Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Surat Elektronik

Surat Elektronik

Ratings: (0)|Views: 149|Likes:
Published by dokter_sarap

More info:

Published by: dokter_sarap on Mar 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2012

pdf

text

original

 
 Nur Hasanah (16) / 8H / SMPN 1 Bantul
Surat elektronik 
Surat elektronik 
atau
surat digital
atau poselektronik (disingkat
pos-el
)atau nama umumnya dalambahasa Inggris"
e-mail  
atau
email  
" adalahsarana kirim mengirimsuratmelalui jalurjaringan komputer(misalnya Internet).Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman(dengan membeliperangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi adaperkecualian misalnya surat elektronik ketelepon genggam,kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
SejarahSurat elektronik 
sudah mulai dipakai di tahun1960-an.Pada saat ituInternet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan'mainframe'yang terbentuk sebagaijaringan.Mulai tahun1980-an,surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos diberbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudahtidak memakai jasa pos lagi.Anatomi Ratel, sebagai contoh:
emailsaya@surabaya.vibriel.net.id
 Keterangan:
 
emailsaya
: nama kotak surat ( 
mailbox 
) atau nama pengguna
username 
) yang ingin dituju dalam
mailserver 
 
 
surabaya.vibriel.net.id
: nama
mailserver 
tempat penggunayang dituju, rinciannya:
o
 
surabaya
:
subdomain 
(milik pemegang nama
domain 
),biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkunganpemilik 
domain 
 
 
 Nur Hasanah (16) / 8H / SMPN 1 Bantul
o
 
vibriel
: nama
domain 
, biasanya menunjukkan namaperusahaan/organisasi/perorangan (Vibriel)
o
 
net
:
second level domain 
, menunjukkan bahwa
domain 
initermasuk kategori
networking 
(net)
o
 
id
:
top level domain 
, menunjukkan bahwa
domain 
initerdaftar di otoritas
domain 
Indonesia(id)Saat ini ada 3 jenis e-mail yang digunakan:1. POP mail2. E-mail berbasis web3. E-mail forwarding 
1. POP mail
 POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provideryang menjadi langganan kita.Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline. Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan computer ke internet,kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskanhubungan dengan internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu persatu e-mail yang diterima.Kekurangan POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail darisembarang tempat. Jika ingin melakukannya di computer lain, maka terlebihdahulu harus dilakukan pengaturan ulang.
2. E-mail berbasis web
 E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail,LoveMail dan lain-lain. Layanan e-mail jenis ini biasanya diberikan secaragratis oleh website yang bersangkutan. Ini merupakan kelebihan dari e-mailberbasis web. Dan juga, e-mail dapat dicek dari mana saja.
 
 Nur Hasanah (16) / 8H / SMPN 1 Bantul
Kekurangan dari e-mail ini adalah e-mail hanya bisa dibaca dalam kondisionline, sehingga membutuhkan biaya koneksi yang lebih besar.
3. E-mail forwarding
 E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain.Kelebihan e-mail forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya.Kekurangan e-mail ini adalah karena hanya bersifat perantara, sehinggamembutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.
Membuat E-mail Account
 Membuat e-mail account atau mendaftar di salah satu website penyedialayanan e-mail merupakan langkah awal yang harus dilakukan agar dapatmenggunakan e-mail.Karena website penyedia layanan e-mail umumnya berasal dari luar negeri,maka bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.Tiap website penyedia jasa layanan e-mail menyediakan kapasitaspenyimpanan yang berbeda. Semakin besar kapasitas penyimpanan yang disediakan, semakin banyak e-mail yang dapat disimpan di kotak surat(Inbox) kita.Jika kotak surat kita penuh, beberapa e-mail didalamnya harus dihapus. Jikatidak, maka e-mail lain yang dating tidak dapat masuk ke kotak surattersebut.Layanan e-mail yang paling banyak digunakan adalah Yahoo, dan disebutYahooMail.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->