan karena
 
٣media permainan dapat memberikan peluang yang lebih dalam memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal jika dibandingkan dengan proses pembelajaran yangmengabaikan media permainan sebagai penunjang keberhasilan pembelajaran. Untuk itu, ada baiknya kita memberikan perhatian akan pengembangan media permainandalam suatu proses belajar mengajar.Berikut ini adalah beberapa contoh pembelajaran aktif memalui metode-metode permainan yang diharapkan bisa menarik minat siswa dalam belajara bahasaarab, atau juga bisa dijadikan sebagai selingan dan ice breaking dalam proses pembelajaran.
TEKS ACAK 
Strategi ini sangat baik digunakan untuk mata kuliah / pelajaran bahasa arab.
Langkah-langkah
1.
 
Pilih bacaan yang akan disampaikan2.
 
Potong bacaan tersebut menjadi beberapa bagian. Potongan bisa dilakukan perkalimat atau per dua kalimat.3.
 
 bagi mahasiswa / siswa menjadi beberapa kelompok kecil.4.
 
Beri setiap kelompok satu bacaan utuh yang sudah dipotong-potong5.
 
Tugas Mahasiswa / siswa adalah menyusun bacaan sehingga dapat dibacadengan urut.6.
 
Pelajari teks bacaan dengan mahasiswa/siswa dengan cara yang andakehendaki.Untuk kuliah bahasa Arab dengan materi 'qiraah al isti'ab' dapat dilakukan seperti pada contoh dibawah ini:
ﻲﻤﻠﻌﻤ  
ﻪﻤﺴﺍ ،ﺎﻤﺠ ﺎﺒﺤ ﻪﺒﺤﺃ ﻡﻠﻌﻤ ﻲﺘﺴﺭﺩﻤ ﻲﻓ ﻱﺩﺎﻬﻟﺍﻭﺫ ﺭﺩﻴ ﻭﻫﻭ ﺔﻴﺒﺭﻌﻟﺍ ﺔﻐﻠﻟﺍ ﺓﺩﺎﻤ ﺱ ،ﺔـﻨﻴﺩﻤﺒ ﻥﻜﺴﻴ  ﻴﻤ ﺭﺩﻴ ،ﺔﻴﻟﺎﻤﺸﻟﺍ ﺓﺭﻁﻤﻭﺴ ﺔﻅﻓﺎﺤﻤ ﻥﺍﺩ ﻯﻭـﻘﺘﺒ ﺎﻤﺌﺍﺩ ﺎﻨﺤﺼﻨﻴ ﻭﻫﻭ ،ﺩﺎﻬﺘﺠﻻﺍﻭ ﺩﺠﻟﺎﺒ ﺏﻼﻁﻟﺍ ﺱ  ﺱﻤﺨﻟﺍ ﺕﺍﻭﻠﺼﻟﺍ ﻰﻠﻋ ﺔﻅﻓﺎﺤﻤﻭ ﷲﺍ.ﻪـﺒﻼﻁ ﺭﻭﻤﺄـﺒ ﻡﺘـﻬﻤﻭ ﻡﻴﺭﻜﻭ ﻡﻴﺤﺭ ﻪﻨﻷ ﻲﻤﻠﻌﻤ ﺏﺤﺃ ﻡﻠﻌﻟﺍ ﻲﻓ ﻥﻘﺘﻤﻭ . 
Bacaan diatas sudah dipisahkan sesuai dengan potongan-potongan yang akandibagikan kepada mahasiswa / siswa. Jika dianggap terlalu sulit pemotongan teksdapat dilakukan lebih sedikit, atau kalau terlalu mudah pemotongannya ditambah.
KALIMAT TERSEMBUNYI
Strategi ini sangat baik digunakan untuk melatih konsentrasi mahasiswa / siswa dalammencari mufrodat dalam bentuk hurup-huruf yang terpisah.Langkah-langkah :1.
 
Siapkan sejumalah mufrodat

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wulan Annavilah liked this
Azza Al-araby liked this
uqayyim liked this
Lely El-hieda liked this
Asep Bunyamin liked this
aqgtw liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->