Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
19Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Perpipaan

Sistem Perpipaan

Ratings: (0)|Views: 1,883|Likes:
Published by frenkyindra

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: frenkyindra on Mar 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
Sistem Perpipaan
 
Dari sekian jenis pembuatan pipa secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu :1. Jenis pipa tanpa sambungan (pembuatan pipa tanpa sambungan pengelasan)2. Jenis pipa dengan sambungan (pembuatan pipa dengan pengelasan)
Bahan-bahan pipa secara umum :
B
ahan-bahan pipa yg dimaksud disini adalah struktur bahan baru pipa tersebut yg dapat dibagisecara umum sebagai berikut:1. Carbon steel2. Carbon Moly3. Galvanees4. Ferro Nikel5. Stainless Steel6. PVC (Paralon)7. Chrom MolySedang bahan-bahan pipa secara khusus dapat dikelompokkan sebagai berikut :1. Vibre Glass2. Aluminium (Aluminium)3. Wrought Iron (besi tanpa tempa)4. Cooper (Tembaga)5. Red
B
rass (kuningan merah)6. Nickel cooper = Monel ( timah tembaga)7. Nickel chrom iron = inconel (besi timah chrom)Komponen perpipaan :Komponen perpipaan harus dibuat berdasarkan spesifikasi standar yg terdaftar dalam simbol dankode yg telah dibuat atau dipilih sebelumnya.Komponen perpipaan yg dimaksud disini meliputi :1. Pipes (pipa-pipa)2. Flanges ( flens-flens)3. Fittings (sambungan)4. Valves (katup-katup)5.
B
oltings (baut-baut)6. gasket7. Specials items
 
emilihan bahan
:Pemilihan bahan perpipaan haruslah disesuaikan dengan pembuatan teknik perpipaan dan hal inidapat dilihat pada ASTM serta ANSI dalam pembagian sebagai berikut1. Perpipaan untuk pembangkit tenaga2. Perpipaan untuk industri bahan migas3. Perpipaan untuk penyulingan minyak mentah4. Perpipaan untuk pengangkutan minyak 5. Perpipaan untuk proses pendinginan6. Perpipaan untuk tenaga nuklir 7. Perpipaan untuk distribusi dan transmisi gasSelain dari penggunaan instalasi atau konstruksi seperti diterangkan diatas perlu pula diketahuiJenis aliran temperatur, sifat korosi, Faktor gaya serta kebutuhan lainnya dari aliran sertapipanya.
 Macam Sambungan
erpipaan :
Sambungan perpipaan dapat dikelompokkan sebagai berikut :1. Sambungan dengan menggunakan pengelasan2. Sambungan dengan menggunakan ulir Selain sambungan seperti diatas terdapat pula penyambungan khusus dengan menggunakanpengeleman (perekatan) serta pengkleman (untuk pipa plsatik dan pipa vibre glass).Pada pengilangan umumnya pipa bertekanan rendah dan pipa dibawah 2 sajalah yangmenggunakan sambungan ulir.
Tipe sambungan cabang:
Tipe sambungan cabang (branch connection) dapat dikelompokkan sbb:1. Sambungan langsung (stub in)2. Sambungan dengan menggunakan fittings (alat penyambung)3. Sambungan dengan menggunakan flanges (flens-flens)Tipe sambungan cabang dapat pula ditentukan pada spesifikasi yg telah dibuat sebelummendesain atau dapat pula dihitung berdasarkan perhitungan kekuatan, kebutuhan, dengan tidak melupakan faktor efektifitasnya. Sambungan cabang itu sendiri merupakan sambungan antarapipa dengan pipa, misal sambungan antara header dengan cabang yang lain apakah memerlukanalat bantu penyambung lainnya atau dapat dihubungkan secara langsung, hal ini tergantungkebutuhan serta perhitungan kekuatan.
 
D
iameter, Ketebalan, Schedule :
Spesifikasi umum dapat dilihat pada ASTM (American Society of Testing Materials).Dimanadisitu diterangkan mengenai Diameter, Ketebalan serta schedule pipa. Diameter Luar (OutsideDiameter), ditetapkan sama walaupun ketebalan (thickness) berbeda untuk tiap schedule.Diameter dalam (Inside Diameter), ditetapkan berbeda untuk setiap schedule. Diameter Nominaladalah diameter pipa yg dipilih untuk pemasangan ataupun perdagangan (commodity). Ketebalandan schedule, sangatlah berhubungan, hal ini karena ketebalan pipa tergantung daripada schedulepipa itu sendiri.Schedule pipa ini dapat dikelompokkan sebagai berikut :1. Schedule 5, 10 , 20, 30, 40, 60, 80, 100, 120, 160.2. Schedule standard3. Schedule Extra strong (XS)4. Schedule double Extra Strong (XXS)5. Schedule specialPerbedaan-perbedaan schedule ini dibuat guna :1. Menahan internal pressure dari aliran2. Kekuatan dari material itu sendiri (Strength of material)3. Mengatasi karat4. Mengatasi kegetasan pipa.Untuk melihat ukuran diameter, ketebalan, dan schedule dapat dipelajari tabel-tabel.
Al
at-a
l
at khusus:
 Alat-alat khusus dalam bab ini hanya membicarakan mengenai saringan (strainer) dan alatperangkap uap (steam Trap)
y
 
Saringan (strainer)
Saringan (strainer) gunanya adalah sebagai alat penyaring kotoran baik yg berupa padat, cair ataugas. Alat penyaring ini digunakan pada jalur pipa guna menyaring kotoran pada aliran sehinggaaliaran yg akan diproses atau hasil proses lebih baik mutunya.Tipe-tipe alat penyaring ini dapat dibagi menjadi :1. Tipe T. Tipe ini digunakan secara umum untuk memperluas ruang dan meredusir tekanan padajalur pipa2. Tipe Y3. Tipe sementara4. Tipe datar 

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nasra Djabir liked this
Putra Mulya liked this
Imam Ridwan liked this
Nofrialdie liked this
Darwil Syarif liked this
Andy Noven liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->