Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bank Pengkreditan Rakyat

Bank Pengkreditan Rakyat

Ratings: (0)|Views: 1,005|Likes:
Published by Hafidz Xone

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Hafidz Xone on Mar 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/09/2014

pdf

text

original

 
BPR 
PENGERTIAN
BPR adalah lembaga keuangan bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk depositoberjangka, tabungan, dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu dan menyalurkan danasebagai usaha BPR.
Asas BPR 
Dalam melaksanakan usahanya BPR berasaskan demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsipkehati-hatian. Demokrasi ekonomi adalah sistem ekonomi Indonesia yang dijalankan sesuai denganpasal 33 UUD 1945 yang memiliki 8 ciri positif sebagai pendukung dan 3 ciri negatif yang harusdihindari (free fight liberalism, etatisme, dan monopoli).
Fungsi BPR 
Penghimpun dan penyalur dana masyarakat.
Tujuan BPR 
Menunjang  pelaksanaan  pembangunan  nasional  dalam  rangka  meningkatkan  pemerataan,penumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak.
Sasaran BPR 
Melayani kebutuhan petani, peternak, nelayan, pedagang, pengusaha kecil, pegawai, dan pensiunankarena sasaran ini belum dapat terjangkau oleh bank umum dan untuk lebih mewujudkanpemerataan layanan perbankan, pemerataan kesempatan berusaha, pemerataan pendapatan, dan agar mereka tidak jatuh ke tangan para pelepas uang (rentenir dan pengijon).
Usaha BPR 
Usaha BPR meliputi usaha untuk menghimpun dan menyalurkan dana dengan tujuan mendapatkankeuntungan. Keuntungan BPR diperoleh dari spread effect dan pendapatan bunga. Adapun usaha-usaha BPR adalah :1. Menghimpun  dana  dari  masyarakat  dalam  bentuk  simpanan  berupa  deposito  berjangka,tabungan, dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.2. Memberikan kredit.3. Menyediakan pembiayaan bagi nasabah berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai dengan ketentuanyang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah.4. Menempatkan dananya dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka,sertifikat deposito, dan/atau tabungan pada bank lain. SBI adalah sertifikat yang ditawarkanBank Indonesia kepada BPR apabila BPR mengalami over likuiditas.
Usaha yang Tidak Boleh Dilakukan BPR 
Ada beberapa jenis usaha seperti yang dilakukan bank umum tetapi tidak boleh dilakukan BPR.Usaha yang tidak boleh dilakukan BPR adalah :1. Menerima simpanan berupa giro.2. Melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing.3. Melakukan penyertaan modal dengan prinsip
prudent banking 
dan
concern
terhadap layanankebutuhan masyarakat menengah ke bawah.4. Melakukan usaha perasuransian.5. Melakukan usaha lain di luar kegiatan usaha sebagaimana yang dimaksud dalam usaha BPR.
BENTUK HUKUM BPR 
1. Perusahaan Daerah (Badan Usaha Milik Daerah)2. Koperasi3. Perseroan Terbatas (berupa
 
saham atas nama)

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Fajar Fauzan liked this
Setik Suryani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->