Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Resume Teori Behaviorisme_Psikologi Pendidikan PPS UNJ PKLH 2010

Resume Teori Behaviorisme_Psikologi Pendidikan PPS UNJ PKLH 2010

Ratings: (0)|Views: 894|Likes:
Resume Tugas Kelompok Psikologi Pendidikan Tentang Behaviorisme, tokoh-tokohnya dan penerapanya dalam pembelajaran
Resume Tugas Kelompok Psikologi Pendidikan Tentang Behaviorisme, tokoh-tokohnya dan penerapanya dalam pembelajaran

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Nur Fadli Hazhar Fachrial on Mar 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

 
Resume TEORI-TEORI BEHAVIORISMEKelompok 1Oleh: Nur Ahmad SoimNur Fadli Hazhar FachralFirda Melaty Herva
 Aspek perilaku menjadi salah satu indicator yang diharapkan dari model teoribehaviorisme . Ciri dari teori ini adalah mengutamakan unsur-unsur dan bagian kecil,bersifat mekanistis, menekankan peranan lingkungan, mementingkan pembentukan reaksiatau respon, menekankan pentingnya latihan,mementingkan mekanisme hasilbelajar,mementingkan peranan kemampuan dan hasil belajar yang diperoleh adalahmunculnya perilaku yang diinginkan. Pada teori belajar ini sering disebut S-R psikologisartinya bahwa tingkah laku manusia dikendalikan oleh ganjaran atau reward danpenguatan atau reinforcement dari lingkungan. Dengan demikian dalam tingkah lakubelajar terdapat jalinan yang erat antara reaksi-reaksi behavioural dengan stimulusnya.Pendidik  yang menganut pandangan ini berpandapat bahwa tingkahlaku siswamerupakan reaksi terhadap lingkungan dan tingkahllaku adalah hasil belajar. Ada dua Aliran besar yang mempengaruhi Konsep Behaviorisme.
1.
 
Edward Lee Thorndike (1874-1949)
Menurut Thorndike belajar merupakan peristiwa terbentuknya asosiasi-asosiasiantara peristiwa yang disebut stimulus dan respon. Teori belajar ini disebut teori“connectionism”. Eksperimen yang dilakukan adalah dengan kucing yang dimasukkanpada sangkar tertutup yang apabila pintunya dapat dibuka secara otomatis bila knop didalam sangkar disentuh. Percobaan tersebut menghasilkan teori Trial dan Error. Ciri-ciribelajar dengan Trial dan Error Yaitu : adanya aktivitas, ada berbagai respon terhadapberbagai situasi, ada eliminasai terhadap berbagai respon yang salah, ada kemajuanreaksi-reaksi mencapai tujuan. Thorndike menemukan hukum-hukum.
 
 1 . Hukum kesiapan (Law of Readiness) Jika suatu organisme didukung oleh kesiapan yang kuat untuk memperoleh stimulusmaka pelaksanaan tingkah laku akan menimbulkan kepuasan individu sehingga asosiasicenderung diperkuat.2. Hukum latihan Semakin sering suatu tingkah laku dilatih atau digunakan maka asosiasitersebut semakin kuat.3 Hukum akibat Hubungan stimulus dan respon cenderung diperkuat bila akibatmenyenangkan dan cenderung diperlemah jika akibatnya tidak memuaskan. 2.
Ivan Petrovich
Pavlo (1849-1936) dan Watson Pavlo mengadakan percobaan laboratories terhadap anjing. Dalam percobaan ini anjing diberi stimulus bersarat sehingga terjadi reaksi bersarat pada anjing. Contoh situasipercobaan tersebut pada manusia adalah bunyi bel di kelas untuk penanda waktu tanpadisadari menyebabkan proses penandaan sesuatu terhadap bunyi-bunyian yang berbedadari pedagang makan, bel masuk, dan antri di bank. Dari contoh tersebut diterapkanstrategi Pavlo ternyata individu dapat dikendalikan melalui cara mengganti stimulusalami dengan stimulus yang tepat untuk mendapatkan pengulangan respon yangdiinginkan. Sementara individu tidak sadar dikendalikan oleh stimulus dari luar. Belajar menurut teori ini adalah suatu proses perubahan yang terjadi karena adanya syarat-syaratyang menimbulkan reaksi.Yang terpenting dalam belajar menurut teori ini adalah adanyalatihan dan pengulangan. Kelemahan teori ini adalah belajar hanyalah terjadi secaraotomatis keaktifan dan penentuan pribadi dihiraukan. 
Teori-Teori lainnya.Carlk L. Hull
Reinforcement adalah faktor penting dalam belajar yang harus ada. Namun fungsireinforcement bagi Hull lebih sebagai drive reduction daripada satisfied factor. Dalammempelajari hubungan S-R yang perlu dikaji adalah peranan dari intervening variable
 
(atau yang juga dikenal sebagai unsur O (organisma). Faktor O adalah kondisi internaldan sesuatu yang disimpulkan (inferred), efeknya dapat dilihat pada faktor R yang berupaoutput. 2.
Skinner(1904-1990)
 Skinner menganggap reward dan rierforcement merupakan factor penting dalanbelajar. Skinner berpendapat bahwa tujuan psikologi adalah meramal mengontrol tingkahlaku. Pada teori ini guru memberi penghargaan hadiah atau nilai tinggi sehingga anak akan lebih rajin. Teori ini juga disebut dengan operant conditioning. Operant conditingmenjamin respon terhadap stimuli.Bila tidak menunjukkan stimuli maka guru tidak dapatmembimbing siswa untuk mengarahkan tingkah lakunya. Guru memiliki peran dalammengontrol dan mengarahkan siswa dalam proses belajar sehingga tercapai tujuan yangdiinginkan Skinner membagi menjadi 2 jenis respon1.Responden Respon yang terjadi karena stimulus khusus misalnya Pavlo.2.Operans Respon yang terjadi karena situasi random. Operans conditioningadalah suatu proses penguatan perilaku operans yang dapat mengakibatkan perilakutersebut dapat diulang kembali atau menghilang sesuai keinginan.  Prinsip belajar Skinners adalah: 1. Hasil belajar harus segera diberitahukan pada siswa jika salah dibetulkan jika benar diberi penguat.2. Proses belajar harus mengikuti irama dari yang belajar. Materi pelajarandigunakan sebagai sistem modul.3. Dalam proses pembelajaran lebih dipentingkan aktivitas sendiri, tidak digunakanhukuman. Untuk itu lingkungan perlu diubah untuk menghindari hukuman. 4. Tingkah laku yang diinginkan pendidik diberi hadiah dan sebaiknya hadiah diberikandengan digunakannya jadwal variable ratioreinforcer.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
desahd liked this
desahd liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->