Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
285Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perbedaan TOR, Proposal dan Riset Desain

Perbedaan TOR, Proposal dan Riset Desain

Ratings:

4.59

(22)
|Views: 19,402 |Likes:
Published by Nyoman Rudana

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Nyoman Rudana on Aug 24, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2013

pdf

text

original

 
( REVISI )
Mata Kuliah :
METODOLOGI PENELITIAN ADMINISTRASI
Dosen : Drs. J.F. Warouw, M.Si
OLEH :
NPM 08.D.040
 
 Jakarta, 23 Agustus 2008
Magister Administrasi Publik Manajemen Pembangunan DaerahSTIA LAN Jakarta
Perbedaan antara Proposal, Term of Reference ( TOR ) , dan DesainRiset ( Research Design ) :
 
 A. TOR ( TERM OF REFERENCE )
TOR merupakan outline dari suatu kegiatan , yang mendiskripsikan tujuan dan struktur suatu proyek,negosiasi, pertemuan dll sebelum kegiatan dimulai.TOR harus mencakup hal – hal sbb :1. Judul kegiatan2. Pendahuluan dan Latar belakang kegiatan.3. Visi, tujuan,4. Masukan / input dan cakupan kegiatan.5. Hasil yang diharapkan6. Waktu, jadwal kegiatan serta work breakdown schedule7. Lokasi kegiatan8. Siapa yang menjadi pelaku kegiatan ( stakeholders ), serta tugas, tanggung jawabnya.9. Anggaran dan sumber dana.Untuk contoh sengaja dipakai TOR Studi Visit Mahasiswa STIA LAN Program Studi MPD ke Bali bulan April 2008 yang lalu. 
B. PROPOSAL
Proposal merupakan sistematika perencanaan yang disusun sebelum dimulainya suatu proyek. Beberapacontoh proposal : proposal penelitian, proposal bisnis, proposal untuk permohonan dana, proposal proyek,dsb. Proposal lebih rinci daripada TOR.Sesuai dengan mata kuliah ini yaitu Metode Penelitian, maka penjelasan Proposal di bawah ini akandifokuskan kepada Proposal Penelitian.Dalam membuat thesis, mahasiswa diminta untuk membuat Proposal Penelitian terlebih dahulu. Denganmengacu kepada Pedoman Penulisan Thesis dari program Magister STIA LAN, maka Proposal Penelitiansecara garis besar mencakup :1. Judul Penelitian2. Permasalahan Penelitian :a. Latar belakang Permasalahan :Uraian mengenai berbagai gejala yang memperlihatkan suatu yang penting danmenarik untuk diteliti.b. Pokok Permasalahan : ndirumuskan dalam bentuk kalimat tanya serta bersifatumum.c. Tujuan dan Manfaat PenelitianTujuan penelitian : merupakan jawaban dari pertanyaan mengapa penelitian dilakukan.Manfaat Penelitian : hal positif yang dapat disumbangkan dari hasil penelitiantersebut baik untuk dunia akademis maupun praktis.3. Kerangka TeoriKerangka Teori dapat dijabarkan sebagai berikut, namun dalam pelaksanaannya, tidak selamanyaharus mengikuti seluruh konsep ini tergantung dari jenis penelitiannya, kuantitatif atau kualitatif.a. Tinjauan Teori dan Konsep Teori : analisa deskriptif terhadap berbagai teori dan konsep - konsep kunci yang berhubungan langsung dengan pokok masalah. b. Definisi Operasional Variabel dan Indikatornya. ( hanya untuk penelitian dengan metodologi penelitiankuantitatif ).
2
 
c. Model Penelitian : Ringkasan tinjauan teori dan konsep kunci yang mengandung variabel yang diteliti, termasuk keterkaitan antar variabel. Disajikan dalam bentuk diagramatau lainnya.d. Hipotesis dan atau Pertanyaan Penelitian.Pokok Permasalahan yang dirumuskan dalam bentuk pertanyaan umum dijabarkan menjadi pertanyaanpenelitian yang lebih rinci dan atau hipotesis.Pertanyaan penelitian digunakan bila peneliti belum mempunyai informasi yang cukup, sedangkan bilasudah tersedia informasi yang cukup, maka dikembangkan suatu jawaban sementara terhadap pokok permasalahan yang disebut hipotesis.4. Metodologi Penelitian :a. Metode Penelitian : kuasi eksperimental, studi kasus, evaluasi. b. Populasi, Sample dan Teknik SamplingPopulasi : seluruh elemen yang jadi sasaran penelitian.Sample : wakil dari populasi.c. Teknik Pengumpulan Data : observasi, wawancara, kuesioner dll.d. Instrumen Penelitian : panduan wawancara, test, kuesioner dll.e. Teknik Pengolahan Data dan Analisa Data : tergantung jenisnya, kualitatf ( dengan menuliskan ahsilrekaman wawancara mislnya ) atau kuantitatif ( dengan teknis statistik).f. Jadwal kegiatanSetelah disempurnakan dan menjadi thesis, maka dari proposal penelitian tsb dilengkapi dengan :1. Hasil penelitian : laporan hasil penelitian yang merupakan jawaban empiris terhadap pertanyaanpenelitian dan atau hipotesis.2. Kesimpulan dan Sarana. Kesimpulan : dirumuskan atas dasar hasil pembahasan bab sebelumnya yang mencerminkan jawabanatas pertanyaan penelitian dan atau pengujian hipootesis. b. Saran : tindak lanjut dari kesimpulan berupa anjuran, rekomendasi, harus konkrit, realistik, praktis,mengarah pada pemecahan masalah.3. Daftar Pustaka4. Lampiran5. Riwayat Hidup Penulis
C. DESAIN RISET ( RESEARCH DESIGN ) / DESAIN PENELITIAN
Desain Riset merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah Proposal Penelitian.Beberapa literatur menyebutkan bahwa metode dan desain riset dianggap sama, tapi ada yangmembedakan antara metode dengan desain, karena desain merupakan bagian dari keseluruhan metoderiset. Desain riset meneliti proses mendesain dalam semua bidangnya.Desain riset seperti peta jalan bagi peneliti yang menuntun dan menentukan arah berlangsungnya prosespenelitian secara benar dan tepat sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Ada beberapa sumber potensial kesalahan yang harus dihindari dalam pembuatan desain riset yaitu :1. Kesalahan dalam perencanaan.Dapat terjadi saat peneliti membat kesalahan dalam menyusun desain yang akan digunakan untuk mengumpulkan informasi.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->