Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

Ratings: (0)|Views: 1,404|Likes:
Published by SyaifulBachry

More info:

Published by: SyaifulBachry on Mar 04, 2011
Copyright:Attribution

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

10/25/2013

original

 
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR  Syaiful BachryBiology ICPUniversitas negeri Makassar
Sabtu, 23 Januari 2010 By: bhezt Jam07:56 Keterampilan mengajar bagi seorang guru adalah sangat penting kalau ia inginmenjadi seorang guru yang profesional, jadi disamping dia harus menguasaisumbstansi bidang studi yang diampu, keterampilan dasar mengajar juga adalahmerupakan keterampilan penunjang untuk keberhasilan dia dalam proses belajar mengajar. Keterampilan dasar mengajar ini adalah merupakan panduan pengajaranmikro dengan menggunakan perangkat Sydney Micro Skills (1973).Keterampilan Dasar Mengajar ini adalah :1. Keterampilan Bertanya2. Keterampilan Memberi Penguatan3. Keterampilan Mengadakan variasi4. Keterampilan Menjelaskan5. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran6. Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil7. Keterampilan Mengelola Kelas8. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan8 Keterampilan Mengajar Juni 13, 2009  WahidinTurney (1973) mengemukakan 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar, yakni:Pertama, keterampilan bertanya yang mensyaratkan guru harus menguasai teknik mengajukan pertanyaan yang cerdas, baik keterampilan bertanya dasar maupunketerampilan bertanya lanjutKedua, keterampilan memberi penguatan. Seorang guru perlu menguasaiketerampilan memberikan penguatan karena penguatan merupakan dorongan bagisiswa untuk meningkatkan perhatian.Ketiga, keterampilan mengadakan variasi, baik variasi dalam gaya mengajar,penggunaan media dan bahan pelajaran, dan pola interaksi dan kegiatanKeempat, keterampilan menjelaskan yang mensyaratkan guru untuk merefleksi segalainformasi sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Setidaknya, penjelasan harus relevandengan tujuan, materi, sesuai dengan kemampuan dan latar belakang siswa, sertadiberikan pada awal, tengah, ataupun akhir pelajaran sesuai dengan keperluan.Kelima, keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Dalam konteks ini, guruperlu mendesain situasi yang beragam sehingga kondisi kelas menjadi dinamis.
 
Keenam, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Hal terpenting dalamproses ini adalah mencermati.aktivitas siswa dalam diskusi.Ketujuh, keterampilan mengelola kelas, mencakupi keterampilan yang berhubungandengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, serta pengendaliankondisi belajar yang optimal.Kedelapan, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, yangmensyaratkan guru agar mengadakan pendekatan secara pribadi, mengorganisasi-kan,membimbing dan memudahkan belajar, serta merencanakan dan melaksana-kankegiatan belajar-mengajar.sumber : dibaca dari Buku Pengelolaan Kelas/Drs. ade rukmana, Asep sunary S.Pd,Mpd.8 Keterampilan Dasar Mengajar Keterampilan dasar mengajar adalah keterampilan yang sangat kompleks dan bersifatgenerik yang memerlukan latihan secara bertahap dan sistematis untuk menguasainya.Untuk keperluan latihan keterampilan ini dapat dipilah-pilah, tetapi pada akhirnyaharus diterapkan secara utuh dan terintegrasi.
KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
Pendapat yang mengatakan bahwa mengajar adalah proses penyampaian ataupenerusan pengetahuan sudah ditinggalkan oleh semakin banyak orang. Sebaliknya,mengajar adlah perbuatan yang kompleks yaitu penggunaan secara integrativesejumlah keterampilan untuk menyampaikan pesan. Pengintegrasian keterampilan-keterampilan yang dimaksud ditandai oleh seperangkat teori dan diarahkan oleh suatuwawasan, sedangkan aplikasinya terjadi secara unik, dalam arti secara simultandipengaruhi oleh semua komponen belajar-mengajar: tujuan yang ingin dicapai atauseperti telah dikemukakan di atas, pesan yang ingin disampaikan, subyek didik,fasilitas dan lingkungan belajar dan tidak kalah pentingnya, guru sendiri, dalam artiketerampilan, kebiasaan serta wawasannya tentang diri dan misinya sebagai pendidik.Untuk menciptakan suasana siap mental siswa terhadap hal-hal yang akan dipelajari,guru dapat melakukan usah-usaha memberi acuan dan membuat kaitan antara materipelajaran yang telah dikuasai siswa dengan bahan baru yang akan dipelajari. Siswayang siap mental untuk belajar semacam itu adalah mereka yang telah mengetahuitujuan pelajaran, pengetahuan masalah-masalah pokok yang harus diperhatikan,mengetahui langkah-langkah kegiatan belajar yang akan dilakukan, dan mengetahuibatas-batas tugas yang harus dikerjakan untuk menguasai pelajaran tersebut. Untuk menimbulkan perhatian dan motivasi siswa terhadap hal-hal yang akan dipelajari,guru dapat melakukan usaha-usaha menimbulkan rasa ingin tahu, bersikap hangat danantusias, memvariasikan cara mengajarnya, menggunakan alat-alat bantu mengajar,memvariasikan pola interaksi dalam kelas, dan sebagainya. Siswa yang perhatian danmotivasinya telah timbul Nampak asyik dalam melakukan tugas, semangat dankualiatas responnya tinggi, adanya pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan, dancepat mereaksi terhadap saran-saran guru.. Seperti halnya kegiatan membuka pelajaran, kegiatan menutup pelajaran ini harusdilakukan guru tidak saja pada akhir jam pelajaran tetapi juga pada akhir setiappenggal kegiatan dari inti pelajaran yang diberikan selama jam pelajaran itu.Dengan demikian, kegiatan membuka dan menutup pelajaran itu tidak mencakupurut-urutan kegiatan rutin seperti menertibkan siswa, mengisi daftar hadir,menyampaikan pengumuman, menyuruh menyiapkan alat-alat pelajaran dan buku-
 
buku yang dipakai atau memberi tugas rumah. Kegiatan-kegiatan itu memang harusdikerjakan oleh guru tetapi bukan merupakan bagian dari usaha membuka danmenutup pelajaran. Sebaliknya yang menjadi pusat perhatian dalam membuka danmenutup pelajaran adalah kegiatan-kegiatan yang ada kaitannya langsung denganpenyampaian materi pelajaran.
KEMUNGKINAN PENGGUNAAN DALAM KELAS
Kemungkinan penggunaan keterampilan membuka dan menutup pelajaran dalamproses belajar-mengajar, sangat erat berkaitan dengan tujuan prinsip-prinsip membukadan menutup pelajaran yang diuraikan berikut ini:1. TujuanKegiatan membuka dan menutup pelajran yang dilakukan dengan baik akanberpengaruh poeitif terhadap proses dan hasil belajar-mengajar. Pengaruh positif ituantara lain:- Tumbuhnya perhatian motivasi siswa untuk menghadapi tugas yang akan dikerjakan- Mengetahui batas tugas yang akan dikerjakan- Mempunyai gambaran jelas tentang pendekatan-pendekatan yang mungkin diambildalam mempelajari bagian-bagian dari pelajaran- Mengetahui hubungan antara pengalaman-pengalaman yang telah dikuasai denganhal-hal baru yang akan dipelajari- Dapat menghubungkan konsep, fakta, ketrampilan atau konsep yang tercakup dalamsuatu pristiwa.- Siswa mengetahui tingkat keberhasilan dalam mempelajari pelajaran itu, sedangkanguru dapat mengetahui tingkat keberhasilannya dalam mengajar.2. Prinsip PenggunaanSebagaimana keterampilan mengajar lainnya, ada prinsip-prinsip yang mendasaripenggunaan komponen keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang harusdipertimbangkan oleh guru. Prinsip-prinsip itu adalah sebagai berikut:- BermaknaDalam usaha menarik perhatian atau dalam memotivasi, guru hendaknya memilihyang relevan dengan isi dan tujuan pelajaran. Cara atau uasaha yang sifatnya dicari-cari atau dibuat-buat hendaknya dihindarkan. Cerita singkat atau lawakan yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran mungkin sementara bisa memikat siswa tetapigagal di dalam mewujudkan kelangsungan penguasaan pelajaran.- Berurutan dan berkesinambunganAktivitas yang ditempuholeh guru dalam memperkenalkan dan merangkum kembalipokok-pokok penting pelajaran hendaknya merupakan bagian dari kesatuan yangutuh. Dalam mewujudkan prinsip berurutan dan berkesinambungan ini perludiusahakan suatu susunan yang tepat, berhubungan dengan minat siswa, ada kaitanyang jelas antara satu bagian dengan bagian yang lainnya, atau ada kaitannya denganpengalaman dan pengetahuan yang telah dimiliki siswa.
• KOMPONEN-KOMPONEN KETERAMPILAN MEMBUKA DANMENUTUP PELAJARAN

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Baut Ktb liked this
Sirajul Munir liked this
ReGina Handayani liked this
SyaifulBachry liked this
SyaifulBachry liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->